hukum tajwid surat al-baqarah ayat 83 lengkap dengan penjelasan

Hukum Tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 83 Lengkap Dengan Penjelasan dan Isi Kandungan

Diposting pada

Tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 83 Lengkap  Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah kita masih berjumpa lagi dalam keadaan sehat wal afiat. Pada artikel kali ini kita akan mencari hukum tajwid Al-Qur’an di surat Al-Baqarah Ayat 83.

Sebagai pengetahuan Baqarah artinya adalah sapi, di dalam Al-Quran kata baqarah disebutkan sebanyak 7 kali (5 kali di surat al-baqarah dan 2 kali disurat al-an’am. surat al-baqarah terdiri dari 286 ayat dan termasuk dalam klasifikasi surat madaniyah, atau surat yang diturunkan di Madinah.

Hukum Tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 83 Lengkap Dengan Penjelasan

  1. بَنِيْٓ اِ : Mad jaiz, karena ada huruf mad thabi’i bertemu dengan huruf hamzah di lain kalimat. Cara membacanya panjang seperti mad thabi’i 2 harakat atau 4 harakat.
  2. اِسْرَاۤءِيْلَ : Mad wajib, karena ada huruf mad thabi’i bertemu dengan huruf hamzah dalam satu kalimat. Cara membacanya panjang 5 harakat.
  3. اِلَّا اللّٰهَ : Lam tafkhim, karena ada fatkhah sebelum lafal اللَّهُ. Cara membacanya ditebalkan.
  4. الِدَيْنِ : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  5. اِحْسَانًا وَّ : Idgham bighunnah, karena ada fatkhantain bertemu dengan huruf wawu. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  6. الْقُرْبٰى : Al qomariah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf qof.  Cara membacanya harus terang dan jelas.
  7. وَالْيَتٰمٰى : Al qomariah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf ya.  Cara membacanya harus terang dan jelas.
  8. وَالْمَسٰكِيْنِ : Al qomariah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf mim.  Cara membacanya harus terang dan jelas.
  9. لِلنَّاسِ : Ghunnah musyaddah, karena ada huruf nun yang bertasydid. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  10. حُسْنًا وَّ : Idgham bighunnah, karena ada fatkhantain bertemu dengan huruf wawu. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  11. الصَّلٰوةَ : Al syamsiah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf sot.  Cara membacanya dimasukan.
  12. الزَّكٰوةَۗ : Al syamsiah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf za.  Cara membacanya dimasukan.
  13. ثُمَّ : Ghunnah musyaddah, karena ada huruf mim yang bertasydid. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  14. لَّيْتُمْ : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  15. لَّيْتُمْ اِ : Idhar safawi, Idhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf alif. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
  16. قَلِيْلًا مِّنْكُمْ : Idgham bighunnah, karena ada fatkhantain bertemu dengan huruf mim. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  17.  مِّنْكُمْ : Ikhfa haqiqi, karena ada nun mati/tanwin bertemu dengan huruf kaf . Cara membacanya samar-samar membentuk huruf kaf.
  18.  مِّنْكُمْ وَ : Idhar safawi, Idhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf wawu. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
  19. اَنْتُمْ : Ikhfa haqiqi, karena ada nun mati/tanwin bertemu dengan huruf ta. Cara membacanya samar-samar membentuk huruf ta.
  20. اَنْتُمْ مُّعْرِ : Idgham mimi/mutamasilaen, karena ada huruf mim mati bertemu dengan huruf mim. Cara membacanya didengungkan selama 3 harakat.
  21. مُّعْرِضُوْنَ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

Baca Juga : Tajwid Surat Al-Maidah Ayat 32 Lengkap

Isi Kandungan Surat Al-Baqarah Ayat 83

Artinya; Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil, “Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin. Dan bertuturkatalah yang baik kepada manusia, laksanakanlah salat dan tunaikanlah zakat.” Tetapi kemudian kamu berpaling (mengingkari), kecuali sebagian kecil dari kamu, dan kamu (masih menjadi) pembangkang”.

Ada beberapa perintah yang terdapat dalam ayat ini yang ditujukan untuk seluruh manusia, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. ALLOH perintah kepada manusia untuk menyembah-Nya. Maka manusia supaya menyembah kepada ALLOH.
  2. ALLOH perintah kepada manusia untuk selalu berbuat baik kepada kedua orang tua. Maka mnusia supaya dapat berbuat baik kepada kedua orang tuanya.
  3. ALLOH perintah kepada manusia untuk menyayangi anak yatim. Maka manusia supaya bisa menyayangi anak-anak yatim.
  4. ALLOH perintah kepada manusia untuk mengasihi orang miskin. Maka manusia supaya bisa mengasihi orang-orang miskin, prakteknya dengan tidak pelit kepada mereka.
  5. ALLOH perintah kepada manusia untuk bisa berbicara dengan baik kepada sesamanya. Maka manusia supaya bisa berbicara dengan baik dengan menerapkan papan, empan, adepan.
  6. ALLOH perintah kepada manusia untuk membayar zakat. Maka manusia supaya bisa membayar zakatnya.