tajwid mad jaiz munfashil

Penjelasan Hukum Tajwid Mad Jaiz Munfashil dan Contohnya di Surat-surat Pendek

Diposting pada

Tajwid Mad Jaiz Munfashil ♦ Mempelajari tajwid itu penting, apabila kita ingin dapat membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Karena salah satu dasar utama untuk benar membaca Al-Quran adalah dengan mempelajari tajwid. Ada banyak hukum tajwid yang diterapkan saat membaca Al-Quran. Jika kita tidak mampu untuk menghafalnya, maka perlu bagi kita untuk mempelajari sedikit demi sedikit sehingga lama-kelamaan kita akan mengetahuinya.

Pada kesempatan ini saya akan berikan penjelasan mengenai hukum tajwid Mad Jaiz Munfashil yang merupakan termasuk hukum bacaan panjang atau mad dalam membaca Al-Quran. Dan semoga setelah adanya penjelasan mengenai hukum tajwid Mad Jaiz Munfashil ini, dapat memberikan pemahaman kepada para pembaca semuanya kemudian dapat mempraktekanya saat membaca Al-Quran.

Mad Jaiz Munfashil

Dalam pengertianya Mad artinya panjang, Jaiz artinya boleh dan Munfashil artinya terpisah diluar kata. Jadi ketika kita menjumpai huruf mad jaiz munfashil saat membaca Al-Quran, maka bacaanya harus dipanjangkan seperti madthobi’i atau mad wajib mutashil. Namun akan lebih baik jika panjangnya disamakan dengan mad wajib muttashil.

Jadi Mad Wajib Munfashil penjelasanya adalah apabila ada Madthobi’I bertemu dengan huruf hamzah [ء] tetapi hamzah itu di lain perkataan atau kalimat, maka hukum bacaanya disebut dengan Mad Jaiz Munfashil. Contohnya adalah sebagai berikut:

١. وَلاَ أَنْتُمْ

٢. بِمَا أُنْزِلَ

٣. قُوْ أَنْفُسَكُمْ

Contoh Mad Jaiz Munfashil Surat-surat Pendek

Nah… agar anda lebih dapat memahami bagaimana bentuk contoh Mad Jaiz Munfashil. Berikut ini contoh-contohnya yang terdapat di surat-surat pendek:

  1. Surat Al-Lahab

تَبَّتۡ يَدَآ أَبِي لَهَبٖ وَتَبَّ ١  مَآ أَغۡنَىٰ عَنۡهُ مَالُهُۥ وَمَا كَسَبَ ٢

  1. Surat Al-Kafirun

 وَلَآ أَنتُمۡ عَٰبِدُونَ مَآ أَعۡبُدُ ٣  وَلَآ أَنَا۠ عَابِدٞ مَّا عَبَدتُّمۡ ٤ وَلَآ أَنتُمۡ عَٰبِدُونَ مَآ أَعۡبُدُ ٥

  1. Surat Al-Kautsar

إِنَّآ أَعۡطَيۡنَٰكَ ٱلۡكَوۡثَرَ ١

Demikianlah beberapa contoh hukum tajwid Mad Jaiz Munfashil di dalam surat-surat pendek. Semoga dengan adanya penjelasan ini, dapat memberikan pemahaman mendasar bagi kita untuk terus belajar membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Sekian, dan jangan lupa untuk mengunjungi website ini kembali untuk mendapatkan informasi menarik lainya. terima kasih!

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *