doa solat jenazah lengkap

Doa Solat Jenazah Lengkap dengan Latin dan Artinya

Diposting pada

Doa Solat Jenazah Lengkap ♦ Setelah kita bisa memahami keutamaan pahala yang didapatkan saat mesolati jenazah saudaranya yang meninggal. Tentunya ada kretek di hati kita untuk bisa melaksanakanya, karena melihat begitu besarnya pahala yang diperoleh. Jika anda belum mengetahui keutamaanya, anda bisa membacanya pada artikel keutamaan mensolati jenazah.

Mensolati jenazah lebih utama dibandingkan kita hanya duduk menunggu proses pengurusan jenazah. Selain berpahala untuk diri kita pribadi, juga sangat bermanfaat sekali untuk jenazah yang disolati. Namun perlu difahami bahwa jenazah yang disolati adalah benar-benar islam dan dapat mengerjakan ibadah semasa hidupnya, baik yang wajib atau sunnah.

Solat Jenazah

Solat jenazah dikerjakan tanpa adanya rukuk dan sujud. Dalam prakteknya solat jenazah dilakukan dengan berdiri sampai salam. Ada beberapa bacaan yang diucapkan saat mensolati jenazah dan ucapan tersebut ganti setiap setelah takbir. Isi bacaan yang diucapkan salah satunya adalah AL-FATIHAH, dan doa yang isinya kebaikan untuk jenazah.

Adapun untuk prakteknya, anda bisa mendatangi ustadz atau guru ngaji yang anda kenal. Kemudian silahkan anda minta untuk mengajarinya dengan detail. Karena jika saya tuliskan pada artikel ini, dikhawatirkan terjadi salah pemahaman yang bisa mengakibatkan dosa yang besar. Karena ini adalah praktek mengenai amalan solat yang penting.

Doa Solat Jenazah Lengkap Latin dan Arti

Adapun pada kesempatan ini saya tuliskan lafal doa solat jenazah yang bisa anda pelajari dan tanyakan kepada ustadz atau guru ngaji anda. Doa ini diriwayatkan oleh H.R Muslim, berikut ini doa lengkapnya:

اللّٰهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَلْجُ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَيْتَ الثَّوْبَ الْاَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ اَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ، رواه مسلم

“ALLOOHUMMA GHFIRLAHU WARHAMHU WA-AAFIHI WA’FU ANHU WA-AKRIM NUZULAHU WA-WASSI’ MUDEK KHOLAHU WAGHSILHU BIL MAA’I WASSALJI WAL-BARODI WA-NAQQIHI MINAL KHOTOOYAA KAMAA NAQQOITAS SAUBAL ABEKYAO MINAD DANASI WA-ABEKDILHU DAARON KHOIROM MINDAARIHI WA-AHLAN KHOIROM MIN AHLIHI WA-ZAUJAN KHOIROM MIN ZAUJIHI WA-ADEK KHILHUL JANNATA WA-A ISDZHU MIN ADZAA BIL QOBEKRI (atau lafalnya) MIN ADZA BINNAAR”.

Artinya: “Ya ALLOH semoga Engkau mengampuni padanya, menyayanginya, memaafkannya, menyelamatkanya, dan memulyakan tempatnya, dan luaskanlah tempat masuknya, dan basuhlah dia dengan air, dan salju, dan embun, dan bersihkanlah dia dari kesalahan-kesalahan sebagaimana Engkau membersihkan pada pakaian yang putih dari kotoran. Menggantilah untuknya dari rumahnya, dari istrinya, dan masukanlah dia pada surge, dan jagalah dia dari siksa kubur atau siksa neraka”. (H.R Muslim)

Secara garis besar doa solat jenazah berisikan doa pengampunan untuk mayit. Jadi seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa orang yang mendapatkan doa ini adalah orang Islam yang bisa tertib dalam ibadahnya kepada ALLOH SWT. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih!

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *