Ikan Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

5 Jenis Ikan Indonesia Yang Baik di konsumsi  Ibu Hamil

Diposting pada

Ikan Untuk Ibu Hamil ♦ Selama masa kehamilan ibu hamil harus memenuhi semua kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan janin yang sedang dikandungnya. Untuk itu dianjurkan kepada ibu hamil supaya selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. karena makanan yang sehat akan mempengaruhi tumbuh kembang janin yang dikandungnya.

Ada banyak makanan yang bergizi yang dapat dikonsumsi ibu hamil, mulai dari sayur, buah dan daging. Namun tentunya ibu hamil sudah banyak yang tahu mengenai makanan yang sehat dan bergizi untuk dikonsumsi dirinya. Karena tentunya ibu hamil selama masa kehamilan akan terus berkonsultasi kepada dokter atau bidan mengenai makanan yang baik untuk ibu hamil.

Salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil adalah ikan. Ada banyak sekali jenis ikan yang dikonsumsi oleh manusia. Namun untuk ibu hamil juga harus tahu mana saja ikan yang baik dan tidak baik untuk dikonsumsi. Karena faktanya memang ada beberapa ikan yang ternyata tidak baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

Maka pada kesempatan ini akan disampaikan beberapa ikan yang baik dikonsumsi ibu hamil untuk membantu tumbuh kembang janin selama berada di dalam kandungan. Beberapa jenis ikan yang ada pada artikel ini merupakan jenis ikan yang dapat dengan mudah ditemui oleh masyarakat Indonesia. Karena jenis ikan ini memang sering dijual di pasar-pasar ikan.

Baca juga:

Ikan Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Tentunya para ibu hamil sudah tidak sabar apa saja ikan yang baik dikonsumsi untuknya. Tanpa panjang lebar berikut ini beberapa jenis ikan yang baik dikonsumsi ibu hamil. Mohon untuk membacanya sampai akhir;

1. Ikan Teri

Ikan teri bisa dibeli di pasar-pasar Indonesia yang menjual ikan, ikan ini cukup mudah ditemui di kalangan masyarakat Indonesia. Ikan ini mempunyai kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Ikan teri mempunyai kandungan kalasium yang dapat membantu menguatkan tulang ibu hamil dan janin. Ikan teri hampir setara dengan susu yaitu untuk menyeimbangkan kalsium.

2. Ikan Lele

Ikan lele juga cukup mudah ditemui di pasar ikan di Indonesia, karena memang banyak masyarakat Indonesia yang membudidayakan ikan lele ini. Ikan lele mengandung vitamin B12 yang fungsinya untuk mencegah resiko cacat janin dan dapat mengurangi gangguan saat proses persalinan.

3. Ikan Mas

Ikan mas merupakan salah satu ikan favorit yang dikonsumsi masyarakat Indonesia, karena ikan mas mempunyai daging yang cukup tebal. Ikan mas mengandung DHA dan lemak tak jenuh yang fungsinya untuk menjaga kesehatan mata ibu hamil dan janin. Ikan mas juga dapat berfungsi untuk pembentukan otak janin. Ikan mas adalah ikan yang cukup netral untuk dikonsumsi ibu hamil karena tidak mempunyai kandungan mercury.

4. Ikan Gabus

Ikan gabus juga mudah didapatkan di kalangan masyarakat Indonesia. harganya juga cukup terjangkau. Adapun manfaat ikan gabus untuk ibu hamil adalah untuk mengangkut nutrisi dan memperbaiki jaringan sel pada tubuh. Karena ikan gabus mempunyai kandungan albumin yang cukup untuk mempercepat tumbuh kembang janin selama 9 bulan berada di dalam perut. Berarti gizi janin tercukupi dengan adanya albumin yang dibutuhkan.

5. Ikan Patin

Ikan patin juga menjadi ikan yang mudah di temui di Indonesia, karena juga banyak masyarakat yang membudidayakan ikan ini. Ikan patin juga punya manfaat yang banyak untuk ibu hamil seperti mencegah bayi lahir premature, mencegah darah tinggi pada ibu hamil dan meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil dan janin. Ikan patin mempunyai kandungan vitamin C, DHA, dan gizi yang cukup untuk ibu hamil dan janin.

Demikianlah beberapa jenis ikan yang bagus untuk ibu hamil konsumsi guna membantu tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan. Ada baiknya saat mengkonsumsi ikan-ikan tersebut ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau bidan yang memeriksa. Agar lebih aman dan terjaga apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan. Terima kasih!

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *