Syarat dan Ketentuan Membeli Motor Baru di Daeler

Diposting pada

Halo sahabat nada… Motor merupakan salah satu alat transformasi yang sangat dibutuhkan bagi masyarakat. Motor juga merupakan alat transformasi masa kini yang lebih efektif dan efisien karena lebih dapat mengurangi kemacetan di jalan untuk yang berada di kota-kota besar. Harganya yang terjangkau bagi masyarakat membuat hampir semua orang memiliki kendaraan tersebut.

Tak heran jika setiap tahunya, semua pabrikan motor yang ada di Indonesia selalu mengeluarkan model-model terbaru. Ada beberapa pabrikan motor asal Jepang  di Indonesia yang sudah sangat populer di masyarakat, seperti HONDA, YAMAHA, dan SUZUKI. Sebelumnya, sekitaran tahun 2008 sampai dengan tahun 2013 ada pabrikan motor asal Cina yang sempat meramaikan merek-merek motor di Indonesia. Namun karena kualitasnya yang kurang baik pabrikan asal nagri bambu tersebut kini hilang.

Dengan seringnya berganti model tersebut, sebagian orang banyak yang ingin membeli model-model terbaru dari motor tersebut meskipun sebenarnya di rumah sudah memiliki motor. Bahkan ada sebagian orang yang menjual motor lamanya kemudian uangnya digunakan untuk membeli motor model terbaru.

Bagaimana  Cara Membeli Motor Model Terbaru?

Untuk membeli motor model terbaru caranya cukup mudah, jika kita sudah memiliki incaran motor yang diinginkan prosesnya tak sampai 2 jam. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan saat akan membeli motor terbaru;

Datanglah ke daeler motor terdekat sesuai merek motor yang diinginkan, kemudian datang menemui customer service yang sedang berjaga. Lalu ungkapkan bahwa anda ingin membeli motor, setelah itu, customer service akan menanyakan motor apa yang anda akan beli. Jika sudah menentukan biasanya anda akan di ajak untuk masuk kegudang tempat penyimpanan motornya, dan anda disuruh memilih motor yang anda inginkan.

Di gudang banyak sekali model-model motor keluaran terbaru, silahkan anda pilih dan tanya-tanya kepada customer service yang mendampingi.  Jika sebelumnya anda belum menetukan pilihan motor model apa yang anda akan beli, mungkin proses pemilihan ini yang cukup lama karena bingung melihat motor-motor baru yang terpampang (sesuai pengalaman).

Jika sudah selesai memilih, anda akan dimintai fotocopy KTP untuk proses kepemilikan motor baru anda. Langkah selanjutnya adalah pembayaran. Silahkan anda lakukan pembayaran di meja kasir sesuai dengan harga motornya.

Bagaimana Proses Pembayaranya? Apakah harus Kontan?

Untuk pembayaran pembelian motor baru biasanya di daeler-daeler yang saya ketahui itu menyediakan motor yang dijual dengan pembayaran kontan dan motor yang dijual dengan pembayaran kredit. Namun untuk pembayaran kredit daeler bekerja sama dengan pihak ketiga seperti lesing dll.

Untuk pembayaran motor saya sarankan anda supaya membeli motor dengan cara kontan karena lebih terhindar dari RIBA.

Perlengkapan Apa saja yang Didapatkan Saat Membeli Motor Baru?

Saat membeli motor baru biasanya anda akan mendapatkan helm dan jaket sebagai hadiah dari pembelianya. Namun tidak semua pembelian motor baru yang mendapatkan helm dan jaket karena ada juga membeli motor baru tapi tidak mendapatkanya.

Dan untuk pembelian motor baru biasanya anda akan diberi surat jalan dari daeler yang menerangkan bahwa motor tersebut masih baru atau tahap tes. Namun surat ini tak berlaku jika anda terkena razia Polisi, karena ini hanya sebatas surat jual beli. Sebaiknya anda menghindar jika ada razia atau gabungan Polisi karena jika anda terjaring maka anda kena tilang.

Berapa Lama Proses Keluarnya Surat-surat Motor?

Setiap motor dilengkapi dengan dua surat yaitu BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Saat pembelian motor baru kedua surat tersebut tidak langsung jadi, jika STNK biasanya akan keluar setelah 1 minggu sampai 1 bulan. Dan untuk BPKB cukup lama kurang lebihnya 6 bulan baru keluar.

NB; jika anda sudah memiliki motor kemudian membeli motor baru, usahakan nama kepemilikan antara motor lama dan baru tidak sama. Karena jika sama anda akan terkena denda Progresif.

Kiranya itu informasi yang saya dapatkan, semoga dapat membantu anda jika ingin membeli motor baru. Terima kasih!

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *