hukum tajwid surat an-nashr

Hukum Tajwid Surat An-Nashr Lengkap Dengan Penjelasan dan Kandungan

Diposting pada

Tajwid Surat An-Nashr Lengkap ♦ Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh, berjumpa lagi bersama saya nada313. Semoga kita selalu diberikan kesehatan oleh ALLAH SWT, sehingga kita bisa selalu semangat di dalam beraktifitas. Kali ini kita akan mempelajari hukum tajwid yang terdapat dalam surat An-Nashr secara lengkap.

Surat An-Nashr merupakan surat ke 110 dalam Al-Qur’an, dan merupakan ayat madaniyah, atau surat yang diturunkan di madinah. Jumlah surat An-Nashr ada 3 ayat, 19 kata dan 80 huruf. Surat An-Nashr memiliki arti pertolongan. Dan langsung saja berikut ini pembahasan tajwidnya di ayat 1-3.

Hukum Tajwid Surat An-Nashr Lengkap Dengan Penjelasan

tajwid surat an-nashr lengkap

AYAT 1

  1. جَاۤءَ : Mad wajib, karena ada huruf mad thabi’i bertemu dengan huruf hamzah dalam satu kalimat. Cara membacanya panjang 5 harakat.
  2. اللّٰهِ : Lam Tafkhim, karena ada lafal اللّٰهِ yang sebelumnya ada harakat dhommah. Cara membacanya ditebalkan.
  3. وَالْفَتْحُ : Al qomariah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf fa.  Cara membacanya harus terang dan jelas.

AYAT 2

  1. وَرَاَيْتَ : Mad Layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf wawu mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  2. النَّاسَ : Al-Syamsiah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf nun, atau bisa juga sebagai ghunnah musyadah, karena ada tasdyid pada huruf nun. Cara membacanya mendengung yang disangatkan 6 harakat.
  3. يَدْ : Qolqolah sughro, karena ada huruf ba mati di dalam kalimat. Cara membacanya membalik membentuk huruf dal.
  4. دِيْنِ اللّٰهِ : Lam Tarkik, karena ada lafal اللّٰهِ yang sebelumnya ada harakat kasrah. Cara membacanya ditipiskan.
  5. اَفْوَاجًا : Mad Iwadh, karena ada huruf mathobi’i yang diwaqafkan atau di akhir kalimat. Cara membacanya panjang seperti mathobi’i.

AYAT 3

  1. بِحَمْدِ : Idhar safawi, Idhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf dal. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
  2. اِنَّه : Ghunnah Musyaddah, karena ada tasdyid pada huruf nun. Cara membacanya mendengung yang disangatkan 6 harakat.
  3. اِنَّه : Mad Shilah Qashirah, karena huruf hak dhomir yang didahului harakat fatkhah. Cara membacanya panjang seperti mad thobi’i.
  4. تَوَّابًا : Mad Iwadh, karena ada huruf mathobi’i yang diwaqafkan atau di akhir kalimat. Cara membacanya panjang seperti mathobi’i.

Isi Kandungan Surat An-Nasher

tajwid surat an-nashr lengkap

Artinya: “Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan.Dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong,maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat”.

Ayat ini menjelaskan mengenai pertolongan ALLAH SWT kepada orang-orang Iman untuk menguasai kota Mekah yang sebelumnya di kuasai oleh orang kafir. Dan dari kejadian itu ada banyak orang yang masuk ke dalam Islam. Lalu ALLAH SWT memerintahkan kita untuk mengucapkan tasbih, SUBE’HANALLOH HA; ADZIM.

Ketika ALLOH memberikan pertolongannya kepada orang-orang Iman, maka tidak ada satupun yang dapat menghalanginya. Contohnya seperti orang kafir yang saat itu menguasai mekah, mereka semua takluk dengan orang Iman atas izin ALLOH SWT.

Demikian pembahasan tajwid surat An-nashr semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *