hukum tajwid surat Al-Zalzalah lengkap penjelasan dan isi kandungan

Diposting pada

tajwid surat al-zalzalah Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Semoga kita selalu dalam keadaan sehat ya, meskipun saat ini dunia sedang dalam keadaan tidak sehat. Perlu diketahui bahwa semua perbuatan baik dan jelek yang kita lakukan, semuanya akan di balas dihadapan ALLOH SWT nanti. Jadi penting bagi kita mengerjakan sesuatu yang baik agar nanti juga mendapatkan balasan yang baik juga.

pada kesempatan ini kita akan menganalisis tajwid surat al-zalzalah ayat 1 sampai 8 lengkap dengan contoh dan penjelasannya. Hal ini dilakukan untuk mempermudah kita semua dalam memahami tajwid yang terkandung di dalamnya. Selain itu kita juga akan mendapatkan nasihat yang terkandung di dalam ayatnya.

tajwid surat al-zalzalah lengkap penjelasan

Berikut ini analisis tajwid surat al-zalzalah ayat 1-8:

AYAT 1

  1. الْأَرْضُ : Al qomariyah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf ا.  Cara membacanya harus terang dan jelas.
  2. زِلْزَالَهَا : Mad Iwadh, karena ada huruf mathobi’i yang diwaqafkan atau di akhir kalimat. Cara membacanya panjang seperti mathobi’i.

AYAT 2

  1. الْأَرْضُ : Al qomariyah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf ا.  Cara membacanya harus terang dan jelas.
  2. أَثْقَالَهَا : Mad Iwadh, karena ada huruf mathobi’i yang diwaqafkan atau di akhir kalimat. Cara membacanya panjang seperti mathobi’i.

AYAT 3

  1. الْإِنْسَانُ : Al qomariyah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf ء.  Cara membacanya harus terang dan jelas.
  2. الْإِنْسَانُ : Ikhfa haqiqi, karena ada nun mati/tanwin bertemu dengan huruf س. Cara membacanya samar-samar membentuk huruf س.
  3. مَا لَهَا : Mad Iwadh, karena ada huruf mathobi’i yang diwaqafkan atau di akhir kalimat. Cara membacanya panjang seperti mathobi’i.

AYAT 4

  1. يَوْمَئِذٍ : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf و mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  2. يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ : Ikhfa haqiqi, karena ada nun mati/tanwin bertemu dengan huruf ت. Cara membacanya samar-samar membentuk huruf ت.
  3. أَخْبَارَهَا : Mad Iwadh, karena ada huruf mathobi’i yang diwaqafkan atau di akhir kalimat. Cara membacanya panjang seperti mathobi’i.

Baca juga : Tajwid surat Al-Fatihah Lengkap penjelasan

AYAT 5

  1. بِأَنَّ :Ghunnah musyaddah, karena ada huruf nun yang bertasydid. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  2. أَوْحَىٰ : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf و mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  3. لَهَا : Mad Iwadh, karena ada huruf mathobi’i yang diwaqafkan atau di akhir kalimat. Cara membacanya panjang seperti mathobi’i.

AYAT 6

  1. يَوْمَئِذٍ : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf و mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  2. يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ : Idgham bighunnah, karena ada kasrahtain bertemu dengan huruf ي. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  3. النَّاسُ : al-syamsiyah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf ن. cara membacanya dimasukan ke huruf ن.
  4. تًا لِيُرَوْا : Idgham bilaghunnah, karena ada fatkhah tain bertemu dengan huruf ل. Cara membacanya masuk dengan tidak mendengung.
  5. لِيُرَوْا : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf و mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.

AYAT 7

  1. فَمَنْ يَعْمَلْ : Idgham bighunnah, karena ada nun mati bertemu dengan huruf ي. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  2. ذَرَّةٍ خَيْرًا : Idhar halqi, karena ada tanda kasrahtain bertemu dengan huruf خ. Cara membacanya adalah jelas di mulut.
  3. خَيْرًا : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf ي mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  4. خَيْرًا يَرَهُ : Idgham bighunnah, karena ada fatkhahtain bertemu dengan huruf ي. Cara membacanya masuk dengan mendengung.

AYAT 8

  1. وَمَنْ يَعْمَلْ : Idgham bighunnah, karena ada nun mati bertemu dengan huruf ي. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  2. ذَرَّةٍ شَرًّا : Ikhfa haqiqi, karena ada kasrahtain bertemu dengan huruf ش. Cara membacanya samar-samar membentuk huruf ش.
  3. شَرًّا يَرَهُ : Idgham bighunnah, karena ada fatlhahtain bertemu dengan huruf ي. Cara membacanya masuk dengan mendengung.

isi kandungan surat al-zalzalah

artinya : “1. Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat), 2. dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya, 3. dan manusia bertanya: “Mengapa bumi (menjadi begini)?”, 4. pada hari itu bumi menceritakan beritanya, 5. karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya. 6. Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka, 7. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. 8. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.

Dari penjelasan surat al-zalzalah di atas, ada beberapa kandungan nasihat yang bermanfaat untuk kita semua. diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Hari kiamat pasti terjadi, maka dari itu manusia supaya mempercayainya
  2. Pada saat kiamat terjadi, manusia seperti orang yang linglung / tidak sadar
  3. Pada hari kiamat, semua manusia dari zaman nabi Adam sampai zaman akhir akan dihidupkan untuk mempertanggung jawabkan hidupnya di dunia
  4. Semua perbuatan baik sekecil apapun akan di balas, begitupun sebaliknya semua perbuatan jelek sekecil apapun juga akan di balas oleh ALLOH SWT.
  5. Untuk itu, mumpung masih hidup dan bisa beribadah, mari kita bisa saling amar ma’ruf nahi munkar kepada sesama. Hal itu dilakukan sebagai bekal kita nanti ketika menghadap ALLOH SWT.