tajwid surat al-isra ayat 32 lengkap dengan penjelasan

Hukum Tajwid Surat Al-Isra Ayat 32 Lengkap Dengan Penjelasan dan Isi Kandungan

Diposting pada

Hukum Tajwid Surat Al-Isra Ayat 32 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhmadulillah kita bisa berjumpa lagi untuk belajar ilmu tajwid al-qur’an. Semoga pembelajaran yang kita lakukan ini bisa bermanfaat untuk kita. Amin…

Pada artikel ini kali ini, kita akan mempelajari/menganalisis hukum tajwid surat Al-Isra ayat 32 lengkap dengan penjelasan dan isi kandungan ayatnya. Hal ini dilakukan agar para pembaca bisa lebih mengenal dan mengerti  hukum-hukum tajwid yang ada di dalam ayat tersebut.

Hukum Tajwid Surat Al-Isra Ayat 32 Lengkap Penjelasan

  1.  تَقْرَبُوا : Qolqolah sughro, karena ada huruf qof mati di dalam kalimat. Cara membacanya membalik membentuk huruf Qof.
  2. بُوا الزِّنَ : Al syamsiah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf alif nun, Cara membacanya harus dimasukan di idghamkan.
  3. إِنَّهُ : Ghunnah musyaddah, karena ada huruf nun yang bertasydid. Cara membacanya mendengung yang disangatkan.
  4.  إِنَّهُ : Mad shilah qashirah, karena sebelum hak dhamir ada huruf hidup (berharakat). Cara membacanya panjang 2 harakat seperti mad thabi’i.
  5. فَاحِشَةً وَ : Idgham bighunnah, karena kasrahtain bertemu dengan huruf wawu. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  6. سَبِيلًا : Mad iwadh, karena ada mattabi’i di akhir kalimat. Cara membacanya dipanjangkan selama 2 harakat.

Baca Juga : Tajwid Surat Al-Maidah Ayat 32 Lengkap 

Isi Kandungan Surat Al-Isra Ayat 32

Artinya: “Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.

Ayat ini menjelaskan tentang larangan manusia dari perbuatan zina. Pelajaran yang kita dapat surat al-isra ayat 32 ini adalah sebagai berikut:

  1. Manusia dilarang berbuat zina
  2. Zina adalah perbuatan yang keji
  3. Orang yang berbuat zina akan mendapatkan siksaan yang berat didunia dan akhirat