CARA MEMBACA AL-QUR'AN DENGAN BAIK DAN BENAR

Adab Membaca Al-Qur’an yang Baik dan Benar

Diposting pada

Membaca al-quran Umat Islam mempunyai dua kitab yang dijadikan sebagai tuntunan dalam menjalani kehidupan. Kitab itu adalah Al-qur’an dan Al-hadist, isi qur’an menjelaskan perintah dan larangan yang diberikan ALLA SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui wahyu yang disampaikan oleh malaikat Jibril selama 23 tahun. Sedangkan hadis adalah kitab yang memperkuat kandungan isi Al-Qur’an.

Membaca al qur’an termasuk salah satu ibadahnya umat Islam dalam mencintai kitabnya. Kemudian dalam setiap tulisan arab yang dibaca mempunyai kandungan arti yang dapat menjadi nasihat bagi mahkluk di seluruh alam. Untuk itu ketika membaca Al-Qur’an sebaiknya dalam keadaan yang tenang agar dapat meresapi arti dan kandungannya.

Membaca Al-Qur’an dengan Baik dan Benar

Di era serba teknologi seperti sekarang sarana dan prasarana untuk melakukan ibadahpun seolah dipermudah. Seperti adanya aplikasi-aplikasi yang telah diterbitkan di google playstore banyak sekali aplikasi yang dapat mendorong kita untuk melaksanakan ibadah. Contohnya seperti aplikasi Al-Quran android. Dengan begitu kita dapat membaca Al-Qur’an dengan mudah melalui hp.

Al-qur’an adalah mukjizat terbesar yang diberikan oleh ALLAH SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Al-qur’an adalah sebagai kitab suci sekaligus sebagai petunjuknya umat Islam dalam menentukan hukum halal dan haram. Selain itu banyak sekali manfaat yang dapatkan saat membaca atau mempelajari Al-Qur’an. Terlebih jika orang tersebut dapat menghafalkanya sampai 30 juz.

Baca juga :

Adab Membaca Al-Qur’an

Sesuai dengan judul di atas bahwa saat membaca Al-Qur’an bersikaplah dengan sebaik-baiknya untuk mengagungkan Al-Qur’an. Dan berikut ini ada beberapa adab / budi pekerti yang baik saat membaca Al-Qur’an.

  • Bersesuci > lebih baik lagi ketika membaca Al-Qur’an dalam keadaan wudhu dan suci dari hadas kecil dan hadas besar. Karena saat kita membaca Al-Qur’an akan ada malaikat yang datang pada kita.
  • Membaca Al-Qur’an ditempat yang suci > tempat yang paling baik untuk membaca Al-Qur’an adalah masjid. Bila jauh dari masjid dirumahpun juga diperbolehkan.
  • Membaca ta’awud > tujuannya adalah untuk meminta perlindungan kepada ALLAH SWT dari gangguan syetan yang terkutuk.
  • Hatinya khusuk > tujuannya agar kita dapat meresapi makna dari kandungan yang ada di dalam Al-Qur’an.
  • Membaca Al-Qur’an dengan Menangis > hal ini diperbolehkan jika menangisnya karena memang meresapi kandungan yang ada pada Al-Qur’an. Hal ini dijelaskan di dalam surat An-Najm : 59-60.
  • Membaca dengan tartil dan merdu (sesuai dengan tajwid) > bila anda dapat membaca Al-Qur’an dengan tartil dan merdu lakukanlah karena itu dapat menambah nilai pahalanya. Namun jika belum bisa tartil terusalah berusaha dengan sungguh-sungguh karena itu ada pahalanya tersendiri bagi orang yang bersungguh-sungguh dalam membaca Al-Qur’an

Demikianlah tata cara / adab membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. Semoga dapat menambah motivasi kita dalam beribada kepada ALLAH SWT. Karena ternyata banyak sekali keutamaan yang didapatkan saat kita membaca Al-Qur’an. Kitab suci yang agung milik umat Islam. Semoga bermanfaat, terima kasih!

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *