doa ketika menguap

Doa Yang di Ucapkan Ketika Menguap

Diposting pada

Doa Ketika Menguap ♦ Setiap manusia pasti pernah mengalami menguap, yaitu suatu kegiatan yang dilakukan tanpa sadar di saat tubuh kita merasa ngantuk atau kecape’an. Namun umumnya orang menganggap menguap adalah salah satu ciri bahwa orang tersebut sedang mengantuk. Sehingga tanpa disadari mulut akan terbuka seolah-olah meluapkan semua rasa kantuk.

Jika dalam dunia kesehatan, menguap yang melebihi batas kewajaran itu dianggap sebagai pertanda ada yang tidak beres dengan tubuh kita. Namun semoga jika ada yang seperti itu husnudzon saja bahwa anda benar-benar sedang mengantuk ingin tidur. Di tulisan ini saya tidak akan membahas mengenai kesehatan yang berhubungan dengan menguap, karena itu bukan pakar saya.

Pada tulisan kali ini akan saya tuliskan 2 hadis yang menjelaskan tentang menguap. Lalu doa / ucapan yang di baca saat seseorang menguap. Kemudian bagaimana akhlak yang baik ketika seseorang menguap, untuk itu mohon perhatikan dengan baik.

Doa Ketika Menguap

Perhatikan penjelasan riwayat hadist berikut ini:

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم إِذَا تَثَاءَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيُمْسِكْ عَلَى فِيهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَدْخُلُ، رواه ابو داود

Artinya: “Nabi bersabda: maka ketika kalian menguap, maka supaya ditahan karena syaiton akan masuk ke dalam mulut”.(H.R Abu Daud)

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم اِنَّ اللهَ يُحِبُّ الْعُطَاسَ وَيَكْرَهُ التَّثَاؤُبَ فَإِذَا تَثَاءَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ وَلَا يَقُلْ هَاهْ هَاهْ فَإِنَّمَا ذٰلِكُمْ مِنَ الشَّيْطَانِ يَضْحَكُ مِنْهُ، رواه ابو داود

Artinya: “Nabi bersabda: ALLOH itu senang pada orang yang bersin, dan benci pada orang yang menguap”. Maka dari itu ketika salah satu kalian menguap, maka hendaklah menahan dengan sekuat tenaga. Dan jangan mengeluarkan suara, karena sesungguhnya suara itu adalah tertawanya syaiton yang keluar dari mulut orang yang menguap”. (H.R Abu Daud)

Dari penjelasan hadis di atas dijelaskan bahwa ALLOH SWT membenci pada menguap. Karena ada syaiton yang mengganggu kepada orang yang sedang menguap. Jadi saat anda terasa ingin menguap, usahalah untuk menahannya. Namun jika tidak mampu menahan, anda dapat menutupinya dengan tangan anda. Agar syaiton tidak masuk ke mulut anda.

Kemudian saat menguap usahakan jangan sampai mengeluarkan suara karena itu adalah suara tertawanya syaiton. Akan lebih baik jika anda mengganti suara menguap tersebut dengan ucapan baik seperti berikut ini:

اَسْتَغْفِرُ الله الْعَظِيْمِ

“ASTAGFIRULLOHAL ADZIIM”

Artinya: “Aku mohon ampun kepada ALLOH yang maha agung”

Silahkan di share, semoga bermanfaat!

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *