pembangunan masjid desa

Pembangunan Masjid, masih dalam Tahap Pengurukan

Diposting pada

Halo sahabat nada… Kali ini saya akan membahas mengenai pembangunan masjid yang berada di belakang rumah saya. Karena kebetulan di desa saya sedang ada pembangunan masjid yang ukuranya cukup besar dengan luas sekitar 24 x 20 m persegi.

Penduduk Indonesia mempunyai agama yang berbeda-beda. Dengan perbedaan agama tersebut berarti setiap agama memiliki tempat ibadah yang beragam. Contohnya jika orang Islam ada masjid, orang kristen ada gereja, orang buda ada wihara dan lain-lain. Meskipun banyak perbedaan seperti itu, Indonesia merupakan negara kesatuan yang damai.

Nah… kebetulan di belakang rumah saya saat ini sedang ada pembangunan masjid guna tempat Ibadah umat Islam yang ada di sekitar rumah saya, termasuk saya juga menganut agama Islam. Dengan adanya masjid tersebut harapanya adalah agar umat Islam yang ada di sekitar lingkungan agar lebih tertib dalam melaksanakan ibadah. Dan yang belum mendapatkan hidayah semoga Allah memberikan hidayahnya.

 

Biaya Pembangunan Masjid dari Swadaya Masyarakat

Dalam pembangunan masjid tersebut biayanya didapatkan dari iuran bersama dengan masyarakat sekitar. Karena dengan ukuran masjid 24 x 20 persegi tentu diperlukan biaya yang cukup banyak sekali. Bisa sampai ratusan juta bahkan hampir milyaran. Dalam pembangunan masjid tersebut, panitia tidak membuat kotak amal yang dibuat di jalan. Melainkan panitia selalu memberikan nasihat kepada masyarakat sekitar agar dapat menginfaqkan hartanya sebagian.

Alhamdulillah dengan nasihat tersebut banyak masyarakat yang mau menginfaqkan harta bendanya untuk membantu pembangunan masjid tersebut. Infaq yang diberikan masyarakat untuk pembangunan masjid beragam, ada uang, ada batu pondasi, ada semen, ada besi dan masih banyak yang lainya. Sampai saat inipun masyarakat masih tetap semangat untuk infaq.

 

Proses Pengerja’an Sampai Hari ini

Alhamdulillah proses pengerjaan selama 3 bulan ini terus berlanjut, adapun sampai hari ini, pengerjaan masih dalam tahap pengurukan tanah pondasi. Namun karena terkendala dengan musim hujan sehingganya dalam beberapa hari ini masih ditunda, karena truck yang memuat tanah tidak dapat menjangkau lokasi.

Jika musim hujan sudah agak reda insa Allah pengerjaan akan dilanjutkan kembali untuk pengurukan tanah pondasi. Diperlukan sekitar 120 rit tanah untuk dapat memenuhi pondasi masjid tersebut. Dan alhamdulillah berkat adanya infaq dari salah satu masyarakat yang menginfaqkan tanahnya untuk dikeruk guna memenuhi pondasi masjid.

 

Lokasi Pembangunan Masjid dan Kapan Pengerjaan Akan Rampung

Untuk lokasi pembangunan masjid berada di dusun 4 desa Jojog, kecamatan Pekalongan, kabupaten Lampung Timur, provinsi Lampung. Lokasi masjid memang berada jauh dari jalan lintas atau jalan besar kira-kira sekitar 700 m dari jalan besar. Lokasinya pun juga tidak jauh dari tempat pembibitan di desa Pekalongan. Tepatnya berada di desa Jojog yang terkenal akan kerajinan ulek dan cobek yang terbuat dari batu asli.

Rencananya pembangunan masjid ini akan berlangsung selama 3 tahun, harapanya dalam jangka 3 tahun tersebut masjid sudah benar-benar jadi dengan sempurna. Namun untuk dapat digunakan perkiraan dalam waktu 2 tahun masjid ini sudah dapat digunakan untuk salat berjamaah dan dijadikan untuk kegiatan lainya.

Masjid ini dibangun berkat adanya kerjasama antar pengurus PC dan PAC LDII Pekalongan. Demikian informasi mengenai pembangunan masjid yang sudah berlangsung. Semoga pembangunan masjid diberikan aman selamat lancar dan barokah. Aminn….  Terima kasih!

 

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *