cara pembesaran ikan nila

5 Cara Budidaya Pembesaran Ikan Nila Yang Baik

Diposting pada

Cara Pembesaran Ikan Nila ♦ Mayoritas orang Indonesia menyukai ikan untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan ikan merupakan makan yang mempunyai gizi dan nutrisi yang cukup untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Ada banyak jenis ikan yang banyak dikonsumsi orang Indonesia, jika dilihat dari jenis habitatnya ikan ada 3 yaitu: ikan air laut, ikan air payau dan ikan air tawar.

Ikan air tawar merupakan salah satu jenis ikan yang paling laris di pasaran, jika dibandingkan dengan ikan air laut yang dianggap amis. Selain itu ikan air tawar juga mudah didapatkan baik dengan cara mencari sendiri dengan mancing atau membelinya pada penjual ikan keliling. Ikan air tawar juga banyak di budidayakan di Indonesia, sehingga dapat menambah perekonomian.

Pembesaran Ikan Nila

Sebenarnya ada banyak jenis ikan air tawar yang dapat dibudidayakan dan menguntungkan. Contohnya yang paling banyak dibudidayakan di antaranya adalah ikan gurame, ikan lele dan ikan nila. Namun dari ketiga ikan tersebut, ikan nila menjadi ikan yang paling mudah untuk dibudidayakan. Karena ikan nila mempunyai kekebalan tubuh yang baik.

Jika dibandingkan dengan ikan lele dan ikan gurame, ikan nila adalah ikan yang cukup mudah untuk dibudidayakan dan dibesarkan. Untuk itu bagi anda yang ingin membudidayakan ikan nila agar cepat besar, dapat anda ikuti penjelasan di bawah ini. Sehingga nantinya dapat anda praktekan serta mendapat panen yang melimpah.

Cara Pembesaran Ikan Nila Yang Baik

1. Memilih Media pembesaran ikan nila

Menyiapkan kolam untuk pembesaran ikan nila menjadi hal pertama yang harus dilakukan. Lakukan pemilihan tempat yang tepat yaitu dengan memilih tempat yang terkena sinar matahari serta dekat dengan sumber air. Ada beberapa jenis kolam yang dapat anda pilih yaitu kolam terpal, kolam beton, kolam tanah dan kolam ember. Agar lebih jelas baca Cara Budidaya Ikan Nila Yang Menguntungkan

2. Pengolahan media pembesaran ikan nila

Setelah menentukan lokasi yang tepat, anda harus memulai melakukan pengolahan kolam karena hal ini sangat penting. Untuk ukuran kolam yang bisa anda buat minimal 3×5 m dan maksimal 10×10 m. Kedalaman kolam 100 cm – 150 cm dan buatlah saluran pembuangan air untuk pengurasan kolam. Jika menggunakan kolam tanah, ukur terlebih dahulu PH tanah sampai menjadi 7 atau 8. Jika PH di bawah itu, lakukan pengapuran dengan dolomit lalu biarkan selama 3 hari. Kemudian lakukan pemupukan di dasar kolam dengan menaburkan pupuk kandang dan UREA dengan perbandingan 3 : 1 dan biarkan selama 10 hari. Kemudian isi kolam dengan air hingga ketinggian 30 cm dan diamkan selam 5 hari sampai air berubah warna.

3. Pemilihan benih ikan nila

Benih yang baik dihasilkan dari indukan yang unggulan. Untuk hasil maksimal pilihlah benih yang mempunyai kelamin jantan karena pertumbuhanya lebih cepat. Serta pilihlan benih yang lincah dan tidak cacat. Dan benih yang siap untuk dibesarkan adalah benih yang mempunyai ukuran 5 – 8 cm.

4. Proses Pembesaran Ikan Nila

Proses penebaran benih dilakukan setelah ketinggian air sudah di isi hingga 75 cm. Ukuran yang baik dalam penebaran benih adalah 20 ekor per meter. Kemudian berikan pakan dengan rutin sebanyak 2x sehari. Berikan pakan yang mempunyai protein tinggi, seperti pellet dan dedak.

5. Proses pemeliharaan dan pemanenan

Saat proses pemeliharaan, kualitas air harus tetap terjaga dengan melakukan pengukuran kadar oksigen dan PH. Lakukan penambahan air dengan membuang 1 /3 bagian air, lalu tambahkan air yang baru. Saat benih berumur 1 bulan tambahkan air hingga ketinggian 100 – 150 cm. tingkatkan kadar protein yang ada didalam pakan untuk mempercapat pertumbuhan. Panen ikan nila sudah dapat dilakukan saat sudah mencapai berat 500 gram. Waktu untuk mencapai berat tersebut adalah selama 4 – 5 bulan setelah tebar benih.

Demikian penjelasan mengenai cara pembesaran ikan nila yang baik serta menguntungkan. Jika anda tertarik untuk budidaya pembesaran ikan nila dapat mengikuti cara tersebut disertai dengan usaha dan do’a. Dan semoga panen yang dihasilkan dapat menguntungkan. Banyak kesalahannya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih!

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *