Hukum Tajwid Surat At-Takatsur Lengkap Dengan Penjelasan dan Isi Kandungan

Diposting pada

Hukum Tajwid Surat At-Takatsur Lengkap  Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Pada pembelajaran kali ini kita akan mengulas hukum tajwid yang terdapat dalam surat At-takatsur secara lengkap dari ayat 1 – 8.

Surat at-takatsur merupakan surat ke 102 dalam susunan al-Qu’an, dan juga berada dalam urutan no 16 saat perwahyuan. Arti dari At-Takatsur adalah bermegah-megahan. Surat ini terdiri dari 8 ayat, 28 kata dan 123 huruf. Untuk lebih jelasnya silahkan pahami pembahasnya di bawah ini.

Hukum Tajwid Surat At-Takatsur Lengkap Dengan Penjelasan

Ayat 1 : التَّكَا : Al syamsiah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf TA. Cara membacanya dimasukan ke huruf TA.

Ayat 2 : الْمَقَاب : Al qomariah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf mim.  Cara membacanya harus terang dan jelas.

Ayat 3

  1. سَوْفَ : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf wawu mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  2. تَعْلَمُونَ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

Ayat 4

  1. ثُمَّ : Ghunnah musyaddah, karena ada huruf mim yang bertasydid. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  2. سَوْفَ : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf wawu mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  3. تَعْلَمُونَ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

Ayat 5

  1.  لَوْ : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf wawu mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  2. الْيَقِينِ : Al qomariah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf ya.  Cara membacanya harus terang dan jelas.
  3. الْيَقِينِ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

Ayat 6

  1. لَتَرَ‌وُنَّ : Ghunnah musyaddah, karena ada huruf nun yang bertasydid. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  2. الْجَحِيمَ : Al qomariah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf ya.  Cara membacanya harus terang dan jelas.
  3. الْجَحِيمَ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

Baca juga : tajwid surat al-isra ayat 32 lengkap penjelasan

Ayat 7

  1. ثُمَّ : Ghunnah musyaddah, karena ada huruf mim yang bertasydid. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  2. ‌وُنَّهَا : Ghunnah musyaddah, karena ada huruf nun yang bertasydid. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  3. عَيْنَ : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  4. الْيَقِينِ : Al qomariah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf ya.  Cara membacanya harus terang dan jelas.
  5. الْيَقِينِ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

Ayat 7

  1.  ثُمَّ : Ghunnah musyaddah, karena ada huruf mim yang bertasydid. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  2. َلُنَّ : Ghunnah musyaddah, karena ada huruf mim yang bertasydid. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  3. يَوْ : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  4. ْمَئِذٍ عَنِ : Idhar halqi, karena ada tanda fatkah tein bertemu dengan huruf ain. Cara membacanya adalah jelas di mulut.
  5. النَّعِيمِ : Al syamsiah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf nun. Cara membacanya dimasukan ke huruf nun dan mendengung.
  6. النَّعِيمِ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

Isi Kandungan Surat At-Takatsur

Artinya: “Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, (1)sampai kamu masuk ke dalam kubur. (2) Janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu), (3) dan janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui. (4) Janganlah begitu, jika kamu mengetahui dengan pengetahuan yang yakin,(5) niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahiim, (6) dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan ‘ainul yaqin. (7) kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu). (8)”

Isi Kandungan yang terdapat dalam surat at-takatsur adalah sebagai berikut:

  1. Manusia supaya memahami bahwa kita dihidupkan di dunia ini bukan untuk bermegah-megahan dalam dunia, melainkan untuk ibadah kepada ALLOH SWT.
  2. Manusia supaya memahami bahwa orang yang mementingkan keduniaan sampai lupa kematian, maka dia akan dimasukan ke dalam neraka jahim.
  3. Manusia supaya memahami bahwa setelah mati, dia akan dimintai pertanggung jawabanya dengan nikmat dunia yang telah diberikan.
  4. Manusia supaya memahami bahwa nikmat dunia yang telah diberikan ALLOH SWT ini supaya dimanfaatkan untuk ibadah.