Sifat Jelek Manusia

4 Sifat Jelek Manusia Yang Dapat Merusak Amalan

Diposting pada

Sifat Jelek Manusia ♦ Manusia dilahirkan sebagai mahkluk paling sempurn di dunia ini. Mulai sejak lahir manusia diajarkan hal-hal baik yang berguna untuk bekal hidupnya. Sehingga manusia tersebut dapat mengerjakan amalan-amalan yang baik dan benar. Yang di kemudian amalan tersebut dapat bermanfaat untuk dirinya.

Namun ternyata, seiring berjalanya waktu yang membuat manusia menjadi dewasa ada banyak hal yang membuat manusia sering terpeleset dengan mengerjakan amalan yang kurang baik. Adanya interaksi sesama manusia itu sendiri yang terkadang menjadi jalan masuknya syetan untuk membuat manusia dapat mengerjakan sesuatu yang jelek.

Pada kesempatan ini nada313 akan menuliskan tentang beberapa sifat jelek manusia yang ternyata dapat merusak amal baiknya. Sehingga tanpa disadari amalan-amalan yang sudah dikerjakan bisa hilang dan musnah akibat sifat jelek ini. Jadi mari kita fahami mengenai sifat-sifat tersebut.

4 Jelek Sifat Jelek Manusia Yang Dapat Merusak Amalan

1. Adu domba

Adu domba disini bukan berarti kita mengadu domba sejenis kambing, namun yang dimaksud adu domba adalah membuat 2 orang yang tadinya rukun damai dan tentram, menjadi saling bermusuh-musuhan. Prakteknya orang tersebut membicarakan jelek kepada si A yang ucapan itu dari si B. Yang akhirnya memunculkan perselisihan antar orang tersebut. Orang yang seperti ini akan mendapatkan ancaman sesuai dengan riwayat hadis berikut ini:

قَالَ رَسُوْلُ الله صلى الله عليه وسلم لَا يَدْ خُلُ الْجَنَّةَ قَتَّابٌ، رواه ابو داود

Artinya: “Nabi bersabda: tidak akan masuk surge orang yang adu domba”. (H.R Abu Daud)

2. Menggunjing

Menggunjing adalah perilaku seseorang yang membicarakan kejelekan orang lain. Sehingga kejelekan orang lain tersebut diketahui oleh orang lain. Hal ini akan menjadi fitnah yang besar jika hal yang dibicarakan adalah tidak benar. Orang yang melakukan perilaku menggunjing akan mendapatkan akibat yang dapat mencelakakan dirinya sesuai sabda Nabi berikut ini:

قَالَ رَسُوْلُ الله صلى الله عليه وسلم لَمَّا عُرِجَ بِى مَرَرْتُ بِقَوْمٍ لَهُمْ أَظْفَارٌ مِنْ نُحَاسٍ يَخْمِشُوْنَ وُجُوْهَهُمْ وَصُدُوْرَهُمْ فَقُلْتُ مَنْ هٰؤُلَاءِ يَاجِبْرِيْلُ قَالَ هٰؤُلَاءِ الَّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ لُحُوْمَ النَّاسِ وَيَقَعُوْنَ فِى اَعْرَاضِهِمْ، رواه ابو داود

Artinya: “Nabi bersabda: ketika Aku isra; mi’raj, Aku melewati suatu koum yang di siksa dengan cara kukunya diganti dengan kuku tembaga, lalu dia mencakar wajah dan dadanya. Lalu Aku Nabi bertanya kepada Malaikat Jibril, Malaikat Jibril Menjawab: mereka adalah orang-orang yang makan dagingnya manusia (ngerasani) dan mereka menyebarkan rahasianya manusia”. (H.R Abu Daud)

3. Dengki

Dengki adalah salah satu penyakit hati yang paling berbahaya. Sifat ini muncul atas ketidak suka’an seseorang terhadap orang lainya. Sifat ini hampir sama dengan iri, namun lebih dalam lagi karena ketidak sukaanya tersebut berusaha agar seseorang tidak bisa mendapatkan kesuksesan. Contohnya ketika ada tetangga yang membeli motor baru, maka orang yang mempunyai sifat dengki berusaha merusak yang dipunyai tetangganya itu seperti memasang paku agar bannya bocor dan lainya. Sifat ini sangat berbahaya berikut penjelasan menurut riwayat hadis.

قَالَ إِيَّاكُمْ وَالْحَسَدَ فَاِنَّ الْحَسَدَ يَأْكُلُ الْحَسَنَاتِ كَمَا تَأْكُلُ النَّارُ الْحَطَبَ أَوْقَالَ الْعُشْبَ، رواه ابو داود

Artinya: “Nabi bersabda: kalian menjauhilah pada dengki, sebab dengki akan memakan kebaikan seseorang. Sebagaimana api yang memakan kayu bakar / rumput kering”. (H.R Abu Daud)

4. Sombong

Sifat sombong umumnya dimiliki oleh orang yang mempunyai kelebihan saat di dunia. Contohnya seperti kelebihan harta, ilmu, ketampanan, kecantikan dan lainya. Sifat sombong adalah sifat yang dibenci oleh ALLOH, karena hanya ALLOH saja yang pantas memiliki sifat tersebut. Berikut penjelasan mengenai sombong menurut riwayat hadis.

قَالَ لَايَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِى قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ قَالَ رَجُلٌ: اِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ اَنْ يَكُوْنَ ثَوْبُهُ حَسَنًا وَنَعْلُهُ حَسَنَةً قَالَ إِنَّ اللهَ جَمِيْلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ، رواه مسلم

Artinya: “Nabi bersabda: seseorang yang di dalam hatinya masih punya sifat sombong walaupun hanya seberat semut hitam, maka dia tidak akan masuk surge. Ada seorang laki-laki yang bertanya: wahai Nabi? Kalau ada seseorang yang senang memakai baju bagus dan sandal yang bagus, apakah dia termasuk orang yang sombong? Nabi menjawab: ALLOH itu baik dan menyukai sesuatu yang baik, yang dimaksud sombong yaitu menolak barang benar dan meremehkan manusia”. (H.R Muslim)

Demikian 4 sifat jelek manusia yang mungkin saat ini masih ada pada diri kita. Mari kita bisa saling intropeksi pada diri masing-masing sekiranya masih sifat-sifat tersebut. Dan semoga kita bisa menjauhi dan menghilangkan pada sifat-sifat tersebut. Semoga bermanfaat, dan terima kasih!

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *