tajwid surat al hujurat ayat 11 lengkap penjelasan

Hukum Tajwid Surat Al-Hujurat Ayat 11 Lengkap Dengan Penjelasan dan Isi Kandungan

Diposting pada

Tajwid Surat Al-Hujurat Ayat 11 Assalamualaikum warahmatullahi wabaraktuh. Alhamdulillah kita bisa bertemu lagi di blog ini dalam hal yang bermanfaat.  Karena kita akan mempelajari ilmu tajwid kembali, dan tentunya ini akan menjadi pahala bagi kita. Orang yang suka mempelajari Al-Qur’an adalah orang yang beruntung.

Masih dalam situasi pandemi yang belum usai, mudah-mudahan kita selalu diberikan kesehatan dan bisa melewati ujian dari ALLOH SWT ini dengan penuh kebarokahan, Amiin. Pada kesempatan ini kita akan mempelajari hukum tajwid surat Al-Hujurat Ayat 11 Lengkap dengan penjelasanya. Agar para pembaca semua dapat memahami tajwid yang terkandung di dalamnya.

Tajwid Surat Al-Hujurat Ayat 11 Lengkap Dengan Penjelasan

  1. يَا أَيُّهَا : Mad jaiz munfasil, karena ada huruf mad thabi’i bertemu dengan huruf hamzah [ ء ] di lain kalimat. Cara membacanya panjang seperti mad thabi’i 2 harakat atau 4 harakat.
  2. آمَنُوا : Mad badal, Karena ada huruf [ ء ] bertemu dengan huruf mad dalam satu kata. Cara membacanya panjang 2 harakat
  3. قَوْمٌ : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  4. مٌ مِنْ : Idgham bighunnah, karena ada dhammahtain bertemu dengan huruf م. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  5. مِنْ قَوْمٍ : Ikhfa haqiqi, karena ada nun mati/tanwin bertemu dengan huruf ق. Cara membacanya samar-samar membentuk huruf qof.
  6. مٍ عَسَىٰ : Idhar halqi, karena ada tanda fatkhahtain bertemu dengan huruf ع. Cara membacanya adalah jelas di mulut.
  7. عَسَىٰ أَنْ : Mad jaiz munfasil, karena ada huruf mad thabi’i bertemu dengan huruf hamzah [ ء ] di lain kalimat. Cara membacanya panjang seperti mad thabi’i 2 harakat atau 4 harakat.
  8. أَنْ يَكُو : Idgham bighunnah, karena ada nun mati bertemu dengan huruf ي. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  9. خَيْرًا : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  10. خَيْرًا مِنْهُمْ : Idgham bighunnah, karena ada nun mati bertemu dengan huruf م. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  11. مِنْهُمْ : Idghar halqi, karena ada tanda fatkhahtain bertemu dengan huruf ه. Cara membacanya adalah jelas di mulut.
  12. مِنْهُمْ وَ : Idhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf و. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
  13. نِسَاءٌ : Mad wajib muttasil, karena ada Mad thabi’I bertemu dengan huruf hamzah [ ء ] dalam satu kalimat atau kata. Cara membacanya wajib panjang sepanjang 5 harakat atau 5 x ketukan
  14. ءٌ مِنْ : Idgham bighunnah, karena ada dhammah tain bertemu dengan huruf م. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  15. مِنْ نِسَاءٍ : Idgham bighunnah, karena ada nun mati bertemu dengan huruf ن. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  16. ءٍ عَسَىٰ : Idhar halqi, karena ada tanda fatkhahtain bertemu dengan huruf ع. Cara membacanya adalah jelas di mulut.
  17. عَسَىٰ أَنْ : Mad jaiz munfasil, karena ada huruf mad thabi’i bertemu dengan huruf hamzah [ ء ] di lain kalimat. Cara membacanya panjang seperti mad thabi’i 2 harakat atau 4 harakat.
  18. أَنْ يَكُنَّ : Idgham bighunnah, karena ada nun mati bertemu dengan huruf ي. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  19. يَكُنَّ : Ghunnah musyaddah, karena ada huruf nun yang bertasydid. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  20. خَيْرًا : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  21. خَيْرًا مِنْهُنَّ : Idgham bighunnah, karena ada dhammah tain bertemu dengan huruf م. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  22. مِنْهُنَّ : Idhar halqi, karena ada tanda fatkhahtain bertemu dengan huruf ه. Cara membacanya adalah jelas di mulut
  23. مِنْهُنَّ : Ghunnah musyaddah, karena ada huruf nun yang bertasydid. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  24. تَلْمِزُوا أَ : Mad jaiz munfasil, karena ada huruf mad thabi’i bertemu dengan huruf hamzah [ ء ] di lain kalimat. Cara membacanya panjang seperti mad thabi’i 2 harakat atau 4 harakat.
  25. أَنْفُسَكُمْ : Ikhfak haqiqi, karena ada nun mati/tanwin bertemu dengan huruf ف. Cara membacanya samar-samar membentuk huruf fa.
  26. أَنْفُسَكُمْ وَ : Idhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf و. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
  27. بِالْأَلْقَابِ : Mad arid lisukun, Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.
  28. أَلْقَابِ : Qalqalah Kubra, karena ada huruf ب yang berada di akhir kalimat. Cara membacanya membalik membentuk huruf ba dengan lebih jelas
  29. بِئْسَ الِا : Al qomariyah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf ا .  Cara membacanya harus terang dan jelas.
  30. الْفُسُوقُ : Al qomariyah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf ف.  Cara membacanya harus terang dan jelas.
  31. الْإِ : Al qomariyah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf ا .  Cara membacanya harus terang dan jelas.
  32. إِيمَانِ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.
  33. وَمَنْ لَمْ : Idgham billaghunnah, karena ada huruf nun mati/sukun bertemu dengan huruf ل . Cara membacanya masuk dengan tidak mendengung.
  34. لَمْ يَتُبْ : Idhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf ي. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
  35. يَتُبْ : Qalqalah sugra, karena ada huruf ba mati di dalam kalimat. Cara membacanya membalik membentuk huruf ba.
  36. فَأُولَٰئِكَ : Mad wajib muttasil, karena ada Mad thabi’I bertemu dengan huruf hamzah [ ء ] dalam satu kalimat atau kata. Cara membacanya wajib panjang sepanjang 5 harakat atau 5 x ketukan
  37. هُمُ الظَّا : Al syamsiyah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf ظ. cara membacanya dimasukan ke huruf ظ.
  38. الظَّالِمُونَ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

Baca juga : Tajwid Surat Al-Mujadalah Ayat 11 Lengkap

Isi Kandungan Surat Al-Hujurat Ayat 11

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim”.

Dalam surat Al-hujurat ayat 11 ini ada beberapa nasihat larangan dan perintah ALLOH kepada orang-orang Islam, di antaranya adalah sebagai berikut;

  1. ALLOH melarang kita merendahkan orang lain
  2. ALLOH melarang kita menhina orang lain
  3. ALLOH melarang kita menertawakan orang lain, karena bisa jadi orang yang kalian rendahkan, hina, dan tertawakan ternyata lebih baik dari pada kalian.
  4. ALLOH melarang kita memanggil seseorang dengan panggilan yang jelek
  5. ALLOH melarang kita menjadi orang yang fasiq / murtad dari Islam,

Demikian pembahasan tajwid surat al hujurat ayat 11, mudah-mudahan kita bisa mengambil hikmah dari ayat ini.