Cara dan Syarat Mendapatkan PKH Saat Corona

Cara dan Syarat Mendapatkan PKH Saat Pandemi Corona

Diposting pada

Cara dan Syarat Mendapatkan PKH Saat Corona ♦ Ditengah masa pandemic corona, tidak bisa dipungkiri banyak sekali masyarakat yang merasakan dampaknya. Salah satunya adalah golongan masyarakat kecil menengah ke bawah. Alasanya karena banyak PHK, kerja diliburkan dan lain-lain.

Dengan adalanya masalah tersebut sebenarnya pemerintah juga ikut memperhatikan masyarakat yang terdampak pandemic corona. Ada banyak program bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat Indonesia.

Bantuan yang diberikan juga bermacam-macam, ada yang berbentuk program pelatihan seperti kartu pra kerja, sembako, BLT, dan juga PKH. Namun perlu diketahui bahwa setiap bantuan yang diberikan itu ada syaratnya.

Salah satunya PKH atau singkatan dari Program Keluarga Harapan,  juga akan diberikan kepada masyarakat Indonesia selama pandemic corono. Jika di tahun sebelumnya PKH diberikan sebanyak 4 kali pertahun, di masa pandemic corona penerima akan mendapatkannya setiap bulan sampai di bulan desember.

Adapun besaran PKH yang diberikan kepada masyarakat adalah sebagai berikut:

  1. Ibu hamil dan anak usia dini umur 0-6 tahun akan menerima Rp 250.000 per bulan
  2. Anak SD akan menerima Rp 75.000 per bulan
  3. Anak SMP akan menerima Rp 125.000 per bulan
  4. Anak SMA akan menerima Rp 166.000 per bulan
  5. Disabilitas berat dan lansia 70 tahun ke atas akan mendapatkan Rp 200.000 per bulan

Cara dan Syarat Mendapatkan PKH Saat Pandemi Corona

Menurut informasi yang saya dapatkan dari tribun Jakarta dot com, penyaluran PKH yang dilaksanakan akan di kawal oleh pendamping PKH agar proses pencairan PKH bisa tepat sasaran dan sampai kepada keluarga penerima manfaat (KPM). Adapun persyaratan untuk mendapatkan PKH adalah sebagai berikut:

  • Data keluarga sudah masuk di dalam Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin yang memiliki komponen kesehatan, Pendidikan dan kesejahteraan social
  • Ibu hamil / menyusui
  • Anak usia dini mulai umur nol sampai enam tahun
  • Anak SD / MI sederajat
  • Anak SMP/ MTs sederjat
  • Anak SMA / MA / SMK sederajat
  • Anak usia enam tahun sampai 21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun
  • Lansia umur 60 tahun keatas
  • Penyandang disabilitas

Proses pencairan menggunakan jasa bank melalui atm atau agen brilink yang sudah tersebar di Indonesia. Adapun untuk proses pengambilannya harus memenuhi standar keamanan dalam masa pandemic corona ini. Yaitu tetap menerapkan social distancing atau jaga jarak bagi setiap penerima.

Demikianlah informasi mengenai PKH semoga bermanfaat, informasi ini saya dapatkan dari tribun Jakarta dot com. Silahkan sampaikan informasi ini kepada penerima PKH jika di rasa perlu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *