Mukjizat Nabi Musa Yang Di Ungkap Al qur’an

9 Mukjizat Nabi Musa Yang di Ungkap Dalam Al Qur’an

Diposting pada

Mukjizat Nabi Musa Yang di Ungkap Al qur’an ♦ Nabi  Musa merupakan salah satu utusan ALLAH SWT yang diberikan gelar sebagai rasul Ulul Azmi. Yaitu utusan ALLAH yang diberikan ketabahan yang luar biasa saat menghadapi berbagai macam cobaan. Selain itu, rasul ulul azmi merupakan utusan ALLAH yang diberikan mukjizat untuk ditunjukan kepada para pengikutnya.

Mukjizat adalah suatu keutamaan yang luar biasa yang ditunjukan oleh ALLAH melalui nabinya yang bertujuan untuk membuktikan kenabian dan risalahnya. Mukjizat terjadi di luar nalar manusia, seperti halnya mukjizat nabi Musa saat membelah lautan yang bahkan sampai dibuat film. Namun tentunya mukjizat Nabi Musa lebih hebat lagi dari pada yang ada di film tersebut.

Mukjizat Nabi Musa

Nabi musa mempunyai 9 mukjizat yang semuanya sudah diterangkan di dalam Al qur’an. Mukjizat Nabi Musa tersebut ditunjukan untuk memperlihatkan kepada qoum Bani Isra’Il supaya dapat menyembah kepada ALLAH. Karena pada saat itu umumnya qoum Bani Isra’il menyembah kepada Fir’aun yang dianggap sebagai Tuhanya orang-orang Bani Israel.

Selain ditunjukan untuk mengajak qoum Bani Isra’il, mukjizat Nabi Musa juga ditunjukan untuk melindungi qoumnya dari kejaran fir’aun. Yang pada saat itu Nabi Musa menunjukan salah satu mukjizatnya dengan memukulkan tongkatnya ke laut. Dan seketika itu pula laut terbelah sehingga dapat dijadikan sebagai jalan untuk menyebrang qoumnya.

9 Mukjizat Nabi Musa Yang di Ungkap dalam Qur’an

Sebagai umat muslim kita bisa fahami cerita Nabi Musa dan mukjizatnya melalui Al-qur’an. Untuk itu seringlah membaca Al-qur’an agar keimanan kita bisa terus bertambah dengan banyaknya hikmah yang terkandung di setiap ayat-ayatnya. Berikut ini 9 mukjizat Nabi Musa yang di ungkap Al-Qur’an:

  1. Membuat 12 mata air dengan memukulkan tongkatnya pada sebuah batu, hal ini dilakukan saat qoum Bani Isra’il sedang kesulitan air. Mukjizat ini diterangkan dalam surat Al-Baqarah ayat 60.

وَإِذِ ٱسۡتَسۡقَىٰ مُوسَىٰ لِقَوۡمِهِۦ فَقُلۡنَا ٱضۡرِب بِّعَصَاكَ ٱلۡحَجَرَۖ فَٱنفَجَرَتۡ مِنۡهُ ٱثۡنَتَا عَشۡرَةَ عَيۡنٗاۖ قَدۡ عَلِمَ كُلُّ أُنَاسٖ مَّشۡرَبَهُمۡۖ كُلُواْ وَٱشۡرَبُواْ مِن رِّزۡقِ ٱللَّهِ وَلَا تَعۡثَوۡاْ فِي ٱلۡأَرۡضِ مُفۡسِدِينَ.

Artinya: “Dan (ingatlah) ketika Musa memohon air untuk kaumnya, lalu Kami berfirman: “Pukullah batu itu dengan tongkatmu”. Lalu memancarlah daripadanya dua belas mata air. Sungguh tiap-tiap suku telah mengetahui tempat minumnya (masing-masing). Makan dan minumlah rezeki (yang diberikan) Allah, dan janganlah kamu berkeliaran di muka bumi dengan berbuat kerusakan”

  1. Tongkat Nabi Musa berubah menjadi ular saat menerima tantangan dari Fir’aun. Mukjizat ini diterangkang dalam surat Al-A’raf ayat 107.

 فَلَنَقُصَّنَّ عَلَيۡهِم بِعِلۡمٖۖ وَمَا كُنَّا غَآئِبِينَ.

Artinya: “Maka sesungguhnya akan Kami kabarkan kepada mereka (apa-apa yang telah mereka perbuat), sedang (Kami) mengetahui (keadaan mereka), dan Kami sekali-kali tidak jauh (dari mereka)”

  1. Tangan Nabi Musa menjadi putih bersinar. Mukjizat ini diterangkan dalam surat Al-A’raf ayat 108.

وَنَزَعَ يَدَهُۥ فَإِذَا هِيَ بَيۡضَآءُ لِلنَّٰظِرِينَ.

Artinya: “Dan ia mengeluarkan tangannya, maka ketika itu juga tangan itu menjadi putih bercahaya (kelihatan) oleh orang-orang yang melihatnya”

  1. Membelah laut merah saat Nabi Musa dan qoumnya dikejar oleh pasukannya Fir’aun. Mukijizat ini diterangkan dalam surat Asy-Syu’ara’ ayat 63.

فَأَوۡحَيۡنَآ إِلَىٰ مُوسَىٰٓ أَنِ ٱضۡرِب بِّعَصَاكَ ٱلۡبَحۡرَۖ فَٱنفَلَقَ فَكَانَ كُلُّ فِرۡقٖ كَٱلطَّوۡدِ ٱلۡعَظِيمِ.

Artinya: “Lalu Kami wahyukan kepada Musa: “Pukullah lautan itu dengan tongkatmu”. Maka terbelahlah lautan itu dan tiap-tiap belahan adalah seperti gunung yang besar”

  1. Angin topan, banjir darah, banjir katak, banjir kutu dan banjir belalang. Mukjizat ini diterangkan dalam surat Al-A’raf ayat 133.

ثُمَّ بَعَثۡنَا مِنۢ بَعۡدِهِم مُّوسَىٰ بِ‍َٔايَٰتِنَآ إِلَىٰ فِرۡعَوۡنَ وَمَلَإِيْهِۦ فَظَلَمُواْ بِهَاۖ فَٱنظُرۡ كَيۡفَ كَانَ عَٰقِبَةُ ٱلۡمُفۡسِدِينَ

Artinya: “Kemudian Kami utus Musa sesudah rasul-rasul itu dengan membawa ayat-ayat Kami kepada Fir´aun dan pemuka-pemuka kaumnya, lalu mereka mengingkari ayat-ayat itu. Maka perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang membuat kerusakan”

Demikianlah 9 mukjizat Nabi Musa yang diungkap Al-Qur’an. Semoga artikel ini dapat menjadi manfaat serta referensi bagi anda untuk menambah keimanan dengan melihat tanda-tanda kebesaran ALLAH yang lainya melalui Al-Qur’an. Karena sesungguhnya ketika ayat-ayat ALLAH dibacakan, maka akan menambah keimanan pada orang yang mendengarnya.

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *