Amalan bulan ramadhan

5 Target Amalan di Bulan Ramadhan Yang Harus Dikerjakan

Diposting pada

Amalan Bulan Ramadhan – Sebagai umat Islam ketika bulan Ramadhan tiba kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan adalah melakasanakan ibdadah puasa ramadhan. Puasa ramadhan merupakan salah satu rukun islam yang harus dikerjakan umat islam sedunia. Hal ini sesuai dengan perintah ALLAH SWT dalam firmanya dalam surat Al-Baqarah ayat : 183 sebagai berikut.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ سورة البقرة :]183

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Dari isi perintah ayat tersebut umat islam seluruh dunia wajib melaksanakan puasa ramadhan. Seperti yang kita ketahui bahwa bulan ramadhan datang setiap tahun sekali. Dan pada bulan ramadhan itulah ALLAH SWT akan membuka semua pintu rahmadnya kepada hambanya untuk melaksanakan ibadah. Karena semua amalan yang baik akan dilipat gandakan oleh ALLAH SWT.

Selain itu, ALLAH SWT juga akan menutup serapat-rapatnya pintu neraka. Yang berarti ALLAH SWT akan memberikan kesempatan hambanya untuk kembali bertaubat dan membersihkan semua dosa-dosanya. Maka dari itu saat bulan ramdhan tiba, kita segera bersiap untuk melaksanakan ibadah dengan tidak seperti biasanya, kita harus semangat dan saling berlomba dalam mencari pahala.

Target Amalan di Bulan Ramadhan

Sebagai umat islam harus tau bahwa saat bulan ramadhan tiba maka pintu surga dibuka oleh ALLAH dengan sangat lebar. ALLAH SWT melipat gandakan semua amalan baik dengan banyak lipatan sampai-sampai hanya ALLAH saja yang tahu mengenai pahala amalan baik saat bulan ramadhan. Tapi umat islam juga harus ingat bahwa amalan jelek juga akan dilipat gandakan oleh ALLAH SWT.

Untuk itu pada saat bulan ramadhan tiba, sebaiknya kita juga harus mempunyai target amalan yang harus dikerjakan di bulan ramadhan. Manfaatkan datangnya bulan ramdahan dengan sebaik-baiknya untuk mencari pahala yang banyak. Gambaranya kalau orang tani, saat puasa dating seperti orang yang panen melimpah.

5 Target Amalan di Bulan Ramadhan Yang Harus Dikerjakan

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, bahwa umat islam harus mempunyai target untuk mendapatkan pahala yang banyak di bulan ramadhan. Ada 5 amalan yang harus dikerjakan selain salat wajib untuk mendapatkan pahala yang melimpah. Apa saja itu? Berikut ini adalah 5 target yang harus di capai saat bulan ramadhan tiba

  1. Puasa ramadhan > ini adalah kewajiban dan tidak boleh ditinggalkan. Puasa ramadhan dikerjakan sampai berakhirnya bulan ramadhan. Usahakan jangan sampai puasanya bolong hanya karena hal yang sepele. Karena itu sangat merugikan bagi orang tersebut, bahkan ada riwayat yang menjelaskan jika orang tidak pusa satu hari di bulan ramadhan, maka itu tidak cukup apabila diganti dengan puasa selama 2 bulan berturut-turut.
  2. Salat terawih > ini adalah amalah sunah yang harus dikerjakan. Usahakan selama bulan ramadhan selalu melaksanakan salat terawih dengan berjamaah kalau tidak bisa dapat melaksanakan salat sendiri. Karena biasanya terjadi di masjid- masjid Indonesia, saat awal bulan ramadhan masjid selalu rama. Namun menjelang berakhirnya ramadhan, masjid mulai sepi.
  3. Tadarus Al-Qur’an > saat bulan ramadhan tiba usahakan dapat menghatamkan bacaan Al-Quran. Mengingat pahala baca Al-Quran yang akan dilipat gandakan oleh ALLAH SWT. Bayangkan ada berapa huruf di dalam Al-Quran saat dibaca dibulan biasa pahalanya 10. Nah jika dibulan ramadhan akan dilipat gandakan banyak oleh ALLAH SWT.
  4. Lailatur Qadar > ini terjadi saat 10 malam terakhir, jika kita dapat menemui malam qadar tersebut maka ALLAH SWT akan memberikan pahala lipatan 1000 bulan atau 83 tahun. Untuk itu tingkatkan ibadah saat 10 malam terakhir sudah tiba yaitu dengan I’tikab di masjid.
  5. Membayar zakat fitrah > ini adalah kewajiban dan tidak boleh ditinggalkan. Dilaksanakan pada akhir bulan ramadhan sebelum melaksanakan salat idul fitri. Zakat fitrah sebagai penyempurna amalan di bulan ramadhan. Zakat fitrah nantinya akan di sumbangkan kepada 8 asnaf yang telah disebutkan Dalam Al-Qur’an.

Demikianlan amalan-amalan yang harus menjadi target di bulan ramadhan. Manfaatkan datangnya bulan ramadhan sebagai bulan untuk mencari pahala yang banyak. Jangan sampai melakukan hal-hal yang maksiat karena akan sangat merugikan padanya. Semoga sedikit nasihat ini dapat bermanfaat serta membangkitkan semangat ibadah di bulan ramadhan. Terima kasih!

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *