COBEK ASLI JOJOG

Cobek dan Muntu Batu Asli Dari Lampung

Diposting pada

Cobek dan Muntu Asli Batu ♦ cobek adalah alat dapur yang digunakan untuk menghaluskan bumbu-bumbu dapur seperti cabe, bawang putih, bawang merah, garam dan lain-lain. Di wilayah Jawa cobek dikenal dengan sebutan coek dan ada juga yang menyebutnya lemper.

Cobek tidak bisa digunakan jika tidak ada ulek yang mendampinginya. Namanya ulek, kalau di Jawa alat ini dikenal dengan sebutan muntu. Muntu dan cobek adalah dua alat yang tidak akan bisa dipisahkan ketika digunakan.

Nah, di dusun empat desa Jojog, kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. Ternyata adalah desa  pusat pembuat kerajinan cobek dan ulek yang terbuat dari batu asli. Menurut cerita salah satu masyarakat yang ada didesa Jojog, keterampilan tersebut didapatkan dari orang tua mereka.

Cobek Asli Batu

Menurutnya membuat cobek dan ulek ini adalah warisan dari keluarga secara turun temurun. Lebih dari 30 tahun dusun empat desa Jojog adalah desa pembuat kerajinan dapur dari batu ini. Keterampilan ini sangat membantu perekonomian masyarakat yang ada di dusun empat desa Jojog.

Banyak para pemuda dari dusun empat desa Jojog yang sudah ahli dalam membuat kerajinan cobek dan ulek tersebut. Dengan adanya kerajinan tersebut ternyata dapat menambah kemandirian dari para pemuda dusun empat desa Jojog.

Usaha membuat cobek dan ulekan ini bisa dikatakan sebagai Home Industri dari masyarakat dusun empat desa Jojog. Pada awal tahun 90 an pada umumnya memang masyarakat dusun empat desa Jojog banyak yang terjun ke usaha membuat cobek dan ulekan.

COBEK DAN ULEKAN

Cobek dan Muntu Dari Batu Asli

Meskipun sudah lama masyarakat dusun empat desa Jojog ini memnuat cobek dan ulekan, sampai sekarang sepertinya para konsumen masih tetap saja banyak yang mencari cobek dan ulekan asli desa Jojog ini.  Kualitasnya cukup baik dan awet, satu cobek dan ulekan dari dusun empat desa Jojog ini mampu digunakan hingga seumur hidup si pengguna loh.

Bahkan sampai saat ini cobek dan ulekan ini mulai dikirim keluar provinsi lo, mulai dari Palembang, Jambi, jawa, dan kalimantan. Jika ingin berkunjung silahkan langsung datang saja ke dusun empat desa Jojog kecamatan Pekalongan kabupaten Lampung Timur provinsi Lampung.

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *