Tata Cara Penyembelihan Aqiqah Anak Sesuai Sunnah

Tata Cara Penyembelihan Aqiqah Anak Sesuai Sunnah

Diposting pada

Tata Cara Penyembelihan Aqiqah Anak ♦ Sebagai orang tua tentunya harus memahami beberapa hal-hal yang harus dikerjakan saat anda baru saja mempunyai anak. Hal-hal yang dimaksud mempunyai kaitan dengan amalan wajib dan sunnah, sehingganya dapat menjadikan pahala bila dikerjakan. Salah satu amalan sunnah yang harus dikerjakan orang tua setelah kelahiran anak adalah aqiqah untuk anak.

Meskipun hanya sebatas amalan sunnah, namun aqiqah untuk anak dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk orang tuanya nanti baik di dunia maupun di akhirat. Dan setelah meng-aqiqahi anak salah satu kewajiban orang tua terhadap anaknya adalah mendidik dan mendoakan anaknya agar menjadi anak yang solih dan solihat karena nanti akan ada hubunganya.

Aqiqah Anak Sesuai Sunnah

Aqiqah secara bahasa adalah mengalirkan darah, dan secara istilah aqiqah adalah menyembelih hewan untuk anak di hari yang sudah ditentukan sesuai sunnah. Hewan yang disembelih sunnahnya adalah kambing. Antara anak laki-laki dan perempuan jumlah penyembelihanyapun juga berbeda. Bagi anak laki-laki sunnahnya 2, dan untuk anak perempuan sunnahnya 1.

Imam Ahmad bin Hambal dalam sarah Abi Daud meriwayatkan mengenai aqiqahnya anak, sebagai berikut; “ketika anak meninggal dan belum di aqiqahi, maka anak tersebut tidak bisa mensfaati pada kedua orang tuanya saat di akhirat nanti”. Ini adalah bentuk kemanfaatan anak untuk orang tua yang saya jelaskan di atas tadi.

Ali bin Hujr meriwayatkan ; “anak itu digadaikan dengan aqiqah, yaitu menyembelih hewan di hari ketujuh kelahiran anak dan mencukur rambut di kepala anak”.

Baca juga:

Tata Cara Penyembelihan Hewan Aqiqah Anak yang Sesuai Sunnah

Setelah memahami beberapa penjelasan mengenai pentingnya aqiqah untuk anak. Selanjutnya ada beberapa hal yang harus diketahui orang tua saat memberikan aqiqah untuk anaknya. Untuk mohon untuk memperhatikan beberapa penjelasan di bawah ini sampai selesai.

1. Hari Penyembeihan Aqiqah

Hari penyembelihan aqiqah yang tepat adalah di hari ke 7 atau ke 14 atau ke 21 setelah kelahiran anak, namun jika dalam 3 pilihan hari tersebut belum siap maka setelah itu semampunya orang tua untuk meng-aqiqahi anaknya. Hal ini sesuai dengan penjelasan Imam Tirmidzi yang meriwayatkan bahwa; “anak di aqiqahi di hari ke 7, maka jika belum mampu di hari ke 14, maka jika belum mampu di hari ke 21”

2. Hewan Aqiqah Sama Dengan Hewan Untuk Qurban

Hewan yang disembelih untuk aqiqah kriterianya sama dengan hewan yang digunakan untuk qurban, sunnahnya adalah kambing. Sesuai dengan penjelasan Imam Tirmidzi yang meriwayatkan bahwa; “ tidak mencukupi kambing yang digunakan untuk  aqiqah, kecuali kambing yang digunakan mencukupi untuk idul adha”.

3. Hewan Aqiqah Untuk Laki-laki dan Perempuan

Hewan yang disembelih untuk anak laki-laki jumlahnya 2 kambing, sedangkan untuk anak perempuan 1 kambing. Ini sesuai penjelasan Imam Nasa’I yang meriwayatkan bahwa; “anak laki-laki 2 kambing yang mencukupi umur dan tidak cacat, dan anak perempuan 1 kambing”. Untuk pemilihan kambingnya boleh jantan dan betina dan jika tidak mampu untuk 2 kambing, 1 kambingpun sudah bisa mencukupi.

4. Do’a Saat Menyembelih Aqiqah

Do’a saat menyembelih kambing aqiqah lafalnya adalah “Bismillahi Allahu akbar, Allahumma minka walaka haadihi aqiqatu (nama bayinya disebutkan). Hal ini sesuai dengan penjelasan dari Imam Abu Daud dari riwayatnya.

5. Mendo’akan Anak Yang di Aqiqahi

Untuk do’a aqiqah ini dilangsunkan setelah penyembelihan hewan, dan bisa diwakilkan kepada ustadz yang ditunjuk. Karena memang do’a untuk aqiqah cukup panjang.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai aqiqah untuk anak. Meskipun tidak wajib, namun aqiqah sangat penting untuk anak. Ada yang menerangkan bahwa salah satu hal yang menyebabkan anak rewel terus adalah karena belum di aqiqahi. Semoga artikel ini dapat bermanfaar bagi para pembaca semuanya. Terima kasih!

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *