belajar tajwid

Belajar Tajwid Dengan Mengenal Jenis-jenis Mad

Diposting pada

Halo sahabat nada313... Belajar tajwid memang sangat penting, agar dapat membaca Al-Qur’an secara baik dan benar. Karena di dalam tajwid dijelaskan secara detail mengenai penjelasan cara membaca Al-Qur’an. Cara membaca Al-qura’an dengan baik dan benar yaitu membaca sesuai dengan panjang dan pendeknya huruf.

Pengertian ilmu tajwid adalah ilmu yang mempelajari bagaimanakah cara memunyikan huruf yang ada di dalam Al-qur’an. Dari pengertian di atas, berarti belajar ilmu tajwid itu sangat penting. Karena ketika membaca Al-Qur’an tidak sesuai dengan panjang pendeknya, maka akan berpengaruh pada arti kata yang di baca.

Ilmu tajwid yang membahas mengenai panjang pendek disebut dengan hukum mad. Nah… hukum mad tersebut dibagi menjadi beberapa jenis. Dan setiap jenis hukum tajwid mad memiliki cara baca berbeda-beda. Untuk mengenal hukum mad lebih jelas, saya tuliskan beberapa jenis hukum mad untuk belajar ilmu tajwid.

Belajar Tajwid Hukum Mad

  1. Mathobi’I
  2. Mad wajib muttashil
  3. Mad jaiz munfashil
  4. Mad lazim mutsaqqal kilmi
  5. Mad lazim mukhafaf kilmi
  6. Mad layin
  7. Mad aridl lisukun
  8. Mad shilah qashirah
  9. Mad shilah thawilah
  10. Mad iwadl
  11. Mad badal
  12. Mad lazim harfi musyabba’
  13. Mad lazim harfi mukhaffaf
  14. Mad tamkien
  15. Mad farqi

Ada 15 jenis hukum mad yang bisa dipelajari agar dapat membaca ayat-ayat suci Al-Quran sesuai dengan panjang pendeknya. Meskipun kita sudah bisa membaca Al-quran, saya rasa penting belajar tajwid lagi agar baca’an Al-qur’an kita sesuai dengan panjang pendeknya. Dan belajar tajwid juga mempunyai manfaat yang banyak untuk diri kita.

Baca juga :

Manfaat Belajar Tajwid

  • Mengetahui cara yang benar membaca ayat-ayat Al-quran
  • Dapat membaca Al-qur’an sesuai dengan bacaanya masing-masing
  • Dapat menambah rasa senang saat membaca Al-qur’an, karena kita dapat membaca Al-qur’an dengan baik dan benar
  • Menambah pahala karena kita senang membaca Al-Quran

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat yang kita dapatkan saat kita belajar tajwid dan membaca Al-qur’an. Belajar tajwid itu mudah karena cukup mengerti kemudian dipraktekan dengan membaca Al-qur’an. Apalagi juga akan memberikan pahala saat ada orang yang ingin belajar ilmu tajwid karena termasuk dalam mencari ilmu dalam urusan agama.

Demikianlah penjelasan saya mengenai jenis-jenis hukum mad dan manfaat belajar ilmu tajwid. Sebenarnya ada banyak sekali pembahasan mengenai ilmu tajwid. Insya akan saya sampaikan di lain waktu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca setia nada313. Sampai jumpa lagi, terima kasih!

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *