tajwid surat al baqarah ayat 36 lengkap

Hukum Tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 36 Lengkap Dengan Penjelasan dan Isi Kandungan

Diposting pada

Tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 36  Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillahirabbil’alamin sampai saat ini kita masih di berikan kesempatan baik untuk berjumpa lagi di blog ini. Dalam blog ini kita akan membahas tentang tajwid lagi. Ketahuilah sesungguhnya orang – orang yang belajar dan mengajarkan AL- qur’an itu adalah orang – orang yang beruntung.

Selain untuk membantu kita dalam mempelajari Al- Qur’an, blog ini akan membantu kita dalam memahami arti dan kandungan yang ada dalam surat al- qur’an. Berikut hukum tajwid surat al- baqarah ayat 36 beserta arti, penjelasan dan kandungannya.

Tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 36 Lengkap Dengan Penjelasan

  1. الشَّيْطَانُ : Al-syamsiyah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf ش. cara membacanya dimasukan ke huruf ش.
  2. عَنْهَا : Idhar halqi, karena ada tanda fatkhahtain bertemu dengan huruf ه. Cara membacanya adalah jelas di mulut
  3. مِمَّا : Ghunnah musyaddah, karena ada huruf nun yang bertasydid. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  4. ۖ فِيهِ :Mad arid lisukun,  karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.
  5. بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ : idhar syafawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf ل. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
  6. لِبَعْضٍ عَدُوٌّ : idhar halqi, karena ada tanda fatkhahtain bertemu dengan huruf ع. Cara membacanya adalah jelas di mulut
  7. وَلَكُمْ فِي : idhar syafawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf ف. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
  8. الْأَرْضِ : al- qomariyah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf ا .  Cara membacanya harus terang dan jelas.
  9. مُسْتَقَرٌّ وَ : Idgham bighunnah, karena ada dhammah tain bertemu dengan huruf و. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  10. وَمَتَاعٌ إِلَىٰ : idhar halqi, karena ada tanda fatkhahtain bertemu dengan huruf ا. Cara membacanya adalah jelas di mulut.
  11. حِينٍ : Mad arid lissukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

Baca Juga : Tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 83 Lengkap Dengan Penjelasan

Isi Kandungan Surat Al-Baqarah Ayat 36

Artinya : “Lalu keduanya digelincirkan oleh syaitan dari surga itu dan dikeluarkan dari keadaan semula dan Kami berfirman: “Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan”.

Dalam surat Al-Baqarah ayat 36 ini ada beberapa nasihat hikmah ALLOH untuk menjadi pedoman kepada orang-orang Islam, di antaranya adalah sebagai berikut;

sebagai orang yang beriman kita harus menjalankan perintah, menjauhi larangan ALLAH SWT serta meyakini cerita – cerita yang ada di Al- Qur’an. kalau kita bisa menjalankan perintah atau menjauhi larangan Allah swt, maka kita akan mendapatkan pahala ataupun hukuman dari Allah swt. Salah satu contoh hukuman akibat melanggar larangan Allah swt, bisa kita lihat ayat al baqarah ayat 36 diatas. Bahwa ketika makhluk Allah melanggar larangan Allah, sekalipun itu seorang Nabi, maka Allah akan tetap memberi hukuman kepadanya.