memperpanjang SIM

Cara memperpanjang SIM C di Samsat Lain Kabupaten/Kota

Diposting pada

Halo sahabat nada313… SIM merupakan surat penting bagi orang yang mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya. SIM juga sebagai tanda bukti bahwa orang tersebut telah lulus dari tes yang diberikan Polisi untuk menggunakan kendaraan bermotor. Jadi orang yang mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya diwajibkan untuk mempunyai SIM. Jika hal itu dilanggar maka pengendara tersebut dapat terkena denda, berupa tilang dari kepolisian.

SIM C adalah salah satu jenis surat izin mengendarai yang diperuntukan bagi para pengguna kendaraan beroda 2. Jadi pasti kamu sudah mengetahui, bahwa masa aktif dari SIM berlaku sampai 5 tahun. Itu artinya sebelum masa aktif SIM habis, maka diwajibkan untuk memperpanjangnya. Karena jika masa aktif SIM habis, tidak akan bisa diperpanjang dan otomatis pemilik SIM diwajibkan untuk membuat SIM lagi.

Memperpanjang SIM C di Lain Kabupaten Atau Kota

Banyak alasan yang mungkin membuat orang lupa untuk memperpanjang SIM miliknya. Salah satunya mungkin karena bekerja diluar daerah sehingga lupa atau tak sempat untuk memperpanjang SIM. Pastinya sudah banyak yang tahu bahwa sekarang kita dapat memperpanjang semua jenis SIM diluar kabupaten / kota, bahkan luar provinsi. Contohnya SIM C diterbitkan di Lampung Timur lalu  memperpanjang SIM C nya di Jakarta.

Nah… tentunya dengan kemudahan tersebut dapat dimanfaatkan oleh pemilik SIM C agar tidak sampai telat untuk memperpanjang SIMnya. Berhubung SIM yang saya punya adalah SIM C maka artikel di bawah ini akan menjelaskan bagaimana syarat & cara untuk memperpanjang SIM C di luar kabupaten atau kota. Simaklah dengan cermat langkah-langkah berikut.

Syarat & Cara Memperpanjang SIM C di Lain Kabupaten / Kota

  1. Ktp asli + poto copy 2 lembar
  2. Sim asli + poto copy 2 lembar
  3. Surat keterangan kesehatan dari dokter
  4. Surat keterangan tes psikologi

NB: Untuk pembuatan surat keterangan sehat dan tes psikologi biayanya sekitar Rp 125.000. Untuk informasi lebih jelas langsung tanyakan ke petugas, karena seiring waktu biaya dapat berubah.

Nah.. setelah semua persyaratan sudah terpenuhi, cara selanjutnya adalah membawa persyaratannya ke dalam gedung layanan terpadu POLRES untuk mengisi formulir perpanjangan. Isilah formulir tersebut dengan lengkap sesuai KTP. Setelah semua terisi lengkap berikan formulir ke petugas dan membayar administrasinya. Nahhh… untuk biaya administrasi bisa kamu lihat di table bawah.

Baca Juga:

Biaya Administrasi Perpanjangan SIM C dan Jenis SIM yang lain

GOLONGAN BIAYA
SIM C Rp 75.000
SIM A, SIM B1 & B2 Rp 80.000
SIM D Rp 35.000

Keterangan:

  • SIM C untuk kendaraan roda 2
  • SIM A, SIM B1 & B2 untuk mobil dari roda 1 sampai roda banyak
  • SIM D untuk pengendara disabilitas

Semoga bermanfaat informasi mengenai cara memperpanjang SIM C. Terima kasih saya ucapkan kepada para pembaca karena telah mampir. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan. Terima kasih!

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *