Hukum Tajwid Surat An-Nur Ayat 2 Lengkap Dengan Penjelasan dan Isi Kandungan

Diposting pada

Tajwid Surat An-Nur Ayat 2 Lengkap ♦ Assalamualaikum warahmatullohi wabarakatuh, setiap hari kita harus bersyukur terhadap semua nikmat yang telah ALLOH berikan kepada kita semua. Karena dengan nikmat-nikmat tersebut kita bisa merasakan indahnya hidup di dunia.

Pada kesempatan ini kami akan mengulas hukum tajwid di surat An-nur ayat 2. Harapan kami semoga pembahasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca untuk memahami hukum-hukum tajwidnya serta dapat mempraktekannya saat membaca.

Hukum Tajwid Surat An-Nur Ayat 2 Lengkap Dengan Penjelasan

tajwid surat an-nur ayat 2 lengkap

  1. الزَّا : Al-syamsiyah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf za. cara membacanya dimasukan ke huruf za.
  2. وَالزَّا : Al-syamsiyah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf za. cara membacanya dimasukan ke huruf za.
  3. فَاجْلِدُ : Qolqolah sughro, karena ada huruf dal mati di dalam kalimat. Cara membacanya membalik membentuk huruf dal.
  4. وَاحِدٍ مِنْهُمَا : Idgham bighunnah, karena ada kasrahtain bertemu dengan huruf mim. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  5. مِنْهُمَا : Idhar halqi, karena ada tanda nun mati bertemu dengan huruf ha. Cara membacanya adalah jelas di mulut.
  6. كُمْ بِهِمَا : Ikhfa safawi, karena ada huruf mim mati bertemu dengan huruf ba. Cara membacanya mendengung dengan mulut tertutup.
  7. فَةٌ فِي : Ikhfa haqiqi, karena ada nun mati/tanwin bertemu dengan huruf fa. Cara membacanya samar-samar membentuk huruf fa.
  8. ينِ اللَّهِ : Lam tarqiq, karena ada kasrah sebelum lafal اللَّهِ. Cara membacanya tipis.
  9. إِنْ كُنْتُمْ : Ikhfa haqiqi, karena ada nun mati/tanwin bertemu dengan huruf kaf. Cara membacanya samar-samar membentuk huruf kaf.
  10. كُنْتُمْ : Ikhfa haqiqi, karena ada nun mati/tanwin bertemu dengan huruf ta. Cara membacanya samar-samar membentuk huruf ta.
  11. كُنْتُمْ تُؤ : Idhar safawi, Idhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf ta. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
  12. بِاللَّهِ : Lam tarqiq, karena ada kasrah sebelum lafal اللَّهِ. Cara membacanya tipis.
  13. وَالْيَوْ : Al qomariah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf ya.  Cara membacanya harus terang dan jelas.
  14. الْيَوْمِ : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  15. الْآ : Al qomariah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf alif.  Cara membacanya harus terang dan jelas.
  16. وَلْيَشْهَدْ : Qolqolah sughro, karena ada huruf dal mati di dalam kalimat. Cara membacanya membalik membentuk huruf dal.
  17. ئِفَةٌ مِنَ : Idgham bighunnah, karena ada kasrahtain bertemu dengan huruf mim. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  18. الْمُؤْ : Al qomariah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf mim.  Cara membacanya harus terang dan jelas.
  19. الْمُؤْمِنِينَ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

Isi Kandungan Surat An-Nur Ayat 2

tajwid surat an-nur ayat 2 lengkap

Artinya: “Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus dali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman.”

Beberapa nasihat yang bisa kita resapi dalam surat an-nur ayat 2 di antaranya adalah sebagai berikut;

  1. Orang yang melakukan zina dan belum menikah hukumanya ada di dera 100 x. Maka kita supaya bisa menghindari dan selalu berdoa agar terhindar dari perbuatan keji ini.
  2. Proses penderaan dilakukan dihadapan orang banyak. Hal ini dilakukan untuk menegakan agama ALLOH.
  3. Maka dengan adanya penjelasan tersebut, manusia supaya memahami bahwa zina adalah perbuatan yang dibenci ALLOH serta bagi yang melakukanya akan mendapatkan hukuman yang berat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *