Larangan Memakai Emas dan Kain Sutra Bagi Laki-laki

Hukum Larangan Memakai Emas dan Kain Sutra Bagi Laki-laki

Diposting pada

Larangan Memakai Emas dan Sutra Bagi Laki-laki ♦ Salah satu alasan mengapa ALLOH SWT melarang kaum laki-laki memakai emas dan kain sutra. Adalah karena emas dan sutra merupakan  perhiasan dan pakaianya ahli surga. Jika di dunia ketika laki-laki memakai emas maka akan terlihat seperti orang yang berlebihan dan feminim yang menyerupai perempuan.

Namun sepertinya larangan ini belum banyak diketahui oleh kebanyakan orang, karena masih ada beberapa orang yang masih memakai emas dan sutra. Bahkan ada ancaman bagi laki-laki yang memakai emas dan sutra ketika di dunia, saat di akhirat maka dia tidak akan diberi emas dan sutra yang menjadi perhiasan dan pakaian ahli surga.

Larangan Memakai Emas dan Sutra

Sebagai umat muslim yang taat tentunya kita bisa bertawaqal menyikapi hukum tersebut. Karena merupakan larangan yang harus di taati. Karena jika itu dilanggar pasti ada akibat yang harus ditanggungnya. Mungkin saat di dunianya bisa menghindari peringatan yang diberikan ALLOH SWT, namun saat dia mati apakah dia mampu menghindari ancaman ALLOH SWT? Jawabanya tentu tidak akan bisa menghindari.

Terkusus untuk sutra ada suatu riwayat hadis yang menjelaskan bahwa laki-laki boleh menggunakan kain sutra dengan ukuran maksimal satu jari. Namun untuk emas laki-laki mutlaq tidak boleh menggunakannya. Sebagai bentuk ketaatan kita kepada ALLOH SWT, sebaiknya kita bisa memahami dan mempraktekan hukum tersebut, agar kita merasa tenang.

Hukum Larangan Memakai Emas dan Sutra Bagi Laki-laki

Perhatikan penjelasan riwayat hadis di bawah ini:

اَنَّ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ حُرِّمَ لِباسُ الْحَرِيْرِ وَالذَّهَبِ عَلَى ذُكُوْرِ اُمَّتِى وَاُحِلَّ لِإِنَاثِهِمْ، رواه الترمذى

Artinya: “Sesungguhnya Rosululloh SAW bersabda: pakaian yang terbuat dari sutra dan perhiasan emas diharamkan untuk laki-laki dari umatku dan dihalalkan untuk perempuan. (H.R Tirmidzi)

يَقُوْلُ لَيَكُوْ نَنَّ مِنْ اُمَّتِى أَقْوَامٌ يَسْتَحِلُّوْنَ الْحِرَ وَالْحَرِيْرَ وَالْخَمْرَ وَالْمَعَازِفَ…الحديث، رواه البخارى

Artinya: “Nabi bersabda aka nada dari umatku beberapa qoum yang menghalalkan perbuatan zina dan menhalalkan kain sutra untuk laki-laki dan menghalalkan arak, dan menghalalkan alat-alat lahan yang ditiup… (H.R Buchori)

Setelah mentelaah penjelasan hadis di atas bahwa memang laki-laki dilarang memakai emas dan kain sutra. Semoga kita termasuk orang yang bisa mentaati hukum tersebut, dan bagi yang belum semoga ALLOH memberikan kesadaran kepada orang tersebut. sehingga bisa sama-sama dapat mentaati semua peraturan ALLOH dengan sebaik-baiknya. Terima kasih.

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *