Proses Pembuatan Cobek Asli Batu di Desa Jojog, Provinsi Lampung

Diposting pada

Cobek dan Alu adalah alat dapur yang dikatakan tidak penting tapi juga penting, karena alat ini digunakan untuk mengulek/menghaluskan bumbu-bumbu dapur. Meskipun cobek dan alu adalah alat tradisional, namun di zaman yang modern ini cobek dan alu masih tetap dibutuhkan oleh para ibu-ibu. Meskipun sekarang banyak sekali alat-alat modern seperti blender yang tentunya dapat menghaluskan bumbu dengan lebih halus.

Ternyata dalam proses pembuatanya cukup mudah bagi orang yang sudah ahli. Namun bagi para pemula pekerjaan ini sangatlah sulit. Diperlukan waktu yang cukup lama agar dapat ahli dalam pembuatan alu dan cobek. Nah… kali ini saya akan mencoba menerangkan bagaimana proses pembuatan cobek dan alu ini.

Sejarah Cobek dan Alu di Desa Jojog

Perlu diketahui bahwa cobek dan alu ini adalah buatan dusun empat desa Jojog kecamatan Pekalongan. Cobek dan alu buatan dusun empat desa Jojog asli terbuat dari batu. Karena ada juga cobek dan ulek yang terbuat dari semen atau tanah. Dari segi kualitas jika dibandingkan cobek dan alu yang terbuat dari batu akan lebih awet dibandingkan dengan cobek dan kayu yang terbuat dari semen atau kayu.

Cobek dan alu buatan dusun empat desa Jojog ini adalah satu-satunya cobek dan alu yang terbuat dari batu asli dari seluruh wilayah Lampung. Pada awal-awalnya pembuatan cobek dan alu buatan dusun empat desa Jojog ini menggunakan pahat dan palu. Pahat dan palu adalah senjata utama yang digunakan untuk melubangi batu-batu. Batu-batu yang awalnya gelondongan besar dipalu sampai menjadi bagian kotak-kotak yang siap dibuat cobek dan alu.

Dan pada akhir-akhir ini pahat mulai ditinggalkan, karena para pembuat cobek dan alu buatan dusun empat desa jojog lebih dimudahkan dengan adanya gerinda. Disamping lebih mudah dengan gerinda hasil yang didapat menjadi lebih banyak.

Cara Membuat Cobek

Langsung saja untuk proses pembuatanya, pertama-tama batu yang awalnya belum terbentuk dipukul-pukul menggunakan palu sampai menjadi bentuk kotak-kotak seperti kotaknya cobek. Setelah selesai terbentuk, batu yang berbentuk kotak tadi dilubangi dengan menggunakan gerinda yang matanya dimiringkan ditekan sampai mata gerinda tersebut tertancak di batu tadi. Ulangi sperti itu sampai batu itu berlubang dengan rata menyisakan kira-kira 1 cm dari pinggir.

Setelah itu haluskan bagian dalam dari cobek tadi menggunakan gerinda dengan memiringkan mata gerinda kemudian digerakan maju mundur sampai terasa halus. Setelah bagian dalam sudah mulai halus, dlianjutkan pada bagian luar cobek. Untuk bagian luar, proses penggerindaanya supaya tidak terlalu halus agar tidak licin karena fungsinya untuk pegangan ketika diangkat. dan setelah itu jadilah cobek tersebut. Biar lebih jelas lihat videonya berikut ini.

Sepertinya memang mudah, tapi proses tersebut sangatlah sulit, rata-rata para pekerja pembuat cobek di dusun empat desa Jojog mampu menghasilkan 1 kodi cobek. Dengan bayaran bervariasi, melihat besar kecilnya cobek yang dibuat.

Demikianlah proses pembuatan cobek asli batu dari desa jojog. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca, Terima kasih!

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *