mencabut uban

Hukum Larangan Mencabut Uban Menurut Islam

Diposting pada

Mencabut Uban  Uban adalah jenis rambut berwarna putih yang tumbuh di kepala. Dan biasanya uban akan tumbuh di kepalanya orang yang sudah lanjut atau tua. Sebenarnya uban tumbuh tidak hanya di kepala saja, namun terkadang juga akan tumbuh pada bagian-bagian tubuh yang ditumbuhi rambut. Contohnya seperti jenggot, dada dan lainya.

Ternyata uban juga bisa tumbuh pada tubuh orang yang masih muda. Mungkin sebagian orang menganggap bahwa uban yang tumbuh saat usia muda cukup mengganggu. Sehingga terkadang orang akan malu dan berusaha untuk menghilangkanya. Ada berbagai cara yang dilakukan orang agar uban yang tumbuh tidak terlihat misalkan dengan cara mencabut atau menyemirnya dengan warna hitam.

Nah jika menyemir uban tersebut dengan warna hitam kan dilarang, penjelasanya ada di hukum menyemir rambut dengan warna hitam. Lalu bagaimana jika uban tersebut dicabut saja karena membuat orang yang punya uban bisa dipandang orang yang beumur? Apakah ada hadis atau penjelasan mengenai mencabut uban?

Hukum Mencabut Uban Menurut Islam

Dengan adanya media digital seperti sekarang seseorang dipermudah dalam menggali ilmu pengetahuan dan ilmu dengan sedalam-dalamnya. Namun perlu diketahui bahwa ilmu yang kita dapatkan dari media digital, supaya anda dapat tabayunkan terlebih dahulu kepada guru ngaji atau ustadz yang anda kenal. Termasuk pembahasan kali ini yaitu mengenai mencabut uban, apakah hal tersebut dilarang oleh Islam?

Penjelasan hadis di bawah ini akan menjawab mengenai pertanyaan yang disebutkan di atas. Yaitu hadis yang diriwayatkan oleh H.R Abu Daud dan H.R Ibni Majah.

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم لَاتَنْتِفُوا الشَّيْبَ مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَشِيْبُ شَيْبَةً فِى الْاِسْلَامِ قَالَ عَنْ سُفْيَانَ إِلَّا كَانَتْ لَهُ نُوْرًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَقَالَ فِى حَدِيْثِ يَحْيٰ إِلَّا كَتَبَ اللهُ لَهُ بِهَا حَسَنَةً وَحَطَّ عَنْهُ بِهَا خَطِيئَةً، رواه ابوداود

Artinya: “Nabi bersabda: kalian jangan mencabut pada uban kalian karena tidak ada uban yang dimiliki orang-orang Islam kecuali nanti hari kiamat akan bercahaya. Perowi (Musadadun) berkata: dari Sufyan uban akan menjadi cahaya pada hari kiamat. Musadadun berkata dari hadisnya Yahya bahwa ALLOH akan menulis setiap 1 uban akan menjadi 1 kebaikan dan melebur 1 kesalahan”. (H.R Abu Daud)

قَالَ نَهَى رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم عَنْ نَتْفِ الشَيْبِ وَقَالَ هُوَ نُوْرُ الْمُؤْمِنِ، رواه ابن ماجة

Artinya: “Jadih berkata: Nabi melarang dari mencabut uban, Nabi bersabda uban adalah cahayanya orang iman”. (H.R Ibni Majah)

Menurut penjelasan dari 2 riwayat hadis di atas bahwa uban akan menjadi cahayanya orang iman ketika hari kiamat nanti. Jadi bila anda mempunyai uban usahakan jangan dicabut atau malah menyemirnya dengan warna hitam yang jelas dilarang. Karena ternyata uban akan bermanfaat bagi kita pada hari kiamat nanti.

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *