GUGOR GUNONG KERJA BAKTI
Pembuatan Jalan Menuju Masjid

Istilah Gugor Gunung

Diposting pada

Halo sahabat nada313… Gugor gunung, pasti banyak orang yang tak paham dengan kata tersebut. Apalagi anak-anak zaman sekarang pastilah bingung ketika ditanya mengenai artinya. Karena kata itu adalah kata yang biasa digunakan oleh masyarakat desa yang ada di Jawa.

Namun ketika kata itu dijadikan sebuah kalimat, “tadi pagi saya gugor gunung bersama masyarakat desa untuk membuat jalan”. Dengan kalimat itu mungkin ada beberapa yang sudah mulai tau dengan arti kata gugor gunung.

Yaa.. gugor gunung merupakan istilah kerja bakti yang biasa dilakukan oleh masyarakat desa untuk membersihkan jalan, membuat jalan, membuat irigasi dan lain-lain. Kalau di kota biasanya kayak gini udah agak susah ditemui. Namun kalau di desa gugor gunung sering dilakukan oleh masyarakat.

Kegiatan Saya: Gugor Gunung Membuat Jalan

Sebagai orang Jawa yang hidup di Lampung atau biasa disebut dengan jolam (Jowo Lampung) yang hidup di desa harus selalu aktif dalam kegiatan bermasyarakat. Apalagi kalau ada kegiatan gugor gunung atau kerja bakti untuk pembuatan jalan. Ya… sebagai warga yang patuh harus datang dan membaur.

Kegiatan gugor gunung membuat jalan adalah kerja bakti untuk membuat jalan yang dilakukan oleh masyarakat desa. Kegiatan ini merupakan budaya untuk meningkatkan kerjasama yang baik antar warga. Karena adanya kebersamaan ini, dapat membuat kerukunan dan kekompakan antar warga.

Hari jum’at biasanya dijadikan sebagai hari untuk gugor gunung, karena di desa saya ada istilah jum’at bersih. Kebetulan nih… di samping saya ada pembangunan masjid yang agak besar. Nah… karena akses jalan menuju masjid masih kecil, akhirnya pada hari jum’at warga membesarkan jalan itu untuk mempermudah akses menuju masjid.

Saya juga ikut dong… karena sebagai warga yang baik harus selalu ikut dalam kegiatan bermasyarakat. Ya… seperti inilah foto-foto saat para warga sedang gugor gunung…

GUGOR GUNUNG KERJA BAKTI
Sebagian warga melakukan pengurukan masjid

Namun sayangnya kegiatan gugor gunung ini saat ini mulai tenggelam oleh zaman karena banyak generasi muda yang terlalu pasif untuk mengikuti kegiatan ini. Contohnya saja dalam kegiatan ditempat saya ini, mayoritas yang datang adalah para sesepuh atau orang yang sudah tua. Untuk pemudanya jarang sekali yang mengikuti.

Yahh… tak heranlah karena zaman sekarang adalah zaman milenial, menuntut semuanya jadi praktis. Kalau sekarang membuat jalan tinggal pakai alat berat udah jadi. Yang penting ada duit semua pekerjaan selesai. Ya…. mudah-mudahan kebersamaan untuk gugor gunung terus lestari karena kegiatan ini dapat menumbuhkan kerukunan, kekompakan dan kerjasama yang baik.

Sarapan Bareng Warga Terasa Lebih Mantap dan Nikmat

Yang lebih asyik saat gugor gunung itu adalah saat tibanya sarapan untuk di makan bersama-bersama. Ya… karena sarapan bersama ini juga penting, karena untuk mengisi tenaga saat gugor gunung. Satu piring untuk 2 sampai 3 orang jadi sarapan jadi lebih enak, apalagi dengan adanya kopi hitam yang membuat tambah semangat.

GUGOR GUNUNG KERJA BAKTI
Sarapan bareng bersama warga
GUGOR GUNUNG KERJA BAKTI
Ditemani gorengan dan kopi jadi lebih mantap

Ya begitulah kegiatan yang ada di desa kami, karena memang asli keturunan Jawa jadi hampir semua budaya Jawa di bawa ke sini. Tapi seperti yang sudah saya sebutkan di atas, semoga hal ini dapat terus menambah kerukunan, kekompakan dan kerjasama yang baik.

Akhir Kata

Demikianlan tulisan dari saya semoga dapat menjadi inspirasi, walaupun tulisanya tidak sesuai sajak yang benar. Sehingga dipahamipun susah, ya wajarlah saya masih dalam tahap belajar. Untuk itu saya mohon kelonggaranya untuk di maafkan kalau kata-katanya belum pas saat dibaca.

Sebagai seorang penulis pemula, sebenarnya banyak sesuatu yang ingin ditulis dalam blog ini. Namun memang terkadang pikiran dan ketikan itu susah untuk di wujudkan. Semoga terus berkembang, saya mohon maaf, dan saya ucapkan terima kasih!

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *