hukum mad thabi'i

Penjelasan dan Contoh Mad thobi’i Dalam Surat An-nas

Diposting pada

Hukum mad thabi’i ♦ Dalam membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an, umat Islam supaya memperhatikan tajwid  dari huruf. Terutama mengenai panjang pendek huruf yang dibaca. Karena jika salah dalam bacaanya maka itu juga dapat merubah arti dari huruf tersebut. Untuk itu perlu adanya pembelajaran yang bertahap dalam mempelajari ilmu tajwid.

Panjang pendek suatu huruf sangat penting untuk diperhatikan, selain dapat merubah arti dari bacaan. Maka bacaan Al-Qur’an yang tidak pas panjang pendeknya akan terdengar pales dan tidak enak. Ilmu tajwid yang membahas mengenai cara membaca sesuai dengan panjang pendeknya disebut hokum mad. Di artikel sebelumnya sudah saya kelompokan mengenai hukum bacaan Jenis-jenis mad.

Dan pada artikel ini, saya akan memberikan penjelasan dan contoh hukum bacaan mad thabi’i. Mad thabi’I merupakan salah satu bacaan hukum mad. Dan merupakan awal dari semua pembahasan hukum mad. Contoh hukum mad yang saya tuliskan pada artikel ini yang terdapat pada surat An-nas dan Al-Falaq, kira-kira ada berapa?

Penjelasan Hukum Tajwid Mad thabi’i

Secara istilah mad thabi’I adalah memanjangkan suatu huruf yang dibaca. Mad thabi’I juga di anggap sebagai mad asli. Maka dapat disimpulkan bahwa pengertian mad thabi’I adalah cara membaca huruf Al-Qur’an dengan cara yang panjang sesuai dengan ketentuan. Berikut ini 3 penjelasan mengenai bacaan hukum mad thobi’I:

  1. Apabila ada salah satu huruf hijaiyah dengan harakat fatkhah ( ــــَــ ) bertemu dengan huruf alif ( ا )
  2. Apabila ada salah satu huruf hijaiyah dengan harakat dhomah ( ــــُـــ )bertemu dengan huruf wawu sukun ( و ).
  3. Apabila ada salah satu huruf hijaiyah dengan harakat kasrah ( ـــــِـ ) bertemu dengan huruf  ya sukun ( ي )

Cara membacanya panjang 2 harakat atau 1 alif. Bisa juga disebut 2 ketukan, karena cara membaca panjangnya dapat di ukur dengan ketukan meja sebanyak 2 kali. Dan berikut ini contoh baca’an mad thabi’i:

  1.                مَا

  2.               فِيْهِ

  3.              قُوْلُوْ

Contoh Bacaan Mad thobi’I dalam Surat An-nas

(قُلۡ أَعُوذُ بِرَبِّ ٱلنَّاسِ ( ١
مَلِكِ ٱلنَّاسِ     (٢
إِلَٰهِ ٱلنَّاسِ ٣
مِن شَرِّ ٱلۡوَسۡوَاسِ ٱلۡخَنَّاسِ     (٤
ٱلَّذِي يُوَسۡوِسُ فِي صُدُورِ ٱلنَّاسِ    ( ٥
مِنَ ٱلۡجِنَّةِ وَٱلنَّاسِ      ( ٦

Setelah diteliti ternyata ada 5 hukum bacaan mad thabi’i yang terdapat pada surat An-nas. Yaitu huruf yang sudah saya tandai dengan warna merah. Berarti cara membacanya adalah dipanjangkan selama 2 ketukan. Semoga artikel ini dapat dipahami dan bermanfaat. Terima kasih!

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *