Hukum Tajwid Surat Al-Qadr Lengkap Dengan Penjelasan dan Kandungan

Diposting pada

Tajwid Surat Al-Qadr Lengkap ♦ Pada kesempatan ini saya akan memberikan analisis penjelasan hukum tajwid yang terdapat di surat al-qadr ayat 1-5. Rasanya penting untuk diketahui agar dalam membacanya dapat sesuai kaidah hukum tajwid.

Surat al-qadr artinya surat kemuliaan termasuk kategori Surat makkiyah dan surat ke-97 yang ada di dalam Alquran. Jumlahnya ada 5 ayat, jumlah katanya ada 30 sedangkan untuk jumlah huruf ada 114.

Dengan adanya analisis tajwid ini diharapkan pembaca dapat mengerti hukum tajwid surat Al qadr yang dituliskan beserta penjelasan tajwidnya. Namun untuk hukum tajwid mad thobi’i sengaja tidak dituliskan.

Baca juga Hukum Tajwid Surat An-nisa Ayat 146 Lengkap Dengan Penjelasan Dan Kandungan

Hukum Tajwid Surat Al-Qadr Lengkap Dengan Penjelasan

tajwid surat al-qodr

Ayat 1

  1. إِنَّا = Ghunnah musyaddadah, karena ada huruf nun yang bertasydid. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  2. إِنَّا أَ = Mad Jaiz, karena ada huruf mad thobi’i bertemu dengan huruf hamzah di lain kalimat titik cara membacanya panjang seperti mad thobi’i 2 harakat atau 4 harakat.
  3. َأَنزَ = Ikhfa haqiqi, karena ada huruf nun mati bertemu dengan huruf ZA cara membacanya samar-samar membentuk huruf ZA.
  4. لَيْلَةِ = Mad layyin, karena ada tanda baca fathah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  5. الْقَدْر = Al qomariyah, karena ada huruf alif lam bertemu dengan huruf qaf. Cara membacanya harus terang dan jelas.
  6. الْقَدْر = Qalqalah sugra , karena ada huruf dal mati atau sukun di tengah kata titik cara membacanya harus bergerak dan berbunyi seperti membalik huruf dal.

Ayat 2

  1. وَمَا أَ = Mad Jaiz, karena ada huruf mad thobi’i bertemu dengan huruf hamzah di lain kalimat titik cara membacanya panjang seperti mad thobi’i 2 harakat atau 4 harakat.
  2. أَدْرَ = Qalqalah sugra , karena ada huruf dal mati atau sukun di tengah kata titik cara membacanya harus bergerak dan berbunyi seperti membalik huruf dal.
  3. لَيْلَةُ = Mad layyin, karena ada tanda baca fathah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  4. الْقَدْرِ = Al qomariyah, karena ada huruf alif lam bertemu dengan huruf qaf. Cara membacanya harus terang dan jelas.
  5. الْقَدْرِ = Qalqalah sugra , karena ada huruf dal mati atau sukun di tengah kata titik cara membacanya harus bergerak dan berbunyi seperti membalik huruf dal.

Ayat 3

  1. لَيْلَةُ = Mad layyin, karena ada tanda baca fathah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  2. الْقَدْرِ = Al qomariyah, karena ada huruf alif lam bertemu dengan huruf qaf. Cara membacanya harus terang dan jelas.
  3. الْقَدْرِ = Qalqalah sugra , karena ada huruf dal mati atau sukun di tengah kata. Cara membacanya harus bergerak dan berbunyi seperti membalik huruf dal.
  4. خَيْر = Mad layyin, karena ada tanda baca fathah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  5. خَيْرٌ مِّ = Idgham bighunnah karena ada dhomah tanwin bertemu dengan huruf mim. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  6. مِّنْ أَ = Idhar halqi, karena ada nun mati bertemu dengan huruf alif. Cara membacanya jelas di mulut.

Ayat 4

  1. الْمَلَ = Al qamariyah, karena ada huruf alif lam bertemu dengan huruf mim. Cara membacanya harus terang dan jelas.
  2. الْمَلَائِكَةُ = Mad wajib, karena ada huruf mad thobi’i bertemu dengan huruf hamzah dalam satu kalimat. Cara membacanya panjang 5 harakat.
  3. وَالرُّو = Al syamsiah, karena ada huruf alif lam bertemu dengan huruf ro. Cara membacanya dimasukkan ke huruf ro.
  4. رَبِّهِم مِّن Idgham mutamatsilain, karena ada huruf mim bertemu dengan huruf mim. Cara membacanya masuk dengan mendengung sampai 3 harokat.
  5. مِّن كُلِّ = Ikhfa haqiqi, karena ada huruf nun mati bertemu dengan huruf kaf. Cara membacanya samar-samar membentuk huruf kaf.

Ayat 5

  1. مٌ هِيَ = Idhar halqi, karena ada dhomah tanwin bertemu dengan huruf ha. Cara membacanya terang dan jelas di mulut.
  2. مَطْلَعِ = Qalqalah sugra , karena ada huruf to mati atau sukun di tengah kata. Cara membacanya harus bergerak dan berbunyi seperti membalik huruf to.
  3. الْفَجْر = Al qamariyah, karena ada huruf alif lam bertemu dengan huruf fa. Cara membacanya harus terang dan jelas.Al qamariyah, karena ada huruf alif lam bertemu dengan huruf mim. Cara membacanya harus terang dan jelas.
  4. الْفَجْر = Qalqalah sugra , karena ada huruf dal mati atau sukun di tengah kata. Cara membacanya harus bergerak dan berbunyi seperti membalik huruf jim.

Isi Kandungan Surat Al-qadr Ayat 1-5

tajwid surat al-qodr

Artinya:

  1. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan.
  2. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?
  3. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.
  4. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.
  5. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.

Surat ini berisi firman Allah subhanahu wa ta’ala yang isinya mengenai lailatul qadar atau malam kemuliaan yang keutamaannya lebih baik daripada 1000 Bulan. serta proses turunnya malaikat turun ke bumi atas izin dari Allah subhanahu wa ta’ala sampai terbitnya fajar.

Kesimpulan dari ayat ini adalah mengenai tiga pokok pembahasan yaitu diturunkannya al-quran, Lailatul Qadar, dan malaikat turun ke bumi atas izin Allah.

Demikianlah penjelasan hukum tajwid surat alqadr ayat 1-5 semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk membaca Alquran sesuai kaidah tajwid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *