keutamaan membaca doa tertimpa musibah

Keutamaan Membaca Doa Saat Tertimpa Musibah

Diposting pada

Keutamaan Membaca Doa Tertimpa Musibah ♦ Setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti pernah mendapatkan cobaan dan musibah yang dari ALLAH SWT. Karena itu merupakan sebuah ujian bagi manusia itu sendiri, sekuat apa keimanan manusia saat mendapatkan cobaan dan musibah tersebut. apakah manusia tersebut akan mengeluh atau malah bersabar.

Sebagai umat muslim kita musti faham, bahwa ketika ALLAH memberikan cobaan atau musibah kepada hambanya. Berarti ALLAH sayang kepada hamba tersebut, dan perlu diketahui bahwa ALLAH tidak akan memberikan cobaan atau musibah melebihi kemampuan hamba tersebut. Saat orang iman terkena musibah maka ada cara untuk menghadapinya yaitu berdoa dan bersabar. Jika kita bisa melakukanya maka ALLAH akan memberikan keutamaannya.

Membaca Doa Tertimpa Musibah

اِنَّالِلّٰهِ وَاِنَّا اِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ اَلّٰهُمَّ أْجُرْنِيْ فِيْ مُصِيْبَتِيْ وَاَخْلِفْ لِيْ خَيْرًا مِنهَا

Artinya: “Sesungguhnya kami milik ALLAH, dan sesungguhnya kami kembali kepada ALLAH, YA ALLAH berikanlah pahala kepadaku di dalam musibah yang menimpaku dan semoga ENGKAU menggantinya dengan yang lebih baik”.

Musibah adalah sesuatu yang diberikan ALLAH kepada hambanya, dan umumnya musibah dibenci oleh orang-orang. Contoh musibah yang diberikan untuk menguji keimanan manusia, keluarganya meningga, kecelakaan, letusan gunung, tsunami, gempa tanah longsor dan semua kejadian yang dapat menghilangkan harta atau saudaranya.

Keuatamaan Membaca Doa Tertimpa Musibah

Diriwayatkan oleh HR. Muslim:

يَقُوْلُ مَامِنْ عَبْدٍتُصِيْبُهُ مُصِيْبَةٌ فَيَقُوْلُ “اِنَّالِلّٰهِ وَاِنَّا اِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ اَلّٰهُمَّ أْجُرْنِيْ فِيْ مُصِيْبَتِيْ وَاَخْلِفْ لِيْ خَيْرًا مِنهَا” اِلَّا اَجَرَهُ اللهُ فِيْ مُصِيْبَتِهِ وَاَخْلَفَ لَهُ خَيْرًا مِنْهَا، قَلَتْ فَلَمَّا تُوُفِّيَ اَبُوْسَلَمَةَ قُلْتُ كَمَا اَمَرَنِيْ رَسُوْلُ اللهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَاَخْلَفَ اللهُ لِى خَيْرًا مِنْهُ رَسُوْلُ اللهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، رواه مسلم

Artinya: “Nabi bersabd: jika ada hamba yang tertimpa musibah kemudian berdoa, Sesungguhnya kami milik ALLAH, dan sesungguhnya kami kembali kepada ALLAH, YA ALLAH berikanlah pahala kepadaku di dalam musibah yang menimpaku dan semoga ENGKAU menggantinya dengan yang lebih baik. Maka ALLAH akan mengganti sebab musibah dengan sesuatu yang lebih baik. Aku Ummu Salamah berkata: ketika Abu Salamah (suaminya Ummi Salamah), aku Ummu Salamah mengucapkan doa yang diperintahkan Nabi SAW, maka ALLAH menggantinya dengan yang lebih baik, yaitu Nabi Muhammad SAW”.

Jadi ketika seseorang tertimpa musibah kemudian pada ucapan pertamanya langsung mengucapkan doa tersebut. Maka ALLAH akan menggantinya dengan yang lebih baik. Selain itu kita juga harus bersabar dan mendekatkan diri kepada ALLAH SWT. Hingga sampai janji ALLAH datang, dan diteruskan sampai akhir hidup terus beribada dengan sebaik-baiknya.

Terima Kasih, semoga bermanfaat! Ambil yang baik dan tinggalkan yang jelek.

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *