cara salat idul fitri di rumah

Cara Solat Idul Fitri di Rumah Saat Pandemi Virus Corona

Diposting pada

Cara Solat Idul Fitri di Rumah  Seperti sama-sama kita ketahui bahwa pandemi virus corona di Indonesia masih belum berakhir. Dan saat ini sudah memasuki bulan Ramadhan dan hampir memasuki bulan syawal. Yang artinya umat muslim sedunia akan melaksanakan salat id.

Himbauan dari pemerintah, untuk salat idul fitri tahun ini supaya di rumah saja. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Karena jika salat id dilakukan secara berjamaah, dikhawatirkan akan menjadi klaster penyebaran virus corona saat idul fitri.

Lalu bagaimana prakteknya mengerjakan salat id di rumah? Untuk lebih jelasnya mari kita fahami tata caranya, agar anda semua dapat melaksanakan salat id di rumah.

Cara Solat Idul Fitri di Rumah

Praktek salat idul fitri di rumah bisa dilakukan bersama anggota keluarga inti. Adapun untuk tata caranya adalah sebagai berikut:

  1. Semua anggota keluarga sudah berwudhu
  2. Dalam prakteknya salat idul fitri tidak ada iqomah
  3. Salat Idul Fitri dilaksanakan sebelum khotbah idul fitri (salat dulu baru khotbah)
  4. Jumlah rekaat ada 2
  5. Rekaat pertama, takbir awal dibaca 7 x, kemudian membaca doa iftitah, dilanjutkan membaca surat Al-fatihah dan surat Al-Quran.
  6. Rekaat kedua, takbir dibaca 5 x, kemudian membaca surat Al-fatihan dan surat Al-Quran.
  7. Setelah selesai salat, langsung dilanjutkan dengan khotbah
  8. Jika memang dalam anggota keluarga tersebut tidak ada yang bisa khotbah, maka cukup melaksanakan salat saja sudah cukup.

Praktek mengerjakan salat idul fitri di rumah ini pernah dicontohkan oleh sahabat Nabi yaitu Anas bin Malik Rodiyallohu Anhu. Diriwayatkan dari Baihaqi, “dari Ubaidillah ibni Abi Bakr ibni Annas bin Malik pelayannya Nabi Muhammad. Dia berkata: ketika Anas bin Malik tertinggal salat id bersama imam, maka dia mengumpulkan keluarganya di rumah, kemudian dia salat dengan mereka seperti salatnya imam dalam salat id”.

Dari penjelasan riwayat di atas, berarti salat id itu boleh dilakukan di rumah. Apalagi saat ini sedang ada kondisi yang mendesak dan itu dilakukan juga untuk kebaikan umat. Hal itu senada dengan anjuran yang diperintahkan oleh pemerintah.

Demikianlah rangkaian cara salat idul fitri yang dilakukan di rumah. Semoga bermanfaat, dan tetap ikuti protokol kesehatan yang dibuat oleh pemerintah. Semuanya dilakukan untuk kebaikan bersama.