Cara Menghaluskan Tembok Yang Terlanjur di Cat

Cara Menghaluskan Tembok Yang Terlanjur di Cat

Diposting pada

Cara menghaluskan tembok ♦ Renovasi rumah menjadi penting untuk dilakukan agar rumah menjadi nyaman untuk ditinggali serta indah untuk dipandang. Rumah yang nyaman serta indah bukan serta merta rumah yang mewah dengan bangunan yang besar dan tersedianya berbagai fasilitas yang lengkap di dalamnya.

Salah satu bentuk renovasi rumah yang biasa dilakukan adalah menghaluskan tembok yang kasar, atau kalau ditempat saya namanya pengacian. Diperlukan teknik khusus agar tembok yang di aci itu dapat menjadi halus saat disentuh. Proses pengacian biasanya dilakukan pada tembok yang baru di lepo atau didasari. Lalu bagaimana proses pengacian pada tembok yang belum halus kemudian di cat? Apakah ada caranya?

Cara Menghaluskan Tembok

Ada beberapa tukang bangunan yang belum mengetahui cara untuk menghaluskan tembok yang sudah terlanjur di cat. Yaa… mungkin masalah seperti ini memang tidak sering dijumpai oleh tukang bangunan. Karena untuk saat ini biasanya tukang bangunan menghaluskan tembok / mengaci tembok adalah dari dasaran yang sudah ditempelkan.

Tembok yang belum di aci kemudian di cat, maka hasil akhirnya tampilan tembok masih belum bisa halus dan tidak enak di pandang. Dan biasanya untuk mengaci tembok biasanya hanya dengan menggunakan semen dan di campuri kapur. Nah… untuk menghaluskan tembok yang terlanjur di cat pengacianya tidak menggunakan semen dan kapur. Bahan untuk pengacianya berbeda dari yang lain.

Nah pada kesempatan ini saya akan memberikan informasi mengenai cara menghaluskan tembok yang sudah di cat. Informasi mengenai cara ini saya dapatkan dari seorang bapak tukang yang sudah malang melintang di dunia pertukangan dalam bidang finising pembangunan rumah. Simak artikel ini sampai dengan selesai agar anda dapat memahaminya.

Baca juga:

Cara Menghaluskan / MengAci Tembok Yang Terlanjur di Cat

Untuk melakukan cara ini ada beberapa hal yang harus dipersiapkan mulai dari bahan samapi peralatan untuk pengAcian. Baiklah! Mungkin dari bapak-bapak tukang ada yang tidak sabar mengenai cara ini. Simak penjelasanya sampai akhir artikel, agar anda dapat memahaminya kemudian dapat mempraktekanya di kemudian hari.

Bahan yang harus dipersiapkan:

  1. Kornis, anda dapat membelinya di toko bangunan dengan harga Rp 60.000 / karung dengan berat 20 kg.
  2. Lem fox (lem kayu), harganya sekitar 10 – 20 ribu di toko bangunan
  3. Air panas

Peralatan yang harus dipersiapkan:

  1. Ember
  2. Cetok
  3. Panci
  4. Belahan paralon untuk menghaluskan acian

Proses pembuatan adonan aci dan pengerjaanya:

  • Siapkan air panas yang sudah mendidih, lalu tuangkan ke ember kecil dengan ukuran setengah.
  • Masukan lem kayu ke air panas yang sudah disiapkan di atas dengan ukuran secukupnya.
  • Masukan kornis secukupnya lalu aduk-aduk hingga rata sampai menjadi adonan acian yang bisa digunakan untuk menghaluskan. Buatlah adonan agak encer agar mudah untuk digunakan.
  • Setelah itu lakukan pengacian pada tembok yang sudah terlanjur di cat, caranya seperti menghaluskan / mengaci tembok yang lainya. Dengan menggunakan peralatan cetok, dan belahan paralon.
  • Lakukan pengacian dengan cepat, agar adonan tidak bantat dan kering. Karena jika sudah bantat dan kering sudah tidak bisa digunakan untuk mengaci / menghaluskan tembok lagi.

Note: untuk satu karung kornis biasanya bisa digunakan untuk menghaluskan tembok ruangan ukuran 3 m2.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai cara menghluskan tembok yang terlanjur di cat sekaligus pembuatan adonannya. Semoga cara ini dapat bermanfaat untuk bapak-bapak tukang yang memang berkecimpung dalam masalah ini. Kemudian cara ini dapat bapak-bapak praktekan jika menemui masalah seperti ini. Terima kasih!

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *