tajwid surat al-imran ayat 159

Hukum Tajwid Surat Al-Imran Ayat 159 Lengkap Dengan Penjelasan dan Isi Kandungan

Diposting pada

Tajwid Surat Al-Imran Ayat 159 Lengkap ♦ Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Pada kesempatan ini kita akan membahas hukum tajwid surat al-imran ayat 159. Harapanya tulisan ini dapat digunakan untuk sarana belajar para pembaca guna memahami ilmu tajwid serta dapat mempraktekanya dalam bacaan.

Perlu diingat bahwa hukum tajwid itu sangat penting untuk benar dan tidaknya kita saat membaca al-Qur’an. Jadi bisa disimpulkan bahwa untuk bisa membaca al-Qur’an dengan benar harus mengerti ilmu tajwidnya terlebih dulu. Maka dari itu, mari kita pelajari ilmu tajwid dalam Al-Qur’an!

Hukum Tajwid Surat Al-Imran Ayat 159 Lengkap Dengan Penjelasan

tajwid surat al-imran ayat 159 lengkap

  1. رَحْمَةٍ مِنَ : Idgham bighunnah, karena ada kasrahtain bertemu dengan huruf mim. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  2. مِنَ اللَّهِ : Lam tafkhim, karena ada tanda baca fatkhah sebelum lafal اللَّهِ. Cara membacanya tebal.
  3. لِنْتَ : Ikhfa haqiqi, karena ada nun mati/tanwin bertemu dengan huruf ta. Cara membacanya samar-samar membentuk huruf ta.
  4. وَلَوْ : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf wawu mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  5. كُنْتَ : Ikhfa haqiqi, karena ada nun mati/tanwin bertemu dengan huruf ta. Cara membacanya samar-samar membentuk huruf ta.
  6. فَظًّا غَلِيظَ : Idhar halqi, karena ada tanda fatkhahtain bertemu dengan huruf goin. Cara membacanya adalah jelas di mulut.
  7. الْقَلْبِ : Al qomariah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf qof.  Cara membacanya harus terang dan jelas.
  8. لَانْفَضُّوا : Ikhfa haqiqi, karena ada nun mati/tanwin bertemu dengan huruf fa. Cara membacanya samar-samar membentuk huruf fa.
  9. مِنْ حَوْ : Idhar halqi, karena ada tanda nun mati bertemu dengan huruf ha. Cara membacanya adalah jelas di mulut.
  10. حَوْ : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf wawu mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  11. عَنْهُمْ : Idhar halqi, karena ada tanda nun mati bertemu dengan huruf ha. Cara membacanya adalah jelas di mulut.
  12. عَنْهُمْ وَ : Idhar safawi, Idhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf wawu. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
  13. لَهُمْ وَ : Idhar safawi, Idhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf wawu. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
  14. هُمْ فِي : Idhar safawi, Idhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf fa. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
  15. الْأَمْرِ : Al qomariah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf mim.  Cara membacanya harus terang dan jelas.
  16. عَزَمْتَ : Idhar safawi, Idhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf ta. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
  17. عَلَى اللَّهِ : Lam tafkhim, karena ada tanda baca fatkhah sebelum lafal اللَّهِ. Cara membacanya tebal.
  18. إِنَّ : Ghunnah musyaddah, karena ada huruf nun yang bertasydid. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  19. اللَّهَ : Lam tafkhim, karena ada tanda baca fatkhah sebelum lafal اللَّهِ. Cara membacanya tebal.
  20. الْمُتَوَك : Al qomariah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf mim.  Cara membacanya harus terang dan jelas.
  21. الْمُتَوَكِّلِينَ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

Isi Kandungan Surat Al-Imran Ayat 159

tajwid surat al-imran ayat 159 lengkap

Artinya : “Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.”

Dari penjelasan arti dari surat al-qur’an surat al-imran ayat 159 dapat disimpulkan beberapan kandungan yang bisa menjadi nasihat bagi kita semua

  • ALLOH memerintahkan kita untuk saling menyayagi kepada sesama
  • ALLOH memerintahkan kita untuk menghilangkan sifat kasar dan keras hati
  • ALLOH memerintahkan kita untuk hidup rukun dengan sesama
  • ALLOH memerintahkan kita untuk saling memaafkan kepada sesama
  • ALLOH memerintahkan kita untuk saling bermusyawarah ketikan menyelasaikan suatu masalah
  • ALLOH memerintahkan kita untuk bertawaqal kepada-NYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *