Keutamaan Solat Jenazah dan Mengantar Jenazah

Apa Keutamaan Solat Jenazah dan Mengantar Jenazah ke Kuburan?

Diposting pada

Keutamaan Solat Jenazah dan Mengantar Jenazah ♦ Berdasarkan penjelasan hadist di bawah ini:

قَالَ رَسُوْلُ الله صلى الله عليه وسلم اِنَّ اَخَاكُمْ قَدْ مَاتَ فَقُوْمُوْا فَصَلُّوْ اعَلَيْهِ، رواه النسائى

Artinya: “Nabi bersabda: sesungguhnya saudara laki-laki kalian (raja Najasi) telah meninggal, maka berdirilah dan mensolatilah kalian untuknya”. (H.R Nasa’i).

Dari penjelasan hadis di atas, kita sebagai umat Islam disunahkan untuk dapat mensolati jenazah saudaranya yang meninggal dunia. Seperti yang telah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya saat raja Najasi meninggal dunia. Pada waktu itu raja Najasi adalah orang Nasroni kemudian saat diutusnya Nabi Muhammad sebagai rasul, beliau masuk Islam.

Solat Jenazah dan Mengantar Jenazah

Sebagai orang Islam ketika ada saudaranya meninggal dunia, maka kita yang hidup harus mengurusi jenazahnya sampai selesai. Mulai dari proses memandikan, mengafani, mensolati dan memakamkanya. Mengurusi jenazah hukumnya fardhu kifayah, yaitu wajib dilakukan, namun jika ada yang mewakili itu sudah menggugurkan kewajiban tersebut.

Sesuai pembahasan, yaitu tentang mensolati jenazah dan mengantarkan jenazah ke kuburan. kita sebagai umat Islam supaya dapat mengerti, bahwa pada dua amalan tersebut mempunyai keutamaan yang sangat banyak saat dilakukan. Apa keutamaan yang didapatkan saat kita bisa ikut mensolati jenazah dan mengantarkan jenazahnya ke kuburan? pada kesempatan ini kami akan memberikan penjelasanya.

Keutamaan Solat Jenazah dan Mengantarkan Jenazah ke Kuburan

Menurut H.R Muslim sebagai berikut:

عَنِ النَّبِى ضلى الله عليه وسلم قَالَ مَنْ صَلَّى عَلَى جَنَازَةٍ وَلَمْ يَتْبَعْهَا فَلَهُ قِيْرَاطٌ فَاِنْ تَبِعَهَا فَلَهُ قِيْرَاطَانِ قِيْلَ وَمَا الْقَيْرَاطَانِ قَالَ اَصْغَرُ هُمَا مِثْلُ اَحَدٌ، رواه مسلم

Artinya: “dari Nabi SAW, Nabi bersabda: barang siapa yang mensolati jenazah, dan tidak mengikuti jenazah maka dia mendapatkan pahala 1 qirat. Maka jika dia mengikuti pada jenazah, maka dia mendapatkan pahala 2 qirat. Dikatakan: apakah 2 qirat itu? Nabi bersabda: 1 qirat semisal gunung Uhud”. (H.R Muslim)

Dari penjelasan riwayat hadis di atas, keutamaan solat jenazah dan mengatar jenazah keutamaanya adalah mendapatkan pahala 2 qirat. Yang gambaranya 1 qirat itu seperti besarnya gunung Uhud. Maksud gunung Uhud sebagai gambaran adalah mendapatkan pahala yang sangat besar dari ALLOH SWT.

Jadi setelah memahami penjelasan hadist di atas, usahakanlah untuk dapat mengerjakan 2 amalan tersebut, karean sangat bermanfaat bagi yang mengerjakan dan juga jenazahnya. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat, mari kita terus mencari ilmu yang bermanfaat untuk bekal beribadah kepada ALLO SWT. Terima kasih!

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *