hukum tajwid surat al-hujurat ayat 13 lengkap dengan penjelasan dan isi kandungan

Diposting pada

tajwid surat al-hujurat ayat 13 lengkap ♦ Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. ALHAMDULILLAH Kita diciptakan sebagai manusia setiap hari wajib hukumnya untuk bersyukur kepada ALLOH SWT, dengan segala nikmat yang telah diberikan kepada kita saat ini mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi.

Pada pertemuan kali ini kita akan membahas hukum tajwid surat al-hujurat ayat 13 lengkap dengan penjelasan dan isi kandungan ayatnya. Tujuannya agar kita yang membaca tulisan ini dapat mengerti dan memahami hukum bacaan tajwid di surat ini serta dapat mengambil hikmah di dalamnya.

tajwid surat al-hujurat ayat 13 lengkap dengan penjelasan

tajwid surat al-hujurat ayat 13 lengkap

  1. يَا أَيُّهَا : Mad jaiz, karena ada huruf mad thabi’i bertemu dengan huruf hamzah di lain kalimat. Cara membacanya panjang seperti mad thabi’i 2 harakat atau 4 harakat.
  2. النَّاسُ : Ghunnah musyaddah, karena ada huruf nun yang bertasydid. Cara membacanya masuk dengan mendengung. Al syamsiah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf nun.
  3. إِنَّا : Ghunnah musyaddah, karena ada huruf nun yang bertasydid. Cara membacanya mendengung dengan sangat.
  4. خَلَقْنَا : Qolqolah sughro, karena ada huruf qaf mati di dalam kalimat. Cara membacanya membalik membentuk huruf qaf.
  5. كُمْ مِنْ : Idgham mutamasilaen, karena ada huruf mim mati bertemu dengan huruf mim. Cara membacanya mendengung selama 3 harakat.
  6. مِنْ ذَكَرٍ : Ikhfa haqiqi, karena ada nun mati/tanwin bertemu dengan huruf dal . Cara membacanya samar-samar membentuk huruf dal.
  7. ذَكَرٍ وَ : Idgham bighunnah, karena ada kasrahtain bertemu dengan huruf wawu. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  8. وَأُنْثَىٰ : Ikhfa haqiqi, karena ada nun mati/tanwin bertemu dengan huruf sa. Cara membacanya samar-samar membentuk huruf sa.
  9. كُمْ شُعُو : Idhar safawi, Idhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf sin. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
  10. بًا وَقَبَا : Idgham bighunnah, karena ada fatkhahtain bertemu dengan huruf wawu. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  11. إِنَّ : Ghunnah musyaddah, karena ada huruf nun yang bertasydid. Cara membacanya mendengung dengan sangat.
  12. مَكُمْ عِنْدَ : Idhar safawi, Idhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf ain. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
  13. عِنْدَ : Ikhfa haqiqi, karena ada nun mati/tanwin bertemu dengan huruf dal. Cara membacanya samar-samar membentuk huruf dal.
  14. اللَّهِ : Lam tafkhim, karena ada tanda baca fatkhah sebelum lafal اللَّهِ. Cara membacanya tebal.
  15. إِنَّ : Ghunnah musyaddah, karena ada huruf nun yang bertasydid. Cara membacanya mendengung dengan sangat.
  16. اللَّهَ : Lam tafkhim, karena ada tanda baca fatkhah sebelum lafal اللَّهِ. Cara membacanya tebal.
  17. عَلِيمٌ خَبِيرٌ : Idhar halqi, karena ada tanda fatkah tein bertemu dengan huruf kha. Cara membacanya adalah jelas di mulut.
  18. خَبِيرٌ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

Baca juga : cara mengkhatamkan al-qur’an di bulan ramadhan 

isi kandungan surat al-hujurat ayat 13

tajwid surat al-hujurat ayat 13 lengkap

Artinya : “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”.

dari surat al-hujurat ayat 13 ini dapat kita ambil nasihat sebagai pedoman untuk kita hidup diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. kita sebagai manusia yang diciptakan oleh ALLOH supaya bisa hidup rukun dan saling mengenal dengan sesama.
  2. orang yang paling dicintai ALLOH adalah orang yang mempunyai ketaqwaan yang tinggi. maka kita supaya beusaha menjadi orang yang bertaqwa.
  3. dan ALLAOH mengatahui semua manusia mana yang bertaqwa dengan bersungguh-sungguh dan mana yang tidak bersungguh-sungguh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *