doa bersin dan jawaban

Doa Ketika Bersin dan Jawaban Bagi Yang Mendengar

Diposting pada

Doa Bersin dan Jawaban ♦ Assalamualaikum… Sebagai seorang manusia pastilah semua sering melakukan bersin. Terkadang bersin terjadi tanpa kita sadari, tiba-tiba hidung mulai gelid an akhirnya terjadi bersin. Penyebab bersin itu sendiri ada banyak, ada yang karena alergi sesuatu, terkena debu atau memang gejala akan terkena filek.

Dari segi kesehatan, bersin adalah cara tubuh mengeluarkan cairan penyebab iritasi pada hidung dan tenggorokan. Sehingga biasanya setelah bersin hidung terasa refresh dan enak. Maka dari itu bersin dapat dikatakan sebagai nikmat dari ALLOH SWT yang harus disyukuri. Nabi juga telah bersabda bahwa ada 5 perkara yang wajib dilaksanakan oleh orang islam kepada saudaranya. Sesuai dengan penjelasan hadist berikut ini:

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم خَمسٌ تَجِبُ لِلْمُسْلِمِ عَلَى اَخِيْهِ: رَدُّالسَّلَامِ وَتَشْمِيْتُ الْعَاطِسِ وَإِجَابَةُ الدَّعْوَةِ وَعِيَادَةُ الْمَرِيْضِ وَاتِّبَاعُ الْجَنَازَةِ، رواه ابوداود

Artinya: “Nabi bersabda: ada 5 perkara yang wajib dilaksanakan oleh orang Islam kepada saudaranya, yaitu: Menjawab salam, mendoakan baik kepada orang yang bersin (jika yang bersin mengucapkan doa), medatangi undangan menjenguk orang sakit dan mengantarkan jenazah”. (H.R Abu Daud)

Doa Bersin dan Jawaban

Karena bersin merupakan nikmat dari ALLOH, maka jika seseorang terkena bersin ucapkanlanlah “ALHAMDULILLAH” sebagai doa dan rasa syukur kita kepada ALLOH SWT. sesuai dengan penjelasan hadis di bawah ini:

عَنِ النَّبِىِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلِ الْحَمدُلِلّٰهِ وَلْيَقُلْ لَهُ أَخُوْهُ أَوْصَاحِبُهُ يَرْحَمُكَ اللهُ فَإِذَا قَالَ لَهُ يَرْحَمُكَ اللهُ فَلْيَقُلْ يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَيُصْلحُ بَالَكُمْ، رواه البخارى

Artinya: “Nabi bersabda: ketika salah satu kalian bersin, maka hendaklah mengucapkan ALHAMDULILLAH, kemudian saudaranya yang mendengar kalimat tersebut supaya mengucapkan YAR HAMUKALLOOH, lalu ketika orang yang bersin di doakan YAR HAMUKALLOOH, maka orang yang bersin supaya mengucapkan doa YAHDIKUMULLOOHU WAYUSLIHU BAA LAKUM”. (H.R Bukhori)

Jadi doa ketika bersin dapat disimpulkan sebagai berikut:

  • Doa orang yang bersin (الْحَمدُلِلّٰهِ) artinya segala puji bagi ALLOH
  • Doa orang yang mendengar orang yang bersin (يَرْحَمُكَ اللهُ) artinya semoga ALLOH menyayangimu.
  • Doa orang yang bersin setelah di doakan orang yang mendengar (يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَيُصْلحُ بَالَكُمْ) artinya semoga ALLOH menunjukanmu dan memperbaiki kelakuanmu

Sekian semoga dapat memberikan manfaat yang sebaik-baiknya. Serta mulai dari sekarang biasakanlah berdoa saat bersin. Gantilah suara “haaaciihhh” dengan lafal ALHAMDULILLAH, agar kita mendapatkan doa yang baik dari orang-orang yang mendengar. Terima kasih dan Wassalamu alaikum warahmatullohi wabarokatuh.

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *