tajwid surat al hujurat ayat 12 lengkap penjelasan

Hukum Tajwid Surat Al-Hujurat Ayat 12 Lengkap Dengan Penjelasan dan Isi Kandungan

Diposting pada

Tajwid Surat Al-Hujurat Ayat 12  Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Sebagai seorang manusia, kita tidak akan pernah terlepas dari perbuatan dosa. Ada beberapa perbuatan yang terkadang tanpa kita sadari kita telah mengerjakan dosa tersebut. Mungkin dalam prakteknya kita sering berburuk sangka kepada orang lain ataupun membicarakan kejelekan orang lain.

Nah pada kesempatan ini kita akan membahas tajwid surat Al-Hujurat ayat 12 secara lengkap dengan penjelasanya serta isi kandungan ayatnya. Dan ayat terebut secara rinci akan menjelaskan mengenai larangan ALLOH SWT terhadap orang yang sudah di jelaskan di atas.

Tajwid Surat Al-Hujurat Ayat 12 Lengkap Dengan Penjelasan

Berikut ini analisis tajwid surat Al-Hujurat Ayat 12;

  1. يَا أَيُّهَا : Mad jaiz munfashil, karena ada huruf mad thabi’i bertemu dengan huruf hamzah [ ء ] di lain kalimat. Cara membacanya panjang seperti mad thabi’i 2 harakat atau 4 harakat.
  2. آمَنُوا : Mad badal, Karena ada huruf [ ء ] bertemu dengan huruf mad dalam satu kata. Cara membacanya panjang 2 harakat
  3. اجْتَنِبُوا : Qalqalah sughra, karena ada huruf ج yang berada di tengah kalimat. Cara membacanya membalik membentuk huruf ba dengan lebih jelas
  4. كَثِيرًا مِنَ : Idgham bighunnah, karena ada fatkhah tain bertemu dengan huruf م. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  5. مِنَ الظَّنِّ : Al syamsiyah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf ظ. cara membacanya dimasukan ke huruf ظ.
  6. الظَّنِّ : Ghunnah musyaddah, karena ada huruf nun yang bertasydid. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  7. إِنَّ : Ghunnah musyaddah, karena ada huruf nun yang bertasydid. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  8. الظَّنِّ : Al syamsiyah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf ظ. cara membacanya dimasukan ke huruf ظ.
  9. الظَّنِّ : Ghunnah musyaddah, Ghunnah musyaddah, karena ada huruf nun yang bertasydid. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  10. يَغْتَبْ : Qalqalah sughra, karena ada huruf ج yang berada di tengah kalimat. Cara membacanya membalik membentuk huruf ba dengan lebih jelas
  11. بَعْضُكُمْ بَعْضًا : Idhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf ب. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
  12. أَحَدُكُمْ أَ : Idhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf ا . Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
  13. أَنْ يَأْ : Idgham bighunnah, karena ada dhammah tain bertemu dengan huruf م. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  14. مَيْتًا : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf ي mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  15. فَكَرِهْتُمُوهُ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.
  16. وَاتَّقُوا اللَّهَ : Lam tafkhim, karena ada tanda baca dhammah bertemu lafal اللَّهَ. Cara membacanya ditebalkan.
  17. إِنَّ : Ghunnah musyaddah, Ghunnah musyaddah, karena ada huruf nun yang bertasydid. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  18. إِنَّ اللَّهَ : Lam tafkhim, karena ada tanda baca fatkhah bertemu lafal اللَّهَ. Cara membacanya ditebalkan.
  19. تَوَّابٌ رَ : Idgham bilaghunnah, karena ada dhammah tain bertemu dengan huruf ر. Cara membacanya masuk dengan tidak mendengung.
  20. رَحِيمٌ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

Tajwid Surat Al-Hujurat Ayat 11 Lengkap Penjelasanya

Tajwid Surat Al-Hujurat Ayat 13 Lengkap Penjelasanya

Isi Kandungan Surat Al-Hujurat Ayat 12

Artinya; “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang”.

Dalam surat Al-Hujurat ayat 12 tersebut ada beberapa nasihat yang bisa kita renungkan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. ALLOH memerintahkan kita agar menjauhi sifat su’uzon (buruk sangka)
  2. ALLOH melarang kita untuk membicarakan kejelekan orang lain (ngrasani)
  3. Perbuatan buruk sangka dan membicarakan kejelakan orang lain adalah dosa yang terkadang tanpa kita sadari ternyata kita sering melakukan.
  4. Bagi yang melakukan perbuatan tersebut supaya bertaubat kepada ALLOH SWT