Keutamaan Menjenguk Orang Sakit

Keutamaan Menjenguk Orang Sakit Dalam Islam

Diposting pada

Keutamaan Menjenguk Orang Sakit ♦ Sebagai umat muslim, kita mempunyai kewajiban yang harus dikerjakan ketika ada saudara yang sakit, yaitu menjenguk dan mengunjunginya. Menjenguk orang sakit merupakan perbuatan yang mulia. Hal ini dapat menjadi amal soleh bagi kita untuk mendapatkan pahala yang besar dari ALLOH SWT.

Dari segi sosial, ketika ada saudara yang menjenguk keadaanya yang sakit, tentu hal ini akan membuat motivasi pada orang yang sakit agar dapat semangat dalam menghadapi penyakitnya. Dan bagi orang yang menjenguk dapat memberikan masukan-masukan yang positif berupa nasihat agar orang yang sakit tersebut dapat sabar dan tabah dalam menerima qodar ALLOH SWT.

Keutamaan Menjenguk Orang Sakit

Pada kesempatan ini saya akan menuliskan hadis yang menjelaskan tentang keutamaan apa yang didapatkan apabila kita menjenguk orang yang sakit. Perhatikan hadis di bawah ini:

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم اِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ يَقُوْلُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يَاابْنَ اٰدَمَ مَرِضْتُ فَلَمْ تَعُدْنِى قَالَ يَارَبِّ كَيْفَ أَعُوْدُكَ وَأَنْتَ رَبُّ الْعَالَمِيْنَ قَالَ أَمَاعَلِمْتَ أَنَّ عَبْدِى فُلَانًا مَرِضَ فَلَمْ تَعُدْهُ اَمَا عَلِمْتَ أَنَّكَ لَوْعُدْتَهُ لَوَجَدْتَنِى عِنْدَهُ….الحديث، رواه مسلم

Artinya: “Nabi bersabda: sesungguhnya ALLOH yang maha mulya dan maha agung akan berfirman pada hari kiamat: wahai anak turun Adam, aku dulu sakit, kenapa kalian tidak menjenguk aku? Anak turun Adam menjawab: ya ALLOH, bagaimana mungkin aku bisa menjenguk-Mu sedangkan Engkau adalah Tuhan Semesta Alam? ALLOH berfirman: wahai anak turun Adam, apakah kalian tidak tahu ketika hamba-Ku yang bernama fulan sedang sakit kalian tidak mau menjenguknya. Ketahuilah seandainya kalian mau menjenguknya kalian pasti akan berjumpa AKU di sisinya (akan mendapatkan pahala dan kemulyaan)…dst”. (H.R Muslim)

Dari penjelasan hadis di atas dapat disimpulkan bahwa menjenguk orang sakit hukumnya wajib. Karena ALLOH sendiri yang akan mempertanyakan pada hambanya yang tidak mau menjenguk saudaranya yang sakit besok pada hari kiamat. Selain itu, timbal baliknya bagi kita adalah kita akan mendapatkan pahala yang besar dari ALLOH SWT.

Bahkan dalam riwayat yang lain dijelaskan bahwa ketika ada orang yang menjenguk orang atau saudaranya yang sakit. Seakan-akan orang tersebut sedang jalan-jalan di taman surga. Pada intinya, mari kita saling peduli dengan sesama terutama kepada saudara muslim yang terkena sakit. Dan semoga kita selalu diberikan kesehatan dan umur panjang yang barokah… Aminnn

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *