Hitungan Denda Saat Telat Bayar Iuran BPJS Kesehatan

Hitungan Denda Saat Telat Bayar Iuran BPJS Kesehatan

Diposting pada

Halo sahabat nada313… Beberapa hari yang lalu saya datang ke kantor BPJS untuk mengambil kartu BPJS yang saya buat dibulan sebelumnya. Sebenarnya kartu BPJS itu milik istriku yang akan melahirkan, ya buat jaga-jagalah agar ada persiapan untuk persalinan.

Sudah banyak diketahui bahwa BPJS adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Dan BPJS merupakan program pemerintah yang tujuanya adalah untuk membantu sesama. Bantuan yang diberikan pemerintah adalah berbentuk biaya untuk pengobatan di Rumah Sakit.

Dengan adanya BPJS sangat membantu masyarakat terutama masyarakat kelas menengah kebawah. Nah… Dengan program pemerintah ini, kesehatan masyarakat bisa terjamin.

Masyarakat yang mempunyai kartu BPJS diwajibkan untuk membayar iuran setiap bulan. Iuran disesuaikan dengan kelas yang diambil saat melakukan pendaftaran. Yaitu kelas 1 : 80.000 kelas 2 : 51.000 dan kelas 3 : 25.500.

Lalu bagaimana jika pembayaran iuran BPJS itu telat? Apa ada dendanya? Berapa dendanya? Berikut penjelasanya dari informasi yang saya dapatkan.

Ketentuan Denda Telat Bayar Iuran BPJS

Jadi gini, pas kemaren saya masuk ke kantor BPJS kota Metro, sayakan masih bingung mau kemana dulu untuk mengambil kartu BPJS yang sudah jadi. Apa harus ambil antrian atau gimana?

Lalu saya lihat ada pak satpam yang lagi santai sepertinya, langsung saja saya tanyakan bagaimana proses pengambilan kartu BPJS yang sudah jadi. Lalu pak satpamnya tanya ke saya, masnya udah bayar dan bawa bukti pembayaranya? Lalu saya jawab sudah dan saya berikan bukti pembayaran iuran BPJS saya.

Hitungan Denda Saat Telat Bayar Iuran BPJS Kesehatan
Ruang tunggu kantor BPJS

Setelah dicek, ternyata tanggal iuran saya telat sebulan. Waduh kok bisa! Jadi gini saya bayar iuran pertama tanggal 3 Maret dan Saya bayar iuran ke dua di tanggal 11 April. Itupun disuruh pak satpamnya.

Karena saya sudah telat membayar iuran di bulan april lalu pak satpam menerangkan ketentuan denda telat iuran BPJS sebagai berikut:

  • Pembayaran dilakukan setiap bulan sebelum tanggal 10. Jadi kalau bayarnya tanggal 11 seperti saya, otomatis kena denda 1 bulan.
  • Telat 1 bulan kena denda 2,5 % dari seluruh biaya rumah sakit saat opname (bayar dendanya nanti pas sakit)
  • Hitungannya: umpama saat pengobatan di rumah sakit kena biaya Rp 20.000.000. Maka harus membayar denda sebesar Rp 500.000.
  • Dan jika telatnya lebih dari 1 bulan, ya tinggal dikalikan saja Rp 500.000 di kali telat bulan.

Jadi usahakan jangan sampai telat untuk pembyaran iurannya ya… Lalu apakah dendanya itu bisa hilang apa tidak. Jawabnya bisa hilang, itu menurut pak satpam.

Syarat Agar Denda Iuran BPJS Hangus

Karena saya juga kena denda iuran BPJS, maka syarat itu saya tanyakan ke pak satpam. Dan ternyata syaratnya mudah, yaitu untuk pembayaran iuran BPJS selanjutnya jangan telat. Maka otomatis setelah 45 hari denda tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Baca juga:[ Denda Telat Bayar Pajak Kendaraan di Biro Jasa]

Dengan begitu BPJS dapat kembali digunakan dengan gratis lagi. Tapi ya … semoga kartu BPJS ini jangan sampai terpakai. Karena siapa sih yang pengen sakit kemudian di rawat di rumah sakit, walaupun gratis pakai BPJS, kan ndak ada yang mau.

Karena kesehatan itu merupakan nikmat yang paling pol yang diberikan oleh ALLAH SWT. Dan semoga kita selalu diberikan kesehatan, kewarasan dan kebarokahan. AMINNN.

Sekian informasi mengenai denda BPJS, semoga bermanfaat!

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *