hukum tajwid surat al-humazah lengkap

Hukum Tajwid Surat Al-Humazah Lengkap dengan Penjelasan dan Isi Kandungan

Diposting pada

Tajwid Surat Al-Humazah Lengkap Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, alhmadulillah kita hari ini masih diberikan kesehatan oleh ALLOH SWT, mengingat banyaknya orang yang sakit diluaran sana. Apalagi saat ini sedang ada pandemic di seluruh dunia yang membuat semua aktivitas harus dibatasi.

Pada kesempatan ini kita akan belajar tajwid lagi. Dan surat yang akan kita analisis untuk hukum tajwidnya adalah surat al-Humazah. Mudah-mudah pembelajaran tajwid ini bisa menjadi pahala yang bermanfaat untuk kita semua. Dan langsung saja berikut ini analisis tajwidnya lengkap dengan penjelasanya.

                Hukum Tajwid Surat Al-Humazah Lengkap dengan Penjelasan

AYAT 1

  1. وَيْلٌ : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  2. ةٍ لُّمَزَةٍ : Idgham bilaghunnah, karena ada kasrahtain bertemu huruf lam. Cara membacanya masuk dengan tidak mendengung.

AYAT 2

  1. مَالًا وَ : Idgham bighunnah, karenaada fatkhahtain bertemu dengan huruf wawu. Cara membacanya masuk dengan mendengung.

AYAT 3

  1.  أَنَّ : Ghunnah musyaddah, karena ada huruf nun yang bertasydid. Cara membacanya mendengung yang disangatkan.
  2. لَهُ أَ : Mad shilah tawilah, karena ada hak dhamir bertemu dengan hamzah. Cara membacanya panjang seperti mad jaiz.

AYAT 4

  1. لَيُنبَذَ : Iklab, karena ada nun mati bertemu dengan ba. Cara membacanya mendengung membentuk huruf mim.
  2. لَيُنبَذَنَّ : Ghunnah musyaddah, karena ada huruf nun yang bertasydid. Cara membacanya mendengung yang disangatkan.
  3. الْحُطَمَةِ : Al qomariah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf ha.  Cara membacanya harus terang dan jelas.

AYAT 5

  1.  وَمَا أَ : Mad jaiz, karena ada huruf mad thabi’i bertemu dengan huruf hamzah di lain kalimat. Cara membacanya panjang seperti mad thabi’i 2 harakat atau 4 harakat.
  2. أَدْرَ‌ا : Qolqolah sughro, karena ada huruf dal mati di dalam kalimat. Cara membacanya membalik membentuk huruf dal.
  3. الْحُطَمَةُ : Al qomariah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf mim.  Cara membacanya harus terang dan jelas.

Baca Juga : Tajwid Surat Al-Isra Ayat 32 Lengkap

AYAT 6

  1. رُ‌ اللَّـهِ : Lam tafkhim, karena ada dhomah sebelum lafal اللَّهُ. Cara membacanya ditebalkan.
  2. الْمُو : Al qomariah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf mim.  Cara membacanya harus terang dan jelas.

AYAT 7

  1. الْأَفْئِدَةِ : Al qomariah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf alif.  Cara membacanya harus terang dan jelas.

AYAT 8

  1.  إِنَّهَا : Ghunnah musyaddah, karena ada huruf nun yang bertasydid. Cara membacanya mendengung yang disangatkan.
  2. عَلَيْهِم : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  3. عَلَيْهِم مُّؤْ : Idgham mimi/mutamasilaen, karena ada huruf mim mati bertemu dengan huruf mim. Cara membacanya didengungkan selama 3 harakat.

AYAT 9

  1. عَمَدٍ مُّمَدَّدَةٍ : Idgham bighunnah, karenaada fatkhahtain bertemu dengan huruf mim. Cara membacanya masuk dengan mendengung.

Isi Kandungan Surat Al-Humazah

Artinya: “Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela, (1)yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitung,(2) dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengkekalkannya, (3) sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah. (4) Dan tahukah kamu apa Huthamah itu?(5) (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan, (6) yang (membakar) sampai ke hati. (7)Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka, (8)(sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang. (9)”.

Secara umum ayat ini berisi tentang ancaman untuk orang-orang yang suka mengumpulkan harta, tapi lupa dengan hak dan kewajibanya sebagai hamba ALLOH. Jadi ada beberapa poin penting yang disampaikan surat ini kepada manusia diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Orang yang suka menggunjing akan dimasukan kedalam neraka. Maka kita manusia supaya menghindari perbuatan itu serta minta maaf kepada orang yang pernah digunjing.
  2. Orang yang suka dengan keduniaan hingga lupa akhiratnya akan dimasukan kedalam neraka. Maka kita manusia supaya memahami itu dan menomer duakan masalah dunianya.
  3. Orang yang suka melakukan kedua hal di Atas, diancam akan dimasukan kedalam neraka hutamah. Maka kita sebagai manusia supaya menghindari kedua hal jelek tersebut.