nasihat bulan ramadhan

Nasihat Bulan Ramadhan dan Implementasinya

Diposting pada

Nasihat Bulan Ramadhan ♦ Sebelum datangnya bulan Ramadhan, banyak sekali umat Islam yang menantikan datangnya bulan ramadhan. Bulan ramadhan merupakan bulan yang special bagi umat Islam. Tentunya banyak dari umat Islam yang sudah bersiap-siap untuk menyambut kedatangan bulan ramadhan. Selain menetapi kewajiban dalam rukun islam yang ke 3 banyak sekali keutamaan yang bisa didapatkan ketikan bulan ramadhan.

Bahkan di Negara Arab Saudi menjelang bulan ramadhan banyak sekali iklan yang bertuliskan “Allahumma ballighna ramadhan” yang dipasang di pinggir-pinggir jalan raya. Iklan tersebut berisi do’a yang mempunyai arti “Ya ALLAH sampaikanlah kami pada bulan ramadhan”. Tujuanya adalah untuk memohon kepada ALLAH SWT supaya dapat menjumpai bulan ramadhan.

Tak jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia do’a “Allahumma ballighna ramadhan” juga banyak terucap dari bibirnya umat Islam da nada pula yang menjadikanya sebagai status di media social. Lalu sekarang pertanyaanya, apa yang harus kita lakukan sebagai umat Islam dalam menghadapi bulan suci ramadhan ini? Jawabnya adalah melakukan amalan-amalan yang mendatangkan pahala.

Amalan di Bulan Ramadhan

Bulan ramdhan adalah bulan suci bagi umat Islam. Bulan ramadhan adalah bulan dimana dibukanya pintu surga dengan selebar-lebarnya, dan ditutupnya pintu neraka serapat-rapatnya. Amalan baik akan dilipat gandakan hingga 700 lipatan bahkan lebih hingga ALLAH SWT saja yang tahu pahalanya. Dan amalan jelekpun juga akan dilipat gandakan kejelekanya.

Penjelasan di atas bisa dijadikan nasihat bagi kita sebagai umat Islam dengan melihat lipatan pahala yang dikerjakan tentunya dapat menambah motivasi kita untuk mengerjakan amalan baik. Hindari amalan jelek karena akan ada lipatan dosa bila masih mengerjakanya. Manfaatkan datangnya bulan ramadhan untuk memborong semua amalan baik agar kita mendapatkan lipatan pahala yang banyak.

Baca juga :

Implemantasi Amalan di Bulan Ramadhan

Pada artikel sebelumnya sudah saya jelaskan mengenai amalan yang harus menjadi target untuk dikerjakan pada bulan ramadhan. Itu adalah salah satu implementasi amalan di bulan ramadhan. Berikut ini beberapa implementasi amalan yang lain untuk menyambut datangnya bulan ramadhan dan semoga bermanfaat:

  1. Bersyukur kepada ALLAH SWT karena masih bisa menjumpai indahnya bulan ramadhan. Itu berarti kita masih diberikan kesempatan untuk menambah pahala dan menghapus dosa.
  2. Kurangi do’a dengan meminta pengampunan kepada ALLAH SWT. Dan tingkatkan amalan baik sebanyak-banyaknya untuk menghapus dosa.
  3. Awalilah semua amalan dengan do’a karena ALLAH SWT akan mempermudah semua kegiatan yang kita lakukan. Dan juga berdo’a kepada ALLAH SWT agar tahun depan dapat berjumpa lagi dengan bulan ramadhan.
  4. Waktunya buat tambah pahala dengan memperbanyak amalan baik.
  5. Ingat hidup hanya sementara, karena belum tentu kita juga dapat menjumpai bulan ramadhan di tahun depan. Maka berdo’alah dengan sebaik-baiknya agar dapat menjumpai bulan ramdahan tahun depan.
  6. Niati datangnya bulan ramadhan untuk ibadah dengan niat karena ALLAH serta mencari pahala dari ALLAH untuk dapat masuk surge-NYA. Selain puasa, ada banyak tambahan amalan yang bisa dikerjakan.

Demikianlah nasihat bulan ramadhan banyak kesalahan dari penulis karena mungkin banyak kata-kata yang menyinggung atau sulit untuk dimengerti. Saya dan keluarga mohon maaf sebanyak-banyaknya. Semoga bermanfaat, dan mari kita berlomba-lomba dalam kebaikan di bulan ramadhan ini jangan sampai berbuat maksiat. Terima kasih!

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *