kali pasir

Sensasi Naik Perahu Getek di Kali Pasir Lampung Timur

Diposting pada

Halo sahabat nada… Anda pernah ke Lampung Timur? Jika pernah pasti anda sudah pernah datang ke salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di Indonesia, yaitu Way Kambas. Way Kambas adalah tempat wisata yang paling terkenal di Lampung karena di tempat itu ada hewan yang dilindungi nama hewanya adalah gajah. Gajah menjadi ikon di provinsi Lampung.

Di Lampung masih banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik dan unik, dan kebetulan saya tinggal di Lampung, tepatnya di kabupaten Lampung Timur. Mungkin diantara kalian semua pasti ada yang merasa ngeri mendengar daerah Lampung Timur. Karena Lampung Timur juga agak terkenal dengan kerawananya dalam masalah keamanan, contohnya begal. Pastinya kalian juga sering mendengar tentang begal di Lampung yang begitu rawan.

Di Lampung Timur ada sebuah desa yang cukup unik. Sebenarnya desa ini biasa saja, namun karena lokasinya yang cukup terpencil kita harus menggunakan perahu kecil atau getek untuk menjangkau desa tersebut. Nama desanya bernama desa Kali Pasir, berada di kecamatan Way Bungur, kabupaten Lampung Timur, provinsi Lampung.

Desa Kali Pasir berada dipaling pinggirnya wilayah kecamatan Way Bungur. Desa Kali Pasir juga terpisahkan dengan sungai yang cukup besar. Jadi, jika ingin mengunjungi desa ini anda harus menyebrangi sungai tersebut. Sungainya cukup besar lebarnya sekitar 10 m, namun ketika terjadi banjir sungainya lebarnya bertambah menjadi 30 m.

Di penyebrangan menuju ke desa Kali Pasir sebenarnya sudah ada rencana pembangunan jembatan, namun karena masyarakat sekitar tidak setuju dengan pembangunan jembatan akhirnya jembatan tidak jadi di bangun. Hal itu dikarenakan jika ada jembatan maka akan mengurangi pendapatan masyarakat sekitar. Alasanya karena masyarakat sekitar menyediakan jasa penyebrangan dengan menggunakan perahu getek.

Perahu getek tersebut dapat memuat sekitar 10-15 motor dengan jumlah orang 20 penumpang. Nah setiap hari perahu getek ini selalu meyebrangkan orang-orang yang ada di Kali Pasir atau orang yang akan menuju ke Kali Pasir. Dari pagi sampai malam perahu getek selalu siap untuk menyebrangkan orang yang akan bekerja atau anak-anak sekolah.

Untuk menyebrang dengan menggunakan perahu getek anda harus menyiapkan ongkos yang harus dibayarkan kepada penyedia perahu getek. Untuk itu anda harus mengerti berapakah ongkos yang harus dibayarkan. Dan apakah ada perbedaan di waktu-waktu tertentu atau perbedaan antara dewasa dan anak sekolah, berikut rincianya.

 

Ongkos Penyebrangan Menuju ke Kali Pasir

Jika sungai tidak banjir

  • Rp 10.000 untuk dewasa (pulang pergi)
  • Rp 7.000 untuk anak sekolah (pulang pergi)

Jika sungai banjir

  • Rp 15.000 – Rp 20.000 untuk dewasa (pulang pergi)
  • Rp 10.000 – Rp 15.000 untuk anak sekolah (pulang pergi)

 

Lokasi Penyebrangan

Nama tempat penyebrangan biasa disebut Pelabuhan Kudus. Penyebrangan ini menghubungkan antara desa Tanjung Tirto dan Kali Pasir kecamatan Way Bungur kabupaten Lampung Timur. Jika dari lintas timur masuk kedalam menuju ke desa Tanjung Tirto sekitar 8 km untuk sampai pelabuhan kudus.

Yang menarik di Kali Pasir adalah mayoritas masyarakatnya adalah sebagai nelayan di sungai, dan ada juga yang menjadi petani dan pedagang. Karena sungainya yang besar, maka banyak para pemancing berdatangan untuk memancing di sungai itu . Jika menjumpai musim-musim tertentu banyak sekali para pemancing dan pencari ikan yang datang dari berbagai daerah di Lampung Timur, karena ikanya memang cukup banyak.

Sekian dari saya semoga informasi ini bermanfaat, Terima kasih!

 

 

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *