hukum tajwid surat luqman ayat 13-14 lengkap dengan penjelasan

Hukum Tajwid Surat Luqman Ayat 13-14 Lengkap Dengan Penjelasan dan Isi Kandungan

Diposting pada

Hukum Tajwid Surat Luqman Ayat 13-14 Lengkap ♦ Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat datang kembali di pembelajaran tajwid al-qur’an. Semoga apa yang kita pelajari saat ini, bisa menjadi ilmu yang bermanfaat di kemudian hari nanti.

Pada kesempatan ini kita akan mempelajari hukum tajwid surat Luqman ayat 13-14 disertai dengan penjelasan lengkapnya dan isi kandungan suratnya. Perlu saya sampaikan lagi bahwa ketika kita mempelajari ilmu tajwid, maka itu akan memperbaiki tata bacaan al-qur’an kita menjadi lebih baik dan sesuai dengan artinya.

Hukum Tajwid Surat Luqman Ayat 13-14 Lengkap Dengan Penjelasan

hukum tajwid surat luqman ayat 13-14

AYAT 13

  1. لُقْمٰنُ : Qolqolah sughro, karena ada huruf qof mati di dalam kalimat. Cara membacanya membalik membentuk huruf Qof.
  2. لِابْنِهٖ : Qolqolah sughro, karena ada huruf ba mati di dalam kalimat. Cara membacanya membalik membentuk huruf ba.
  3. بْنِهٖ : Mad shilah qashirah, karena sebelum hak dhamir ada huruf hidup (berharakat). Cara membacanya panjang 2 harakat seperti mad thabi’i.
  4. يَعِظُهٗ : Mad shilah qashirah, karena sebelum hak dhamir ada huruf hidup (berharakat). Cara membacanya panjang 2 harakat seperti mad thabi’i.
  5. بِاللّٰهِ : Lam tarqiq, karena ada lafal ALLOH yang di dahului harakat kasrah. Cara membacanya ditipiskan.
  6. اِنَّ : Ghunnah musyaddah, karena ada huruf nun yang bertasydid. Cara membacanya mendengung yang disangatkan.
  7. الشِّرْكَ : Al syamsiah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf alif nun, Cara membacanya harus dimasukan di idghamkan.
  8. لَظُلْمٌ عَظِيْمٌ : Idhar halqi, karena ada huruf nun mati/sukun bertemu dengan huruf ain. Cara membacanya adalah jelas di mulut.
  9. عَظِيْمٌ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

Baca Juga : Hukum tajwid Surat Al-maidah ayat 48 lengkap

AYAT 14

  1. صَّيْنَا : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  2. الْا : Al qomariah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf alif.  Cara membacanya harus terang dan jelas.
  3. لْاِنْسَانَ : Ikhfa haqiqi, karena ada huruf nun mati bertemu dengan hurud sin. Cara membacanya samar-samar membentuk huruf sin.
  4. بِوَالِدَيْهِۚ : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  5. اُمُّهٗ : Ghunnah musyaddah, karena ada huruf mim yang bertasydid. Cara membacanya mendengung yang disangatkan.
  6. اُمُّهٗ : Mad shilah qashirah, karena sebelum hak dhamir ada huruf hidup (berharakat). Cara membacanya panjang 2 harakat seperti mad thabi’i.
  7. وَهْنًا عَلٰى : Idhar halqi, karena ada huruf nun mati/sukun bertemu dengan huruf ain. Cara membacanya adalah jelas di mulut.
  8. وَهْنٍ وَّ : Idgham bighunnah, karena kasrahtain bertemu dengan huruf wawu. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
  9. وَّفِصَالُهٗ : Mad shilah qashirah, karena sebelum hak dhamir ada huruf hidup (berharakat). Cara membacanya panjang 2 harakat seperti mad thabi’i.
  10. عَامَيْنِ : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  11. لِدَيْكَۗ : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
  12. الْمَصِيْرُ : Al qomariah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf mim.  Cara membacanya harus terang dan jelas.
  13. الْمَصِيْرُ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

Baca Juga : Tajwid Surat Al-Maidah Ayat 32 Lengkap

Isi Kandungan Surat Luqman Ayat 13-14

hukum tajwid surat luqman ayat 13-14

Artinya :

  1. Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar”.
  2. Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam Keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun[1180]. bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

Surat Luqman ayat 13-14 menceritakan seorang yang bernama Luqman yang sedang mendidik anaknya. Di ayat 13 Luqman mendidik anaknya agar dapat beribadah kepada ALLOH dan tidak mensekutuka-Nya (tidak syirik). Dan di ayat 14 dijelaskan mengenai perintah berbuat baik kepada orang tua. karena perjuangan orang tua (ibu) ketika mengandung sampai menyapih sangatlah berat.

Ayat ini menjelaskan kepada kita untuk menjaga anak-anak kita dari perbuatan syirik kepada ALLOH. Dan ayat ini juga memerintahkan kepada kita untuk selalu berbuat baik kepada orang tua, mengingat perjuangan orang tua sangatlah berat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *