paspor untuk umroh

Cara Membuat Paspor Untuk Umroh di Kantor Imigrasi Bandar Lampung

Diposting pada

Cara Membuat Paspor Umroh ♦ Mengunjungi tanah suci mekah adalah salah satu impian yang ingin dicapai oleh semua umat muslim. Karena di sanalah tempat ibadah yang penuh dengan berkah, ada banyak sekali lipatan pahala yang diberikan oleh ALLAH SWT apabila kita bisa melaksanakan ibadah di sana. Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk dapat datang ke tanah suci Mekah, yaitu dengan cara haji dan umroh.

Bagi anda yang belum bisa daftar haji, anda bisa mencoba untuk umroh terlebih dahulu. Karena mengingat daftar tunggu haji saat ini bisa mencapai 10 tahunan. Sedangkan umroh bisa dilakukan dengan cepat sampai berangkat. Umroh bisa dijadikan elternatif bagi para umat muslim yang sudah tua dan belum sempat mendaftar haji. Karena untuk mengejar serta mendapatkan pahala yang sebanyak-banyaknya saat di tanah suci Mekah.

Sebelum keberangkatan menuju tanah suci, bagi umat muslim yang akan melaksanakan umroh supaya dapat melengkapi persyaratan yang dibutuhkan. Contohnya seperti membuat visa dan membuat paspor yang merupakan dokumen sangat penting bagi orang yang akan melaksanakan umroh. Adapun untuk cara membuat paspor untuk umroh, anda bisa mendatangi kantor imigrasi terdekat.

Membuat Paspor Umroh

Kita ketahui bahwa paspor adalah dokumen penting yang digunakan untuk mengunjungi Negara lain. Paspor sebagai dokumen yang menerangkan identitas pemilik serta Negara asal pemilik. Termasuk umroh dan haji juga harus menggunakan umroh. untuk itu bagi anda yang ingin umroh segeralah membuat paspor untuk jaga-jaga apabila kita akan berangkat umroh.

Berikut ini adalah cara membuat paspor untuk umroh di kantor imigrasi Bandar Lampung. Cara ini merupakan pengalaman pribadi saya saat menemani ibu saya untuk membuat paspor untuk umroh. Dan semoga saya juga ikut mendapatkan berkahnya, sehingga bisa juga untuk melaksanakan umroh atau haji di Tanah suci. Amin!

Sebelum anda datang ke kantor imigrasi untuk membuat paspor, silahkan lengkapi persyaratan sebagai berikut.

  1. Ktp asli dan fotocopy
  2. Akte kelahiran asli dan fotocopy
  3. Kartu keluarga asli dan fotocopy
  4. Surat rekomendasi umroh dari kantor kemenag sesuai kabupaten (asli)
  5. Surat rekomendasi umroh dari travel yang mengantarkan umroh (asli)
  6. Materai 2
  7. Map 1

Untuk ktp, akte kelahiran dan kartu keluarga yang asli nanti akan dikembalikan, karena itu hanya sebagai bukti.

Cara Membuat Paspor Umroh di Kantor Imigrasi Bandar Lampung

Langkah pertama – Melakukan pendaftaran antrian di kantor imigrasi, bisa dilakukan dengan online menggunakan hp android. caranya adalah dengan mendownload aplikasi Layanan paspor online di google playstore. Buka aplikasi tersebut dan login menggunakan gmail atau facebook. Kemudian isi semua formulir yang ada di aplikasi tersebut menggunakan berkas yang sudah disiapkan tadi. Pilih lokasi kantor imigrasi sesuai dengan kota anda. Pastikan semua terisi dengan benar, dan jika sudah konfirmasi, maka anda akan mendapatkan kode barcode yang nanti akan diserahkan ke loket pendaftaran. Lalu anda akan diberi nomer antrian untuk membuat paspor.

Langkah kedua – Serahkan barcode bukti pendaftaran ke loket satpam tempat pendaftaran. Setelah itu anda akan diberi formulir surat perjalanan republic Indonesi untuk warga Indonesia untuk pendaftaran. Formulir ini berisikan tentang data nama pembuat paspor. Nama yang diisikan adalah nama pendaftar, suami pendaftar, orang tua pendaftar, dan kakek pendaftar. Semua diisi lengkap dengan tanggal lahirnya. Setelah itu tanda tangani formulir tersebut dengan menggunakan materai 6000.

Langkah ketiga – Kumpulkan dokumen nomer 1 – 5 di atas ditamabah formulir pendaftaran dan barcode pendaftaran dan dimasukan ke dalam map. Setelah itu menunggu panggilan nomer antrian, jika sudah dipanggil segera datangi loket 4 untuk seleksi pemberkasan dokumen. Jika tidak ada masalah, maka anda akan diberikan map warna kuning berisi dokumen dan nomer antrian untuk wawancara dan foto.

paspor untuk umroh

Langkah keempat – Menunggu panggilan untuk wawancara dan foto di loket 5. Setelah itu anda akan mendapatkan slip pembayaran pembuatan paspor. Pada waktu itu biayanya adalah Rp. 350.000. Segera bayarkan biayanya di bank yang ada di depan kantor imigrasi. Setelah itu anda akan mendapatkan bukti telah lunas membayar  pembuatan paspor.

Langkah keenam – Proses pengambilan dilakukan selang 3 hari sampai 7 hari dengan membawa bukti pembayaran dari bank. Dan proses pengambilan paspor tidak perlu melakukan pendaftaran antrian, agar lebih jelas tanyakan langsung ke satpam yang berjaga. Sampai disini proses selesai.

Demikian rangkaian cara membuat paspor untuk umroh yang bisa anda ikuti. Dan perlu diketahui, untuk pendaftaran juga bisa dilakukan dengan ofline dengan cara datang pagi mulai jam 8. Jika anda bingung, minta bantuanlah kepada satpam yang berjaga di dalam kantor. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih!

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *