Mad Wajib Muttashil dalam Al-qur'an

Contoh Mad Wajib Muttasil di Dalam Al-Qur’an Surat Al-Fatah

Diposting pada

Mad Wajib Muttashil di Dalam Al-Qur’an – Dalam membaca Al-quran agar sesuai dengan bacaan yang benar, kita juga harus belajar untuk memahami ilmu tajwid agar bacaan qur’an kita sesuai dengan bacaan yang benar. Maksud dari bacaan yang benar adalah sesuai dengan panjang pendeknya. Dan ilmu tajwid yang membahas mengenai panjang pendek adalah hukum mad.

Pada artikel sebelumnya saya sudah memberikan penjelasan mengenai hukum mad thabi’i. Sebelum mempelajari hukum mad yang lainya sebaiknya kita pelajari dulu dengan jelas mengenai hukum mad thabi’i. Karena hukum mad terbagi menjadi beberapa jenis dan mad thabi’I merupakan syarat untuk memahami hukum mad yang lainya. Untuk dapat memahami hukum mad thabi’I kalian dapat membaca artikel : Contoh dan Penjelasan mad thabi’I di surat An-nas.

Surat An-Nasr

Surat Al-Nasr merupakan bagian surat Al-qur’an yang terdapat dalam juz 30. Didalam surat Al-Nasr ada 3 ayat. Penjelasan singkatnya bahwa ayat ini menerangkan tentang kemenagaan umat Islam terhadap orang kafir mekah dalam merebut kota mekah. Berikut ini bacaan surat An-Nasr beserta artinya.

Surat Al-Fatah dan artinya:

إِذَا جَآءَ نَصۡرُ ٱللَّهِ وَٱلۡفَتۡحُ (١)  وَرَأَيۡتَ ٱلنَّاسَ يَدۡخُلُونَ فِي دِينِ ٱللَّهِ أَفۡوَاجٗا( ٢)  فَسَبِّحۡ بِحَمۡدِ رَبِّكَ وَٱسۡتَغۡفِرۡهُۚ إِنَّهُۥ كَانَ تَوَّابَۢا (٣

(1) Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan. (2) dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong. (3) maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat

Penjelasan Hukum Mad Wajib Mutthasil di Dalam Surat An-Nasr

Seperti yang saya sudah katakana di awal sebelum mempelajari hukum mad wajib muttashil, kamu harus memahami hukum mad thbi’I terlebih dahulu agar tidak gagal faham. Karena penjelasan mad wajib muttashil hubunganya erat dengan mad thabi’i.  Bagaimana? Apakah kalian sudah memahami mengenai mad thabi’I jika sudah perhatikan penjelasanya.

Mad wajib muttashil artinya memanjangkan dengan wajib dan bersambung. Arti itu dari pemahaman saya dan bila di ambil kesimpulan, mad wajib muttashil adalah bacaan yang wajib dibaca panjang dengan cara bersambung. Jadi hukum bacaan dari mad wajib muttashil adalah wajib dipanjangkan sesuai ketentuan pada hukumnya.

Cara Mencari Hukum Mad Wajib Muttashil Beserta Contohnya

Cara mencarinya yaitu “apabila ada Mad thabi’I bertemu dengan huruf hamzah [ ء ] dalam satu kalimat atau kata, maka hukum bacaanya disebut mad wajib muttashil”. Dan cara membacanya wajib panjang sepanjang 5 harakat atau 5 x ketukan untuk menadai. Agar kamu lebih faham dan mengerti berikut ini ada beberapa contoh mad wajib muttashil yang saya beri warna merah.

  1. سَوَاءً

  2. جِيْءَ

  3. سُوْاءَ

Pada contoh nomor 1 ada mad’thabi’I (fatkhah bertemu alif) bertemu dengan huruf hamzah dalam satu kata. Pada contoh nomor 2 ada mad thabi’I (kasrah bertemu ya sukun) bertemu dengan hamzah dalam satu kata. Dan pada contoh nomor 3 ada mad thabi’I (dhommah bertemu wawu sukun ) bertemu dengan hamzah dalam satu kata. Dan saya rasa contoh itu sudah cukup jelas sekarang kita cari hukum mad thabi’I di surat al-lahab.

Contoh Mad Wajib Muttasil Dalam Surat Al-Lahab

    إِذَا جَآءَ نَصۡرُ ٱللَّهِ وَٱلۡفَتۡحُ (١)  وَرَأَيۡتَ ٱلنَّاسَ يَدۡخُلُونَ فِي دِينِ ٱللَّهِ أَفۡوَاجٗا( ٢)  فَسَبِّحۡ بِحَمۡدِ رَبِّكَ وَٱسۡتَغۡفِرۡهُۚ إِنَّهُۥ كَانَ تَوَّابَۢا (٣

Nah dari hasil pencarian di surat An-Nasr terdapat satu bacaan yang mempunyai hukum mad wajib muttashil. Yaitu berada di ayat 1, dengan bacaan “jaaaa’ a” karena terdapat mad thabi’I (fatkhah bertemu alif) bertemu huruf hamzah. Seperti itulah cara mencari hukum tajwid mad wajib muttashil. Cara ini bisa digunakan untuk mencari disurat yang lain. semoga bermanfaat, saya ucapkan terima kasih.

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *