tajwid surat at taubah ayat 105 lengkap

Hukum Tajwid Surat At-Taubah Ayat 105 Lengkap Dengan Penjelasan dan Isi Kandunga

Diposting pada

Tajwid Surat At-Taubah Ayat 105  Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Semua pekerjaan yang kita kerjakan di dunia itu pasti ada hasil yang akan kita raih. Baik itu kecil maupun besar pasti kita bisa merasakan, Begitu pula dengan amalan yang kita kerjakan di dunia pasti ada balasanya di akhirat nanti.

Pada kesempatan ini kita akan belajar menganalisis tajwid surat At-Taubah ayat 105, lengkap dengan penjelasan disetiap hurufnya serta isi kandungan ayatnya. Semoga pembelajaran tajwid ini bisa menambah wawasan bagi kita untuk lebih baik lagi dalam membaca Al-Qur’an.

Tajwid Surat At-Taubah Ayat 105 Lengkap Dengan Penjelasan

Berikut ini penjelasan tajwid surat At-Taubah aya 105;

  1. فَسَيَرَى اللَّهُ : Lam jalalah tafhim, karena ada tanda baca dhommah sebelum lafal اللَّهُ. Cara membacanya ditebalkan.
  2. عَمَلَكُمْ وَ : Idhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf و. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
  3. وَرَسُولُهُ : Mad shilah qashirah, karena sebelum hak dhamir ada huruf hidup (berharakat). Cara membacanya panjang 2 harakat seperti mad thabi’i.
  4. وَالْمُؤْ : Al qomariyah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf م .  Cara membacanya harus terang dan jelas.
  5. وَالْمُؤْمِنُونَ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.
  6. الْغَيْبِ : Al qomariyah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf غ .  Cara membacanya harus terang dan jelas.
  7. الْغَيْبِ : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf ي mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  8. وَالشَّهَادَةِ : Al syamsiyah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf ش. cara membacanya dimasukan ke huruf ش.
  9. فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا : Ikhfa safawi, karena ada huruf mim mati bertemu dengan huruf ب. Cara membacanya samar-samar dimulur.
  10. كُنْتُمْ : Ikhfak haqiqi, karena ada nun mati/tanwin bertemu dengan huruf ت. Cara membacanya samar-samar membentuk huruf ت.
  11. كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ : Idhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf ت. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
  12. تَعْمَلُونَ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

Baca juga :

Isi Kandungan Surat At-Taubah Ayat 105

Artinya : “Dan Katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan”.

Surat At-Taubah Ayat 105 mengandung beberapa nasihat yang sangat bermanfaat bagi kita, mudah-mudahan kita bisa mengambil hikmahnya.

  1. Setiap amalan perbuatan yang kita kerjakan di dunia, semua ada balasanya, maka dari itu mari kita perbanyak mengerjakan amalan yang soleh.
  2. Dunia digambarkan sebagai tempat menanam, dan akhirat adalah tempat memanenn.
  3. Di akhirat kita akan ditunjukan semua pekerjaan yang sudah kita kerjakan di dunia.