hukum tajwid surat al-fiil lengkap dengan penjelasan
hukum tajwid surat al-fiil lengkap dengan penjelasan

Hukum Tajwid Surat Al-Fiil Lengkap Dengan Penjelasan dan Isi Kandungan

Diposting pada

Tajwid Surat Al-Fiil Lengkap ♦ Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Pada kesempatan ini kita akan kembali mempelajari tajwid yang terdapat dalam surat-surat pendek khususnya yang ada pada juz 30 al-Qur’an.

Dan untuk pembahasanya adalah analisis tajwid surat al-fiil secara lengkap. Semoga tulisan ini bisa menambah ilmu kita untuk lebih lancar dalam membaca Al-Qur’an. Sebagai pengetahuan bahwa fiil artinya adalah gajah, ayat ini berada di No 105, jumlah ayat ada 5, jumlah kata ada 27 dan jumlah huruf ada 97.

Hukum Tajwid Surat Al-Fiil Lengkap Dengan Penjelasan

tajwid surat al-fill lengkap

AYAT 1

  1. أَلَمْ تَر : Idhar safawi, Idhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf ta. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
  2. كَيْفَ : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  3. بِ الْفِيل : Al qomariah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf fa.  Cara membacanya harus terang dan jelas.
  4.  الْفِيلِ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

AYAT 2

  1.  أَلَمْ يَجْعَلْ : Idhar safawi, Idhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf ta. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
  2. يَجْعَلْ : Qolqolah sughro, karena ada huruf jim mati di dalam kalimat. Cara membacanya membalik membentuk huruf jim.
  3. كَيْدَ : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  4. هُمْ فِي : Idhar safawi, Idhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf ta. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
  5. تَضْلِيلٍ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

AYAT 3

  1. عَلَيْهِمْ : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  2. عَلَيْهِمْ طَيْر : Idhar safawi, Idhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf to. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
  3. طَيْرً‌ : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  4. طَيْرً‌ا أَ : Idhar halqi, karena ada tanda fatkah tein bertemu dengan huruf alif. Cara membacanya adalah jelas di mulut.
  5. أَبَابِيلَ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

AYAT 4

  1. ‌مِيهِم بِحِجَار : Ikhfa safawi, Idhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf ba. Cara membacanya didengungkan.
  2. َ‌ةٍ مِّن : Idgham bighunnah, karena ada kasrahtain bertemu dengan huruf mim. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  3. مِّن سِجِّيلٍ : Ikhfa haqiqi, karena ada nun mati bertemu dengan hurud sin. Cara membacanya samar-samar membentuk huruf sin.
  4. سِجِّيلٍ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

AYAT 5

  1. فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ : Idhar safawi, Idhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf kaf. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
  2. كَعَصْفٍ مَّأْ : Idgham bighunnah, karena ada kasrahtain bertemu dengan huruf mim. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  3. مَّأْكُولٍ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

Baca Juga : Tajwid Surat Al-Kautsar Lengkap

Isi Kandungan Surat Al-Fiil

tajwid surat al-fill lengkap

Artinya : “Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah?(1) Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Kakbah) itu sia-sia? (2) dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong, (3) yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar, (4)lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat). (5)”.

Ayat ini menjelaskan tentang ceritanya raja Abrahah yang akan menghancurkan ka’bah dengan pasukan gajahnya. Namun dengan kekuasaan ALLOH, pasukan gajahlah yang hancur oleh segerombolan burung yang melemparinya dengan batu kecil dari neraka.

Pelajaran yang kita dapat dari surat al-fiil ini adalah sebagai berikut:

  1. Ka’bah adalah tempat suci yang dilindungi oleh ALLOH SWT.
  2. Siapapun yang menentang kepada ALLOH, Maka orang tersebut akan dihancurkan oleh ALLOH.
  3. Tidak ada yang dapat menandingi kekuatan ALLOH SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *