HALAMAN DEPAN KANTOR DUKCAPIL

Cara Mengurus KK Yang Hilang Atau Rusak di Dukcapil

Diposting pada

Halo sahabat nada313… Kali ini saya akan memberikan informasi mengenai cara mengurus kartu keluarga atau biasa disebut KK yang tak sengaja hilang atau rusak. Karena KK merupakan salah satu dokumen penting kependudukan dalam sebuah keluarga.

KK menerangkan jumlah anggota keluarga dalam satu keluarga. Dari mulai kepala keluarga sampai anak-anak dan juga pekerjaan dari masing-masing anggota keluarga. Maka dari itu KK sangat penting sekali sebagai dokumen kependudukan.

Setiap KK juga mempunyai No. Nik sama seperti yang ada pada KTP. No. ini sebagai data identitas dari keluarga. Selain itu KK, sekarang ini juga digunakan untuk registrasi No. HP.

Nah… sekarang bagaiman jika dalam salah satu keluarga itu, Kknya hilang atau rusak? bagaimana cara mengurusnya? Di mana mengurusnya? Mungkin itu beberapa pertanyaan yang ada pada kita, jika belum tau caranya.

Sebenarnya jika kamu mengalami masalah KK hilang atau rusak, cara pengurusanya untuk mendapatkan KK baru cukup mudah. Seperti halnya mengurus KTP yang hilang atau rusak. seperti yang saya sudah jelaskan di artikel sebelumnya.

Jika kamu mengalami hal seperti ini, KK hilang atau KK rusak. Kamu harus mendatangi kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil (dukcapil). Untuk pengurusan masalah tersebut.

Namun sebelum datang ke dukcapil, ada beberapa persyaratan yang perlu dipersiapakan. Berikut ini cara dan syarat untuk mengurus KK rusak atau hilang.

Syarat-syaratnya

KK hilang

  • Minta surat kehilangan dari Polsek setempat
  • Minta formulir permohonan KK dari kantor kelurahan atau kecamatan
  • Fotocopy dokumen kependudukan seperti KTP dari semua anggota keluarga

KK rusak

  • Kartu keluarga yang rusak
  • Minta formulir permohonan KK dari kantor kelurahan atau kecamatan
  • Fotocopy dokumen kependudukan seperti KTP dari semua anggota keluarga

Caranya

Setelah semua persyaratan yang dibutuhkan terpenuhi. Bawalah semua persyaratan tadi ke kantor dukcapil wilayahmu. Lalu serahkan semua persyaratan ke petugas dukcapil.

Jika semua persyaratan yang ada tadi sudah lengkap maka kita disuruh untuk menunggu KK tersebut jadi. Menunggunya kurang lebih sekitar 1-2 jam atau lebih jika ramai. Setelah jadi maka nanti kita akan dipanggil.

Untuk informasi lebih lengkap langsung saja datangi kantor dukcapil wilayahmu. Sekian dulu informasi dari saya, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih!

 

 

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *