ijab qobul adalah ucapan janjinya seorang laki-laki kepada perempuan yang dicintai melalui restu seorang wali. Wali yang dimaksud bisa langsung ayah dari mempelai pria atau bila tidak ada bisa diwakilkan dengan kerabat dari perempuan.

Rangkaian Ijab Qobul Dalam Sebuah Pernikahan

Diposting pada

Halo sahabat nada313... Pernikahan merupakan suatu peristiwa yang sakral yang kan dilalui setiap manusia yang normal. Karena dalam pernikahan terdapat janji yang diucapkan oleh seorang laki-laki kepada perempuan, begitu juga sebaliknya. Salah satu janji yang diucapkan adalah saling mencintai dan menyayangi diantara keduanya.

Pandangan Nada313 Mengenai Pengertian Ijab Qobul

Sebagai seorang muslim janji pernikahan tersebut tersirat dalam ucapan ijab qabul. Menurut pemahaman saya sendiri ijab qobul adalah ucapan janjinya seorang laki-laki kepada perempuan yang dicintai melalui restu seorang wali. Wali yang dimaksud bisa langsung ayah dari mempelai pria atau bila tidak ada bisa diwakilkan dengan kerabat dari perempuan.

Proses pengucapan ijab qobul dipandu langsung oleh seorang petugas dari kantor KUA yang biasa disebut penghulu. Selain memandu proses ijab qobul, segala sesuatunya mengenai administrasi pernikahan dicatat oleh seorang penghulu. Karen untuk tercatat dalam kantor KUA bahwa kedua mempelai telah bestatus sebagai seorang suami istri.

Perlu diketahui juga dalam proses pengucapan ijab qobul ada beberapa proses yang harus dilakukan. Proses tersebut dilakukan steb by steb agar acara ijab qobul dapat menjadi acara yang sakral. Dipandu seorang penghulu, acara ijab qobul diawali dengan muqodimah dan diakhiri dengan doa yang baik kepada kedua mempelai agar menjadi keluarga yang sakinah, mawadah warahmah.

Rangkaian Ijab Qobul Yang Harus Dilakukan Saat Pernikahan

  1. Muqodimah

Muqodimah adalah kata-kata baik yang diucapkan saat membuka sebuah acara yang diawali dengan salam. Kata yang diucapkan berisi ucapan syukur ﷲ dan sanjungan kepada nabi ﷺ ﷴ  serta doa-doa agar acara tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar. umumnya muqodimah yang diucapkan menggunakan bahasa arab.

  1. Mengucapkan Syahadat dan Istighfar

Pengucapan syahadat itu sangat penting. Sebagai seorang muslim wajib hukumnya dapat mengucapkan syahadat. Karena ada juga ternyata meskipun didalam biodata tertulis muslim namun tidak bisa mengucapkan. Syahadat adalah sebagai kalimat persaksian bahwa tiada tuhan selain ﷲ dan ﷴ adalah utusan ﷲ. Sebelum syahadat diharuskan mengucapkan istighfar sebanyak 2x. Biasanya nanti dipandu oleh penghulu.

  1. Pengucapan Ijab Qobul

Ada baiknya sebelum mengucapkan ijab qobul diawali latihan terlebih dahulu. Agar tidak terlalu terbata-bata saat mengucapkanya. Contoh pengucpan ijab qobul: “saya terima nikahnya ….. binti….. dengan mas kawin tersebut”. Itu adalah contoh singkat pengucapan ijab qobul yang pendek namun itu sudah dianggap sebagai ijab qobul yang sah.

  1. Do,a Nikah

Do’a nikah di imami oleh penghulu yang menikahkan kedua mempelai, setelah proses ijab qobul sudah di anggap sah. Contoh do’a nikah yang dituliskan dalam tulisan abjad; “Barokallohu laka wabaroka alaika wajama’a bainakuma fill khoiir”.

  1. Pengucapan Sighat Taklik

Sighat taklik bisa dikatakan janji seorang laki-laki kepada istrinya untuk terus dapat menyayangi istrinya selama masih hidup. Dan untuk lebih jelas dapat dibaca di buku nikah yang diberikan kepada kedua mempelai. Sighat taklik diucapkan dengan keras dihadapan wanita dan penghulu agar dapat menjadi saksi dari ucapan janji sang pria.

  1. Khutbah Nikah

Khutbah nikah disampaikan oleh penghulu atau juga PPN setempat yang berisi nasihat-nasihat berumah tangga. Khutbah nikah boleh disampaikan dan juga boleh tidak disampaikan. Karena keputusan ada pada penghulu yang menikahkan kedua mempelai. Namun biasanya jika penghulu tidak ada kepentingan lain tetap akan disampaikan.

  1. Penutup
rangkaian ijab qobul
Penyerahan Mas kawin

Rangkaian acara pernikahan ditutup dengan salam dari penghulu. Sekaligus menetapkan kedua mempelai sudah sebagai seorang suami istri. Dan biasanya pada sesi ini sang laki-laki akan menyerahkan mas kawinnya kepada mempelai wanita. Jika mas kawinya cincin akan langsung dipakaikan ke jari-jari mempelai wanita.

Selesai sudah rangkaian acara ijab qobul dari mulai muqodimah sampai penutup. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca semuanya. Serta saya doakan bagi yang belum menikah dapat memperoleh jodoh yang solih dan solihat. Dan bagi yang sudah menikah semoga keluarganya menjadi keluarga yang sakinah mawadah warahmah. Aminn!

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *